Apa yang Salah dari Kematian Choirul Huda? 0 618

*Ilustrasi: Abduh Rafif Taufani (@yth.rafif)

*Ilustrasi: Abduh Rafif Taufani (@yth.rafif)

Dunia sepakbola nasional kembali terguncang. Tak lama, setelah beberapa kasus bentrok digelar antar tim dan suporter—apalagi yang melibatkan aparat hijau-hijau itu—merebaklah aroma duka dari lapangan.

Choirul Huda, kiper Persela Lamongan, meninggal purnatugas sebagai pesepakbola sejati pada 15 Oktober lalu. Ia mengalami insiden tabrakan dengan rekan setim, Ramon Rodriguez, serta striker Semen Padang, Marcel Sacramento. Setelah melakukan penyelamatan bola, kaki bek dan penyerang itu sama-sama menubruk dada Choirul. Kiper itu sempat kewalahan berdiri, lalu ambruk kehabisan nafas.

Tim medis langsung mak jebul turun ke lapangan untuk melakukan pertolongan pertama. Melihat kondisinya tak sadar, mereka segera saja menandu sang kiper menuju ambulans. Dalam perjalanan, ia sempat sadar dan mengeluh sakit di dada. Sesampainya di rumah sakit, nyawanya tak lagi bisa diselamatkan.

Babak akhir pertandingan berakhir dengan skor kemenangan 2-1 bagi Persela, disertai absennya sang legenda untuk selama-lamanya. Tuhan telah mencukupkan pengabdiannya selama 18 tahun kepada tim Lamongan itu.

Lantas, etiskah menghardik para pemain yang ‘turut’ menumbangkan Choirul?

Sepakbola ialah permainan dengan segala aturan yang terbentang di atas rerumputannya. Konsekuensi pastilah timbul dari sikap dan kelakuan para pemain, wasit, suporter, juga siapapun yang terlibat. Menang-kalah, damai-bentrok cedera-wal afiyat sampai akhir pertandingan, hingga pemain yang ngambek tentu adalah kejadian-kejadian yang tidak bisa ditolak. Semua bagian dari proses, patut dinikmati.

Tetapi, tanpa sebuah manajemen pertandingan yang profesional, maka kita sebagai pribumi tak boleh bersikap patut. Mentang-mentang negara kita sedang tanggung, dari hukum, politik, ekonomi, dan tetek-bengeknya, lantas kita bisa bilang ‘yoweslah’.

Para pengamat sepakbola—mayoritas netizen, menyalahkan kinerja tim medis yang tergesa-gesa mengangkut Choirul Huda menuju ambulans. Sebab, boleh jadi ia bisa diselamatkan di tempat kejadian, tepat dengan melihat indikasi kehabisan nafas. Bila lidahnya tertelan, langkah pertama yang wajib dilakukan ialah dengan menariknya keluar. Hal ini untuk mengantisipasi tertutupnya saluran tenggorokan.

John Terry dan Fernando Torres, dua-duanya mantan punggawa Chelsea, sama-sama pernah mengalami kejadian serupa. Berkat kesigapan dan pengetahuan medis yang matang, para pemain turut membantu mereka keluar dari kepungan malaikat maut.

Profesionalitas tim medis serta manajemen liga akhirnya jadi bulan-bulanan netijen. Apalagi, Liga Gojek-Traveloka ini dinilai tak lebih baiknya dibanding liga-liga tarkam terdahulu. Mafhum, dunia lapangan hijau di Indonesia masih merangkak dari hantaman birokrasi lalu yang bikin ajur. Tetapi jangan kuatir, pimpinan PSSI saat ini benar-benar peduli kok. Peduli dengan jabatan.

 

Refleksi

Tentu, kita juga tak bisa sekonyong-konyong menyalahkan tim medis yang sedang gupuh saat itu. Pembaca pasti juga akan panik melihat orang sekarat di depan mata. Tanpa pengetahuan dan pembawaan diri yang tepat, penanganan medis hanya akan sia-sia. (Diam juga tidak disarankan, sih.)

Tim medis yang seperti itu, bisa jadi ialah cerminan dari kebiasaan masyarakat. Kita biasa melakukan sesuatu dengan tergesa-gesa, seorang deadliner yang idealis, gemar mengutuk denting jam yang mengejar-ngejar. Tipikal mahasiswa jaman now.

Atau, seringkali kita jumpai—bahkan lakukan—para pengemudi motor yang secara teknis menerobos lampu merah, namun hatinya berkata lain: ah, enggak melanggar kok, aku lagi buru-buru. Bu Risma sudah tentu paham dengan kondisi ini, hingga mencetuskan program E-Tilang bagi driver nakal macam itu.

Bahkan, untuk penanganan kecelakaan di jalan, misalnya. Berlandaskan asas empati dan kemanusiaan yang selalu dijunjung tinggi, para korban kecelakaan itu langsung dipindah ke tempat yang lebih aman—tanpa ada polisi atau pihak medis. Kepanikan ini bisa berujung pada tindakan yang merugikan, di mana sidik jari penolong bisa keliru diidentifikasi sebagai pihak yang bertanggung jawab.

Pada negara-negara yang tidak tanggung, lebih maju, pengetahuan medis merupakan prioritas. Meski bukan bekerja dalam ranah medis, minimal warga biasa akan mengerti bagaimana menangani sebuah kejadian yang mempertaruhkan nyawa.

Semoga masyarakat tak lagi mengabdi pada setan ketergesa-gesaan serta mengutamakan pengetahuan yang matang. Semoga Choirul Huda ialah orang terakhir yang berkorban karena bola. Innalillahi wa innailaihi rojiuun.

Previous ArticleNext Article

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Lidah Bahasa Lokal pada Pilgub Jatim 0 227

Pada 27 Juni, segala pertarungan di 171 daerah di Indonesia telah mengalami puncaknya. Segenap mesin partai hanya tinggal berdoa dan berjaga di tiap TPS, sementara si ‘tokoh utama’ (maksudnya para calon pemimpin daerah) justru siap menghadapi pertarungan selanjutnya – antara bersiap menduduki puncak pimpinan atau melawan rasa kekecewaan menerima kekalahan.

Penulis ingin sedikit kilas balik ke masa debat Pilgub Jatim digelar untuk terakhir kalinya 23 Juni silam. Dalam debat terbuka pamungkas tersebut, seperti biasa pasangan Khofifah-Emil dan Gus Ipul-Puti saling berseteru, khususnya mengulik habis tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik.

Pertarungan yang masih tetap seru seperti debat-debat sebelumnya lantas sempat membuat rakyat menghadapi dilema. Mau menjadi saksi debat calon pemimpinnya atau Belgia vs Tunisia yang berlaga dari lapangan rumput Moskow.

Jika pilihan pembaca jatuh pada tontonan engkel-engkelan pucuk teratas pasukan Wis Wayahe vs Kabeh Sedulur, pembaca tentu turut menyaksikan sesi terakhir debat menggunakan bahasa Jawa. Barangkali, Mbak Brigita Manohara, sang moderator, tak punya masalah dalam membacakan pertanyaan. Lidah doi tentu fasih, apalagi menurut pengakuannya yang pernah membawakan berita berbahasa Jawa Timur-an sebelumnya.

Yang jadi soal tentu bagi para peserta yang sedang berlaga. Bagi Mas ‘Ganteng’ Emil Elestianto Dardak dan Mbak Puti Guntur Soekarno yang tak bisa memungkiri takdir sebagai pendatang dari Jakarta, lebih baik memilih diam seribu bahasa. Percayakan saja kepada para calon gubernur, Khofifah yang asli Surabaya dan Saifullah Yusuf kelahiran Pasuruan. Tentu beliau berdua bagai mobil meluncur di jalan tol jika sudah bersentuhan dengan bahasa lokal Jawa Timur.

Namun, sayang disayang, ekspetasi muluk-muluk yang demikian harus dikurung rapat. Nyatanya Khofifah dan Gus Ipul nampak cukup kesulitan menjelentrehkan ide mereka dengan bahasa lokal yang baik dan benar. Bahasa Indonesia atau ‘gado-gado’ antara krama dan ngoko harus terselip di tengah-tengahnya.

Kita tentu tidak boleh suudzon dan terlalu dini menjatuhkan vonis negatif terhadap mereka. Tentu ada banyak faktor yang membuat pembaca harus mengapresiasi betul segala upaya yang dikeluarkan keduanya ketika menjawab pertanyaan. Banyak penyebab pula yang melatarbelakangi kebingungan keduanya dalam merangkai kata.

Pertama, sudah terlalu lama kemampuan berbahasa lokal disimpan rapat dalam peti harta karun keduanya. Khofifah sendiri sudah mengadu nasib di perpolitikan Jakarta sejak tahun 90an sebagai anggota DPR hingga menteri. Gus Ipul pun tak jauh berbeda. Sebelum menjalani dua periodenya mendampingi Pakde Karwo di JaTim, dirinya juga beradu di Senayan dan mendapuk jabatan menteri.

Selain itu, selalu berkecimpung di ranah formal, rapat kenegaraan, sambutan, pidato, hingga tampil di layar kaca nasional tidak pernah mengasah kembali kemampuan berbahasa lokal ini. Tak apalah jika lupa sedikit-sedikit!

Kedua, para calon gubernur ini barangkali bingung menentukan bahasa Jawa mana yang harus dipergunakan. Apakah dialek Arekan atau Kulonan. Apakah berbahasa yang berkiblat Madura, atau memihak Tengger, Kangean, Osing yang cukup minor penggunanya. Iya, bahasa Jawa Timur sendiri sudah beraneka ragamnya.

Lantas, bahasa mana yang harus digunakan dalam ajang ‘unjuk gigi’ untuk menarik hati 38 juta umat Jawa Timur? Dialek mana yang sekiranya sungguh merepresentasikan Jawa Timur banget dan tidak membuat penutur lainnya iri hati? Sekali salah pilih, netjien yang maha-tahu tentu habis-habisan menghujat. Aih, susah nian mau jadi gubernur!

Di luar itu, yang menjadi perhatian bagi kita semua adalah wacana membawa bahasa lokal dalam debat publik Pilkada. Penulis secara pribadi melihat sesi berbahasa lokal harus selalu dimasukkan sebagai salah satu sesi, seperti yang diawali Pilgub Jatim.

Bagaimana tidak, kemahiran berbahasa lokal juga turut membuktikan apakah benar calon pemimpin yang digadang adalah asli putra daerah. Ah, tapi trennya sekarang kan plotting calon pemimpin berdasarkan kapasitas dan sekenanya partai politik. Jadi, coba kita geser ke alasan berikutnya.

Kemampuan berbahasa lokal yang ditunjukkan dalam debat publik sesungguhnya juga mencerminkan hasil pendekatan calon pemimpin dengan yang akan dipimpinnya 5 tahun ke depan. Bahasa Indonesia formal, apalagi ditambah penjelasan data angka yang njelimet dalam debat barangkali hanya bisa dipahami masyarakat kota dan manusia-manusia berpendidikan. Lalu, pada siapa tanggung jawab harus dilemparkan untuk menjelaskan janji kampanye kepada rakyat kecil di pedesaan yang gak teteh berbahasa Indonesia? Apakah tim sukses kampanye? Apakah Ivan Lanin? Apakah superhero yang mati di Infinity War?

Hanya bahasa lokal lah yang dapat menjembatani apa maunya mbah-mbah di rumah reyot tak berlistrik pelosok desa sana dengan janji manis calon pemimpin daerah. Jika tak pakai bahasa lokal, dengan apakah para calon pemimpin ini mendekati rakyat? Apakah dengan kaos dan stiker? Apakah dengan Via Vallen dan Anang Hermansyah? Apakah dengan ‘uang kaget’ ketika fajar menyingsing?

Dalam hemat penulis, kemampuan bersilat lidah di panggung debat publik memang perlu. Apalagi kemampuan merangkai bunga bahasa dalam barisan visi misi, jangan sampai absen. Tambahkanlah kemampuan menguasai bahasa lokal sebagai bekal. Hati pakdhe dan bulik manakah yang tak berhasil dipanah jika para calon penguasa ini mampu ngopi bareng sambil bertutur bahasa sehari-hari mereka?

Beberapa Masalah Super Penting dalam Hidup Kita 1 421

*Ilustrasi: Abduh Rafif Taufani (@yth.rafif)

*Ilustrasi: Abduh Rafif Taufani (@yth.rafif)

 

Kurang lebih sebulan lalu, kita ditimpa musibah berupa ledakan bom yang terjadi di Surabaya. Berjenis-jenis analisis termuntahkan di atasnya. Mulai dari kecurigaan terhadap agenda politik sampai saling menyalahkan antar kelompok beragama. Sadarkah kita, bahwa diskusi tersebut menjauhkan substansi dari kandungan peristiwa yang sebenar-benarnya adalah masalah besar tentang kemanusiaan. Bukan sekadar agenda politik atau kesempatan menampakkan citra melalui modus belasungkawa.

Tidak lama setelah itu, kita dihebohkan kembali karena seorang penyanyi dangdut perempuan mendapat perlakuan tidak sopan dari seorang pemain sepak bola klub nasional. Menurut berita yang beredar, atlet tersebut meminta doi agar datang ke tempat peristirahatannya dengan pakaian serba terbuka. Tidak terima dengan permintaan itu karena merasa direndahkan, si penyanyi dangdut pun membagikan pengalamannya di media sosial sebagai bentuk pembelajaran bagi siapapun agar kelak lebih bersikap sopan pada orang yang baru dikenalnya.

Tidak juga berhenti sampai di situ, masalah ini menimbulkan pro-kontra. Ada yang mendukung reaksi penyanyi dangdut tersebut sebagai bentuk perlawanan kaum perempuan, ada yang tidak menerima karena dianggap terlalu berlebihan dan memang sewajarnya penyanyi dangdut mendapat perlakuan begitu.

Selanjutnya, kita berdebat tentang ‘aplikasi goblok’ berisi video-video aneh dari netijen. Banyak yang mengatakan bahwa generasi yang menghidupi aplikasi ini sudah kehilangan akal mencari hiburan, tidak seperti generasi lama yang membuat tawa tidak perlu pakai aplikasi atau kuota internet. Apalagi mengorbankan akal sehat. Tolong, semangat perdebatan antara kedua kelompok ini tidak bisa dipertemukan. Selera dan kebahagiaan sama-sama tak terukur.

Pernahkah kelompok yang membenci ‘aplikasi goblok’ itu berpikir, bahwa, para anak-anak kecil, dan remaja, yang membuat video kreatif di dalamnya sedang berusaha mengasah kemampuan mereka, sedang berusaha berkarya dalam bidang yang mereka sukai. Video-video mereka nyaris selalu mengundang tawa, dan proses produksinya membutuhkan niat serta kreatifitas tinggi. Hanya karena perbedaan selera humor, kalian merasa mampu menguasai apa-apa yang benar? Apa-apa yang lucu dan apa-apa yang menyedihkan? Tahan sebentar.

Terakhir. Belum lama ini, ya, belum lama ini, hilangnya sebuah foto di Instagram menandingi diskusi hilangnya aktivis ‘98 maupun para korban ‘65. Adalah bapak reformasi kita, Amien Rais, yang tetiba mendadak girly setelah mengetahui bahwa unggahan fotonya yang memerlihatkan kebersamaan beliau dengan sahabat Prabowo dan Rizieq hilang tanpa musabab. Sempat ada rencana jika peristiwa penghilangan paksa oleh Instagram ini akan didudukkan ke Mahkamah Internasional. Luar biasa.

Kita patut menyanjung daya kritis yang dimiliki oleh bapak Amien dan kawan-kawannya. Kecurigaan beliau pada penguasa tidak butuh diuji lagi. Sudah terbukti, beliau berhasil menjadi bagian dari sejarah tumbangnya Orde Baru. Dan hingga saat ini, beliau terus memerjuangkan cita-cita reformasi yang telah dititipkan padanya duapuluh tahun lalu. Sekali lagi, kita tetap perlu memuji konsistensinya dalam hal mencurigai kekuasaan, betapapun ganjilnya itu. Suatu kemampuan yang sukar ditemukan pada waktu sekarang.

Kita sudah kenyang dengan isu-isu trivia, bahkan untuk lebaran kesekian kalinya, semestinya kita sudah paham harus berbuat bagaimana, apalagi menjelang pilpres yang mengakibatkan arus propaganda semakin meruncing. Kita juga sudah bosan dengan isu-isu berbalut agama. Sudah saatnya kita mengistirahatkan semuanya. Rebahkan sebentar sikap politik kita, tidak peduli golongan kecebong atau golongan kampret. Pokoknya semua harus menikmati ketupat dengan tentram.

Antara seluruh peristiwa yang mengurai di sekitar kita, manakah yang paling berpengaruh terhadap cara berpikir kita? Adakah peristiwa yang menentukan nasib baik dan buruk kita kedepannya? Atau sebenarnya kita sudah tidak mampu membedakan, mana peristiwa yang memang perlu disikapi dengan serius dan mana peristiwa tak penting yang hanya perlu direspon sekadarnya saja? Atau kita sudah terbiasa berdebat karena kondisi-kondisi di atas terus menghantam kesabaran kita untuk bersuara, sehingga secara naluriah saja setiap munculnya fenomena, kita langsung saja menempatkan diri sebagai kelompok Pro/Kontra? Mbohlah.

Editor Picks