
Indonesia pasca-Raisa adalah Indonesia era Chelsea Islan.
Tapi tanah air kita ini rupanya harus patah hati kembali karena Chelsea punya pacar baru! Sosok gadis muda belia ini mendadak jadi idola. Dan hebatnya, ia mampu membuat semua orang jadi posesif!
Sejak debut pertama di tahun 2013, bidadari yang dilahirkan dengan nama Chelsea Elizabeth Islan ini langsung meroket. Semua dibuktikan dengan kualitas akting yang (katanya) menakjubkan—belum lagi digenapi dengan segudang prestasi di berbagai ajang. Ditambah, ia lahir dari kandungan ibunya yang berdarah Amerika, sekaligus menahbiskannya untuk bisa disebut ‘indo’. Pembaca tahu kan, bagi orang Indonesia gelar ini sama keramatnya dengan gelar keturunan keraton.
Atas dasar segala kesempurnaan itulah, Chelsea menyihir tiap mata jomblo-jomblo yang masih menggelandangkan hatinya. Chelsea adalah amunisi yang prospektif untuk diluncurkan di dunia hiburan demi merebut restu khalayak. Dan restu itu tak hanya sekedar melicinkan karirnya, tetapi juga menjawab misteri mengapa jomblo-jomblo itu jadi gandrung. Itulah yang secara revolusioner membuat bangsa sepakat menobatkan Chelsea sebagai ‘wanita idaman’ sejak abad ini (dan untuk selamanya sampai maut memisahkan). Kalau kamu mau jadi wanita seutuhnya, contohlah Chelsea! Dan ingat, menyangkali itu termasuk dalam penistaan.
Kini, jomblo-jomblo itu dibikin ambyar hatinya lantaran Chelsea sudah melegitimasi terisinya hati oleh Daffa Wardhana (pun kita mengenal nama ini karena ibunya artis). Netizen mulai meributkan banyak hal mulai dari fakta karena anaknya Marini Zurmanis itu berondong, LDR, sampai percintaan beda agama di antara keduanya (ngapain sih). Bahkan, pasangan ini mulai diramalkan menjadi #HariPatahHatiNasional jilid kedua setelah the royal wedding of Raisa-Hamish.
Itu sebabnya, aksi damai pencemburu berjamaah terhadap dibajaknya aset bangsa di tangan laki-laki lain tak akan bisa diterima, apapun alasannya! Massa harus dimobilisasi, hati wajib mulai dilatih. Bukan untuk merelakan, tapi untuk melawan!
Kami menyarankan barisan demonstran untuk memilih tanggal cantik sebelum turun ke jalan.
Tuhan Media
Kita abai pada kenyataan bahwa media bagai tuhan untuk menentukan selera dan panutan kita. Chelsea adalah kesempurnaan yang tidak secara polos lahir dari rakyat dan untuk rakyat. Begitu lenturnya kriteria kecantikan seorang wanita, tetapi media membentuk persepsi kita agar percaya bahwa ‘cantik adalah Chelsea’, tanpa koma. Media memaksa kita untuk percaya pada segala stigma kecantikan yang dikonstruksinya. Untuk kemudian para wanita ini dijadikan mitos komoditas tentang definisi cantik.
Tak dapat disangkal, perfilman Indonesia—yang mau tak mau berkiblat pada Hollywood—membelah manusia menjadi dua golongan: artis dan yang bukan artis. Kelompok pertama tentu saja menduduki kasta yang lebih tinggi. Yang bukan artis adalah orang biasa, sedangkan mereka yang ‘disertifikasi’ artis pantas (lebih tepatnya harus) dipuja.
Di sisi lain, dalam sistem ke-artis-an yang terbuka ini, mereka yang datang dari kalangan ‘bukan artis’ berhak dan berkesempatan mengubah nasib. Orang-orang yang merasa rakyat jelata rela berjuang mati-matian memviralkan dirinya agar jadi artis. Untuk perihal ini, jabatan artis ironisnya begitu mudah diberikan (ini bukan soal doktor honoris causa).
Sungguh malang nasib kita sesungguhnya. Dunia seni dan perfilman yang maha-eksklusif menjadi dangkal oleh karena insan media fokus mencuri hati dengan pemanfaatan individu-individu yang di-artiskan. Sebab, karya bukan lagi yang utama, melainkan apapun dihalalkan untuk menjadi jualan.
Itulah mengapa, jangan kaget jika urusan hati dan perkara domestik lebih sering mencuat di media ketimbang pencapaian para artis kita. Polemik lokal ini menjadi seksi hanya karena mereka artis. Kabar burung kedekatan Chelsea dengan Deva Mahendra, Chicco Jerikho, dan Bastian Steel diumbar begitu hebat (padahal apa bedanya dengan kamu yang suka gonta-ganti pacar).
Penggemar sudah kelewat fanatik, merasa memiliki, menjelma posesif. Chelsea harus dilindungi. Bahwa ada laki-laki yang mendekat harus diseleksi. Semua keterikatan kita pada sosok Chelsea diciptakan, didukung, dan semakin dilanggengkan oleh media. Bersiaplah ia akan semakin sering diberitakan, dipakai dalam iklan-iklan komersil, muncul di setiap layar lebar Indonesia. Soal urusan percintaannya adalah bumbu yang semakin pas untuk kian menggendutkan rekening manajemen, produser, dan para bos-bos dunia hiburan.
Tapi ini semua toh bukan salah Chelsea. Ini adalah potret dari kita yang naif; sementara media menggerogoti kehambaan kita pada ramuan ‘sosok artis rupawan’ plus ‘masalah pribadinya’.
Maka, warganet dan pembaca yang budiman, haruslah diamini bahwa Chelsea bukan milik dirinya lagi, tapi menjadi pekerja media. Ia juga milik para pencemburu itu.