Aksi Damai Pencemburu Berjamaah untuk Chelsea Islan 0 693

Indonesia pasca-Raisa adalah Indonesia era Chelsea Islan.

Tapi tanah air kita ini rupanya harus patah hati kembali karena Chelsea punya pacar baru! Sosok gadis muda belia ini mendadak jadi idola. Dan hebatnya, ia mampu membuat semua orang jadi posesif!

Sejak debut pertama di tahun 2013, bidadari yang dilahirkan dengan nama Chelsea Elizabeth Islan ini langsung meroket. Semua dibuktikan dengan kualitas akting yang (katanya) menakjubkan—belum lagi digenapi dengan segudang prestasi di berbagai ajang. Ditambah, ia lahir dari kandungan ibunya yang berdarah Amerika, sekaligus menahbiskannya untuk bisa disebut ‘indo’. Pembaca tahu kan, bagi orang Indonesia gelar ini sama keramatnya dengan gelar keturunan keraton.

Atas dasar segala kesempurnaan itulah, Chelsea menyihir tiap mata jomblo-jomblo yang masih menggelandangkan hatinya. Chelsea adalah amunisi yang prospektif untuk diluncurkan di dunia hiburan demi merebut restu khalayak. Dan restu itu tak hanya sekedar melicinkan karirnya, tetapi juga menjawab misteri mengapa jomblo-jomblo itu jadi gandrung. Itulah yang secara revolusioner membuat bangsa sepakat menobatkan Chelsea sebagai ‘wanita idaman’ sejak abad ini (dan untuk selamanya sampai maut memisahkan). Kalau kamu mau jadi wanita seutuhnya, contohlah Chelsea! Dan ingat, menyangkali itu termasuk dalam penistaan.

Kini, jomblo-jomblo itu dibikin ambyar hatinya lantaran Chelsea sudah melegitimasi terisinya hati oleh Daffa Wardhana (pun kita mengenal nama ini karena ibunya artis). Netizen mulai meributkan banyak hal mulai dari fakta karena anaknya Marini Zurmanis itu berondong, LDR, sampai percintaan beda agama di antara keduanya (ngapain sih). Bahkan, pasangan ini mulai diramalkan menjadi #HariPatahHatiNasional jilid kedua setelah the royal wedding of Raisa-Hamish.

Itu sebabnya, aksi damai pencemburu berjamaah terhadap dibajaknya aset bangsa di tangan laki-laki lain tak akan bisa diterima, apapun alasannya! Massa harus dimobilisasi, hati wajib mulai dilatih. Bukan untuk merelakan, tapi untuk melawan!

Kami menyarankan barisan demonstran untuk memilih tanggal cantik sebelum turun ke jalan.

 

Tuhan Media

Kita abai pada kenyataan bahwa media bagai tuhan untuk menentukan selera dan panutan kita. Chelsea adalah kesempurnaan yang tidak secara polos lahir dari rakyat dan untuk rakyat. Begitu lenturnya kriteria kecantikan seorang wanita, tetapi media membentuk persepsi kita agar percaya bahwa ‘cantik adalah Chelsea’, tanpa koma. Media memaksa kita untuk percaya pada segala stigma kecantikan yang dikonstruksinya. Untuk kemudian para wanita ini dijadikan mitos komoditas tentang definisi cantik.

Tak dapat disangkal, perfilman Indonesia—yang mau tak mau berkiblat pada Hollywood—membelah manusia menjadi dua golongan: artis dan yang bukan artis. Kelompok pertama tentu saja menduduki kasta yang lebih tinggi. Yang bukan artis adalah orang biasa, sedangkan mereka yang ‘disertifikasi’ artis pantas (lebih tepatnya harus) dipuja.

Di sisi lain, dalam sistem ke-artis-an yang terbuka ini, mereka yang datang dari kalangan ‘bukan artis’ berhak dan berkesempatan mengubah nasib. Orang-orang yang merasa rakyat jelata rela berjuang mati-matian memviralkan dirinya agar jadi artis. Untuk perihal ini, jabatan artis ironisnya begitu mudah diberikan (ini bukan soal doktor honoris causa).

Sungguh malang nasib kita sesungguhnya. Dunia seni dan perfilman yang maha-eksklusif menjadi dangkal oleh karena insan media fokus mencuri hati dengan pemanfaatan individu-individu yang di-artiskan. Sebab, karya bukan lagi yang utama, melainkan apapun dihalalkan untuk menjadi jualan.

Itulah mengapa, jangan kaget jika urusan hati dan perkara domestik lebih sering mencuat di media ketimbang pencapaian para artis kita. Polemik lokal ini menjadi seksi hanya karena mereka artis. Kabar burung kedekatan Chelsea dengan Deva Mahendra, Chicco Jerikho, dan Bastian Steel diumbar begitu hebat (padahal apa bedanya dengan kamu yang suka gonta-ganti pacar).

Penggemar sudah kelewat fanatik, merasa memiliki, menjelma posesif. Chelsea harus dilindungi. Bahwa ada laki-laki yang mendekat harus diseleksi. Semua keterikatan kita pada sosok Chelsea diciptakan, didukung, dan semakin dilanggengkan oleh media. Bersiaplah ia akan semakin sering diberitakan, dipakai dalam iklan-iklan komersil, muncul di setiap layar lebar Indonesia. Soal urusan percintaannya adalah bumbu yang semakin pas untuk kian menggendutkan rekening manajemen, produser, dan para bos-bos dunia hiburan.

Tapi ini semua toh bukan salah Chelsea. Ini adalah potret dari kita yang naif; sementara media menggerogoti kehambaan kita pada ramuan ‘sosok artis rupawan’ plus ‘masalah pribadinya’.

Maka, warganet dan pembaca yang budiman, haruslah diamini bahwa Chelsea bukan milik dirinya lagi, tapi menjadi pekerja media. Ia juga milik para pencemburu itu.

Previous ArticleNext Article

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Kilas Balik Media dan Bagaimana Persoalannya Sekarang 0 88

Secara sederhana saja, media merupakan corong penyiaran untuk kenyataan yang tengah dialami masyarakat. Media berhak mencangkok kenyataan tersebut supaya dikabarkan secara terus terang kepada khalayak. Kendati media juga berhak memposisikan perspektif sendiri dalam mengabarkan, namun setidak-tidaknya media harus berpihak pada masyarakat yang memang suaranya butuh disalurkan.

Di samping itu, media juga berperan sebagai kontrol atas kebijakan yang dibentuk pemerintah. Artinya, bila ada barang sepeser kebijakan yang tak terealisasikan, media berhak memberitahukannya pada masyarakat. Dengan begitu, media sebagai ruang publik bagi pemerintah dan masyarakat telah berhasil menjadi medan diskusi bagi konsensus-konsensus yang diperlukan.

Namun, berbeda halnya dengan yang pernah terjadi semasa Orde Baru. Media tidak menjalankan perannya semasif sekarang. Media dijagal habis-habisan oleh rezim Soeharto. Aparatus-aparatus yang mengawasi aktivitas distribusi informasi pun muncul melalui berbagai lembaga seperti Menteri Penerangan, Badan Sensor Film, bahkan masyarakat juga turut serta menjadi perpanjangan tangan dari program yang disebut oleh pemerintah Orde Baru sebagai membangun stabilitas negara.

Tak ayal tumbuhlah suatu pemahaman tersirat bahwa media harus menyampaikan informasi yang sesuai dengan kepentingan negara. Akan tetapi, alih-alih melakukan perlawanan atas kondisi tersebut, media justru melakukan aksi tiarap massal hingga mengakibatkan informasi tidak tersampaikan secara berimbang.

Adapun yang akan terjadi jika sebuah media dianggap menyalahi aturan penyiaran, wartawan yang bekerja di dalamnya tak segan-segan dapat kehilangan profesi. Jajaran redaktur ditandai, diturunkan jabatannya, sampai pada menerima tindakan kekerasan langsung. Misalkan kasus wartawan Udin yang meninggal (1996) karena disiksa oleh orang tak dikenal setelah sebelum itu dirinya aktif menuliskan artikel-artikel kritis menyangkut kebijakan pemerintah.

Di sisi lain, dampak dari teraturnya media memberi pembenaran atas segala aktivitas rezim mengakibatkan atmosfer hegemoni semakin menebal. Masyarakat yang terkena percikan represi mulai menerima segala aturan tanpa perlawanan yang kongkret. Masyarakat terbiasa melegitimasi kekerasan yang dilakukan negara kepada orang-orang yang dianggap menentang. Bagi mereka, barang wajar apabila orang-orang yang menganggu stabilitas negara diberi sanksi.

Menjelang tibanya reformasi, barulah pelahan ikhtiar merawat kesadaran dinyalakan kembali melalui aksi perlawanan dari massa. Media merasa sudah memiliki kawan, maka dari itu, ia kembali ke dalam bentuk idealnya sebagai medan diskusi bagi masyarakat.

Secara bersamaan, masyarakat menyambut niat baik tersebut dengan narasi tajam untuk segera menggugurkan mapannya hegemoni Orde Baru. Maka, hadirlah pula kepulan-kepulan narasi yang menjurus menjadi counter-hegemony.

 

Watak Kekerasan Negara

Reformasi telah lewat semenjak dua puluhan tahun yang lalu. Namun, belum juga kita dapat menyebut era sesudahnya ini sebagai era yang dewasa. Pasalnya, di tengah memburunya media mendistribusikan informasi, justru menjadi buah simalakama bagi masyarakat.

Semakin mudah masyarakat mengepul pengetahuan, semakin turun pula kadar akurasi atas pengetahuan yang didapatkannya. Muatan-muatan kebohongan mewarnai kericuhan di wilayah horizontal. Tidak jarang ditemukan betapa banalnya kenyataan karena tersusun dari kesimpangsiuran informasi.

Atas dasar kebohongan itu, kebijakan yang dibuat pemerintah turut tak masuk akalnya. Beragam peraturan seperti RKUHP, UU ITE atau larangan-larangan tentang mengkritik Presiden, tampil bagai lelucon di tengah semrawutnya ruang publik.

Selain itu, pada tahun 2018, Tempo.co memuat data statistik yang dilansir dari Bidang Advokasi AJI (Aliansi Jurnalis Independen) bahwa setidaknya ada 64 kasus kekerasan terhadap jurnalis yang terjadi sepanjang pertengahan tahun 2018. Peristiwa yang dikategorikan sebagai kekerasan itu meliputi pengusiran, kekerasan fisik, hingga pemidanaan terkait karya jurnalistik (31/12/18).

Menyambut itu juga, Reporters Without Borders for Freedom of Information (RSF) menempatkan indeks kebebasan pers Indonesia pada peringkat 124 dari 180 negara. Data-data yang terungkap ini sedikitnya dapat menandai situasi media yang belum cukup meyakinkan.

Kita lihat saja beberapa bulan lalu masyarakat dibuat terkesiap karena seorang perempuan dikabarkan telah menyabet prestasi bergengsi di Hollywood berkat karya filmnya. Namun setelah itu, menyusul kemudian kabar yang tak kalah mengejutkannya yang menyebut sineas tersebut telah melakukan kebohongan besar.

Jika dilihat bagaimana kelindan informasi ini dirajut, maka terbukti bagaimana media kita belum sungguh-sungguh dewasa dalam menyikapi kenyataan. Negara pun belum cukup mampu memberi kebijakan.

Di satu sisi, media terlalu terburu-buru memproyeksikan identitas seseorang tanpa proses validasi. Akibatnya, dari yang semula bersorak-sorai mengapresiasi, kini menjelma jadi serigala ganas menghardik secara massal atas kebohongan perempuan itu. Namun peristiwa ini dikompromi begitu saja, alih-alih menjadi pembelajaran bersama.

Dan di sisi lain, negara hanya sibuk mengurusi citra pemerintah agar tetap baik di depan konsumen media, tanpa memikirkan nasib peristiwa lain yang menyangkut kemaslahatan masyarakat. Papua dengan segala persoalannya. Ada pula perempuan bernama Veronica yang baru-baru ini diburu, dituduh menyebarkan kabar buruk tentang upaya kemerdekaan di Papua.

Barangkali memang bukan perkara mudah bagi media dalam menyiarkan informasi maupun bagi masyarakat dalam menerima informasi. Atau bagi pemerintah yang masih kelewat lugu di hadapan belukar teknologi komunikasi. Satu tak pandai bicara, satu tak pandai mendengar, dan satunya lagi tak memiliki kepandaian apapun.

Akan tetapi, bukankah tidak ada kata terlambat untuk memperbaiki semua persoalan ini? Jurnalis hidup dan dibesarkan bersama masyarakat dan media menjembatani urusan pemerintah dengan masyarakat. Jika semuanya ini dapat berkolaborasi secara apik, maka diskusi bertujuan konsensus dapat diwujudkan dengan baik dan tidak semerawut. Tanpa perlu khawatir tentang siapa yang didominasi atau siapa yang mendominasi.

Meskipun bayangan itu rasanya cukup sulit untuk dibuktikan, namun tak ada salahnya untuk menyicil perbaikan akibat kerusakan-kerusakan karena ulah media. Harus melalui media pula pembenahannya, kendati semuanya akan berjalan teratih-tatih.

Parade Isu Seksi Jelang Peringatan G30S 0 70

Helloh gess, September telah tiba. Ini bulannya hura-hura tentang trauma. Pasti kamu sudah hapal: sebentar lagi kita akan menyimak debat seolah-olah tentang peristiwa 1965. Tapi sedihnya, tulisan ini bukan ke sana.

Kita akan mencoba merunut isu-isu apa yang hadir, coba dihadirkan, atau dipaksa dihadirkan, menjelang peringatan G30S. Isu-isu yang, yaaa, sesuai tradisi, akan memanas dan sering setiap tahunnya merepotkan rejim. Berikut isunya:

  • Perpindahan Ibukota
  • Livi Zheng
  • Djarum yang disetop audisinya oleh KPAI
  • Jokowi main sama putunya
  • Iuran BPJS naik
  • Esemka diresmikan

Apalagi gess?

Ohya, ini penting karena beberapa sebab. Pertama, mengamati isu-isu “tak penting” justru menjadi sangat penting hari ini untuk melihat bagaimana strategi kekuasaan memainkan lalu-lintas diskusi dan menginterupsi tiap isu. Kalau ente jeli, akan tampak bagaimana pengendalian atas persepsi kita dimainkan dan dikonsentrasikan pada hal-hal tertentu, agar hal-hal lain dapat diminimalkan dampaknya.

Tentu saja arahnya dapat ditebak: mendebat Livi Zheng jauh lebih aman ketimbang ente didatangi Kivlan Zen untuk membeberkan rencana kebangkitan PKI. Atau bicara memindah ibukota lebih asyik daripada memperdebatkan jumlah korban sebetulnya pada genosida 65 duluuu sekali.

Kedua, dari isu-isu tersebut, kesemuanya saksess menjadi tren perbincangan. Esemka, BPJS, dan Ibukota berkaitan langsung dengan agenda pemerintah. Perpindahan ibukota yang terparah, terlalu kentara digunakan sebagai “umpan peluru”, seolah-olah ide ini dilempar untuk dihabisi. BPJS dan Esemka sebelas dua belas, memancing sekaligus mengepung orang dengan kontroversi agar terus-menerus diperdebatkan.

Jadi, mari nanti kita tengok menjelang tumbangnya waktu dan mendekatnya tanggal 30, barang sampah apa saja yang akan dihamburkan oleh media kita.

Tapi toh dibawa santai saja! Kadang-kadang terlalu serius juga tak baik bagi kesehatan jiwa.

 

Annabelle Rukhiyat

Selain menekuni permakelaran tanah, penulis juga magang sebagai penjaga ponten.

Editor Picks