Apa yang Salah dari Kematian Choirul Huda? 0 955

Dunia sepakbola nasional kembali terguncang. Tak lama, setelah beberapa kasus bentrok digelar antar tim dan suporter—apalagi yang melibatkan aparat hijau-hijau itu—merebaklah aroma duka dari lapangan.

Choirul Huda, kiper Persela Lamongan, meninggal purnatugas sebagai pesepakbola sejati pada 15 Oktober lalu. Ia mengalami insiden tabrakan dengan rekan setim, Ramon Rodriguez, serta striker Semen Padang, Marcel Sacramento. Setelah melakukan penyelamatan bola, kaki bek dan penyerang itu sama-sama menubruk dada Choirul. Kiper itu sempat kewalahan berdiri, lalu ambruk kehabisan nafas.

Tim medis langsung mak jebul turun ke lapangan untuk melakukan pertolongan pertama. Melihat kondisinya tak sadar, mereka segera saja menandu sang kiper menuju ambulans. Dalam perjalanan, ia sempat sadar dan mengeluh sakit di dada. Sesampainya di rumah sakit, nyawanya tak lagi bisa diselamatkan.

Babak akhir pertandingan berakhir dengan skor kemenangan 2-1 bagi Persela, disertai absennya sang legenda untuk selama-lamanya. Tuhan telah mencukupkan pengabdiannya selama 18 tahun kepada tim Lamongan itu.

Lantas, etiskah menghardik para pemain yang ‘turut’ menumbangkan Choirul?

Sepakbola ialah permainan dengan segala aturan yang terbentang di atas rerumputannya. Konsekuensi pastilah timbul dari sikap dan kelakuan para pemain, wasit, suporter, juga siapapun yang terlibat. Menang-kalah, damai-bentrok cedera-wal afiyat sampai akhir pertandingan, hingga pemain yang ngambek tentu adalah kejadian-kejadian yang tidak bisa ditolak. Semua bagian dari proses, patut dinikmati.

Tetapi, tanpa sebuah manajemen pertandingan yang profesional, maka kita sebagai pribumi tak boleh bersikap patut. Mentang-mentang negara kita sedang tanggung, dari hukum, politik, ekonomi, dan tetek-bengeknya, lantas kita bisa bilang ‘yoweslah’.

Para pengamat sepakbola—mayoritas netizen, menyalahkan kinerja tim medis yang tergesa-gesa mengangkut Choirul Huda menuju ambulans. Sebab, boleh jadi ia bisa diselamatkan di tempat kejadian, tepat dengan melihat indikasi kehabisan nafas. Bila lidahnya tertelan, langkah pertama yang wajib dilakukan ialah dengan menariknya keluar. Hal ini untuk mengantisipasi tertutupnya saluran tenggorokan.

John Terry dan Fernando Torres, dua-duanya mantan punggawa Chelsea, sama-sama pernah mengalami kejadian serupa. Berkat kesigapan dan pengetahuan medis yang matang, para pemain turut membantu mereka keluar dari kepungan malaikat maut.

Profesionalitas tim medis serta manajemen liga akhirnya jadi bulan-bulanan netijen. Apalagi, Liga Gojek-Traveloka ini dinilai tak lebih baiknya dibanding liga-liga tarkam terdahulu. Mafhum, dunia lapangan hijau di Indonesia masih merangkak dari hantaman birokrasi lalu yang bikin ajur. Tetapi jangan kuatir, pimpinan PSSI saat ini benar-benar peduli kok. Peduli dengan jabatan.

 

Refleksi

Tentu, kita juga tak bisa sekonyong-konyong menyalahkan tim medis yang sedang gupuh saat itu. Pembaca pasti juga akan panik melihat orang sekarat di depan mata. Tanpa pengetahuan dan pembawaan diri yang tepat, penanganan medis hanya akan sia-sia. (Diam juga tidak disarankan, sih.)

Tim medis yang seperti itu, bisa jadi ialah cerminan dari kebiasaan masyarakat. Kita biasa melakukan sesuatu dengan tergesa-gesa, seorang deadliner yang idealis, gemar mengutuk denting jam yang mengejar-ngejar. Tipikal mahasiswa jaman now.

Atau, seringkali kita jumpai—bahkan lakukan—para pengemudi motor yang secara teknis menerobos lampu merah, namun hatinya berkata lain: ah, enggak melanggar kok, aku lagi buru-buru. Bu Risma sudah tentu paham dengan kondisi ini, hingga mencetuskan program E-Tilang bagi driver nakal macam itu.

Bahkan, untuk penanganan kecelakaan di jalan, misalnya. Berlandaskan asas empati dan kemanusiaan yang selalu dijunjung tinggi, para korban kecelakaan itu langsung dipindah ke tempat yang lebih aman—tanpa ada polisi atau pihak medis. Kepanikan ini bisa berujung pada tindakan yang merugikan, di mana sidik jari penolong bisa keliru diidentifikasi sebagai pihak yang bertanggung jawab.

Pada negara-negara yang tidak tanggung, lebih maju, pengetahuan medis merupakan prioritas. Meski bukan bekerja dalam ranah medis, minimal warga biasa akan mengerti bagaimana menangani sebuah kejadian yang mempertaruhkan nyawa.

Semoga masyarakat tak lagi mengabdi pada setan ketergesa-gesaan serta mengutamakan pengetahuan yang matang. Semoga Choirul Huda ialah orang terakhir yang berkorban karena bola. Innalillahi wa innailaihi rojiuun.

Previous ArticleNext Article

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagi Mereka, Antirasisme Tak Lebih dari Sekadar Konten 0 164

George Floyd, pria berkulit hitam yang meninggal karena lehernya ditindih kaki petugas pulisi berkulit putih Minneapolis, AS menimbulkan gelombang protes. Bahkan ribuan warga AS teramasuk selebritis sudah bodo amat dengan korona dan ‘stay at home.

Mereka turun ke jalan untuk memprotes diskriminasi terhadap warga berkulit hitam dan menuntut  pemerintah agar pelaku pembunuhan segera diadili. Di media sosial juga ramai postingan penuh empati yang dibungkus amarah warga net mengenai kasus yang tak kunjung menemukan titik cerah itu.

Louis Vuitton sebagai merek legendaris pun terkena bola api amarah netizen karena marketing masif tas terbarunya ‘Pont 9’. Merek asal Paris ini membayar sejumlah artis dan fashion influencer di seluruh dunia untuk promosi di Instagram.

Namun, tak ada postingan yang menunjukkan empati mereka terhadap isu rasisme yang sedang panas itu. Alhasil, merek high-end ini pun dikecam netizen dan pesohor seperti Emily Ratajkowski karena dinilai tak peka dengan isu sosial. Tak hanya dikecam, pada 31 Mei lalu, butik Louis Vuitton di Oregon dijarah oleh massa.

Tak mau menjadi sasaran amukan massa, merek-merek lain akhirnya memposting foto prihatin terhadap kasus ini dan menyuarakan antirasisme. Diawali dari Versace, lalu dilanjut oleh Dior, Alexander McQueen, dan merek-merek beken lainnya.

Dari observasi kecil-kecilan saya, hingga saat ini, hanya Louis Vuitton yang masih bersih dari postingan antirasisme. Ya sudah, terserah dia.

Saya mengira masalah sudah beres. Ternyata, kasus Louis Vuitton hanyalah appetizer dari masalah empati dan antirasisme yang ada di dunia yang fana ini. Seperti yang tertulis di lirik lagu penyanyi indie terpopuler se-Indonesia, Kekeyi, “ucapanmu manis di bibir saja”, pun juga dengan kampanye antirasisme dari selebgram dan merek-merek kedagingan ini. Rupanya, postingan mereka sebatas wacana yang tidak dipraktikkan di dunia nyata.

Celine, merek asal Perancis ini memposting foto bahwa ia mengecam segala bentuk diskriminasi. Ia juga menuliskan di kepsyen “#BLACKLIVESMATTER” sebagai cherry on top.

Postingan ini diprotes oleh seorang fashion stylist, Jason Bolden. Hal ini dikarenakan Heidi Slimane, sang creative director, enggan mendandani seebritis berkulit hitam, kecuali stylist mereka berkulit putih.

Merek di bawah naungan LVMH ini selalu – semenjak kursi creative director diduduki oleh Heidi Slimane – memiliki jumlah model berkulit hitam di setiap shownya. Pada koleksi musim gugur 2020 misalnya, hanya ada 10 model berkulit hitam dari 111 model (9 persen). Sosok model berkulit hitam sangat jarang ditemui di feed Instagramnya.

Selanjutnya, ada kasus dari L’oréal . Merek mek-ap ini mengunggah foto di Instagram dan twit di Twitter yang intinya melawan segala bentuk diskriminasi warna kulit. Munroe Bergdorf, seorang model berkulit hitam, sontak memberikan tanggapan sinis kepada L’oréal. Rupanya, iapernah didapuk sebagai modelnya pada 2017. Sayangnya, ia dipecat usai menyuarakan protes terhadap white supremacy di Facebook.

Zimmermann, merek pakaian bergaya bohemian ini masuk ke dalam daftar pihak-pihak yang cari aman usai kasus Louis Vuitton. Sama dengan kasus-kasus di atas, merek asal Sydney ini mengatakan bahwa intinya ia berkomitmen untuk melawan praktik-praktik diskriminasi.

Namun, mereka-mereka yang pernah bekerja dan magang di sana angkat bicara. Mereka mengatakan bahwa pekerja kulit hitam kerap kali mendapat diskriminasi dan sering dipojokkan. Tak hanya itu, Zimmermann juga menerapkan beauty standard perempuan berkulit putih Eropa.

Lalu Kris Schitzel, selebgram Rusia yang berfoto di tengah pendemo sambil membawa tulisan “BLACK LIVES MATTER”.  Ia menerima hujatan usai video behind the scene “pemotretan” untuk foto tersebut beredar. Terlihat ia menata pose sedemikian rupa sambil membenarkan gaunnya.

Memang tak seniat video Brojabro dengan sayap Victoria’s Secret-nya saat aksi unjuk rasa mahasiswa di Surabaya silam, namun video tersebut sudah dapat membuat kita menyimpulkan bahwa ternyata gerakan yang ia lakukan tak lebih dari kebutuhan produksi konten di medsos.

Last but not least, kasus yang menyeret perempuan paling berpengaruh di dunia fashion saat ini, Anna Wintour. Vogue AS, majalah ternama yang dikepalai oleh Wintour ini di media sosialnya aktif  menyuarakan Black Lives Matter. Namun, pada Rabu (10/6) lalu, wanita yang mendapat julukan “Nuclear Wintour” ini meminta maaf atas minimnya kesempatan bekerja bagi orang berkulit hitam di kantornya.

Pernyataan tersebut membuat beberapa mantan pekerja berkulit hitam di Vogue angkat bicara di Twitter. Mereka mengungkapkan perlakuan tidak menyenangkan dari Wintour dan pekerja lain. Mulai dari di-bully, hingga gaji yang lebih sedikit harus mereka telan selama bekerja di majalah yang dijuluki fashion bible tersebut.

Miris sekali ya, ketika empati kita sangat dibutuhkan di masa ini, ternyata hanya dijadikan konten guna menaikkan citra mereka, biar seakan-akan peduli dengan isu rasisme. Tuntutan netijen yang begitu besar untuk menampilkan konten empati, malah membuat sejumlah pihak menganggapnya sebagai formalitas belaka.

 

*) Ilustrasi oleh: Tiara Sakti Ramadhani

Menggambar dari Ngagel. Pemanah dan penggemar BTS profesional. Bisa dihubungi melalui akun Instagram @tiarasr.art.

Renungan Seonggok Pemuja Online Shop 0 84

Sudah hampir 3 bulan kita dihajar kampanye urban yang telah menjadi gaya hidup: #dirumahaja. Walau sebentar kita tak perlu merasa terkurung lagi, tatanan kehidupan yang baru hampir terbentuk dari babak hidup kemarin.

Semua aktivitas lantas dilakukan dari tempat ternyaman, entah sofa atau bahkan tempat tidur, termasuk belanja online.

Mau ke supermarket sebenarnya bisa sih. Toh supermarket dan pasar adalah salah satu ragam bisnis yang senantiasa terkecualikan dengan boleh tetap bernapas, demi mengisi logistik masyarakat.

Tapi sebagian dari kita yang tidak termakan teori konspirasi JRX percaya virus corona ada, menjadi was-was dan meminimalisir kegiatan keluar rumah, sekalipun sekadar untuk berbelanja.  Sebisa mungkin di rumah, menghindari kerumunan, memenuhi bujukan anjuran pemerintah. Beraktivitas di luar rumah menjadi suatu kegiatan yang bahkan mulai terasa asing.

Kita patut bersyukur, bahwa sebelum corona memutuskan untuk mengusik kehidupan kita, teknologi market place sudah berkembang sedemikian rupa. Peluangnya bahkan makin merambah di situasi seperti sekarang ini.

Semua-semua saja dibeli online. Mulai dari susu hingga pisau dapur, dari sayur-mayur hingga cairan pewangi pakaian, kaos kaki impor Cina atau HP hasil pasar gelap, semua dimungkinkan hanya dengan sentuhan jari di gawai.

Bahkan kata teman-teman saya, selama menikmati PSBB di rumah, membuka aplikasi online shop sudah jadi habitus baru yang tak terhindarkan. Ajaibnya, online shop kini berkembang fungsinya, sampai-sampai ikut jadi pereda kebosanan. Ia menjadi obat mujarab atas panas nan jenuhnya hati atau menghindarkan diri dari potensi termakan hoax di grup WhatsApp keluarga.

Namun, ada akibat fatal yang tak kuasa kita taklukkan. Kita tak bisa hanya sekadar “cuci mata” di aplikasi belanja online. Kita susah untuk menolak check out habis keranjang belanja virtual tanpa ampun. Kalau sudah begini, online shop berubah wajah. Justru ialah musuh bebuyutan dompet tipismu.

Pun online shop menghantar kita pada berbagai belahan dan jurang pengalaman. Kadang membeli barang yang mungkin gak terlalu berdayaguna, hanya karena promo dan kode voucher, yang setelah dibeli dan dibayar malah menyesal. Persis kayak habis putus, lalu pengen balikan karena mantan tiba-tiba jadi lebih cakep setelah putus.

Tren online shop sudah merasuk sejak beberapa tahun ke belakang, tapi popularitasnya melonjak dan bahkan menjadi adikuasa yang padanya kita makin menghamba.

Ia hanyalah substitusi emol-emol dan café dengan menu-menu dengan bahasa enggresan ndakik-ndakik. Menggeser rejeki dari mbak-mbak SPG dan mas-mas barista, ke para kurir dan mamang-mamang packaging paket. Merekalah yang memastikan belanjaan kita sampai persis di depan pintu rumah.

Online shop adalah pemain pengganti, dari perasaan tak sabar menunggu antrian kasir di toko, ke perasaan dag-dig-dug tak sabar menunggu teriakan “paket” di depan gerbang rumah.

Begitu pula dengan penggunaan e-wallet dan m-banking yang tersedia di platform e-commerce, yang membuat jasa penukar uang pinggiran jalan gigit jari, teknisi IT start-up digital pesta pora, serta mahasiswa informatika kini jadi kandidat calon mantu idaman, menggantikan dokter yang semakin gak bisa ketemu keluarganya di masa sekarang.

Mungkin ini yang dinamakan “new normal”, sebuah istilah yang sudah sangat lacur penggunaannya dalam konversesyen tiap harinya. Kebaruan yang dianggap normal. Namun juga kenormalan lama yang dibuatkan bentuk barunya. Kebiasaan baru rakjat untuk berbelanja, dan segala lika-liku di baliknya, jadi salah satu bab tak terelakkan di dalamnya.

 

*) Ilustrasi oleh: Celine Anjanette (Instagram: @petiteanette)

Editor Picks