Mahabenar Warganet dengan Segala Meme-nya 0 1870

Masih tentang ribut-ribut Papa Setnov tempo hari. Kali ini Firmansyah NU, perawi sejarah dari kampus beken Surabaya, menyumbang gagasannya tentang kisruh politik itu. Silakan disimak.

 

…yang tersisa dari gaduh-riuh Setya Novanto apa?

Kita bisa mulai dari penjelasan tentang kemenangan teknologi komunikasi dan informasi, yang berhasil mengubah secara radikal pola hidup orang yang mulanya berdikari menjadi serba-tergantung pegangan hidup.

Gawai berhasil meraih peringkat pertama sebagai benda yang pertama kali di pegang setelah bangun tidur. Alih-alih berdo’a; untuk urusan mandi, menolong ibu membersihkan tempat tidur (bacanya jangan sambil nyanyi) saja seringkali tidak terealisir. Ia berhasil membalik keadaan menjadi barang dengan prioritas tertinggi manusia setelah sejenak jiwa melepaskan diri dari raganya. Entah, fenomena tersebut kita maknai sebagai berkah atau kutuk.

Bangun tidur saya pun sama seperti bangunnya putra-putri ibu pertiwi: mencabut gawai dari kuasa charger, lalu men-scrolldown notifikasi sambil menyapu habis berita di timeline.

Pembaca tentu ingat bagaimana nabi partai politik Indonesia, Setya Novanto dihadirkan secara virtual lewat deretan quote-quote penghias meme. Posisi ketua dewan yang terhormat seketika itu runtuh di hadapan warganet dengan segala justifikasi. Pembaca bisa menengok karya anak negeri tersebut dalam jejaring sosial apapun bertagar #thepowerofsetnov

Pembuat meme mungkin sedang mengamalkan petuah dari Rene Descartes, “Yen kowe gawe uthekmu, followermu nambah”. Kesimpulan pengamatan saya terhadap kumpulan meme tersebut adalah sebagai respon ekpresif rakyat Indonesia setelah meledaknya era Orde Baru.

Tanggapan kreatif rakyat indonesia yang nongol di setiap timeline linimasa kita adalah reaksi deretan daftar perilaku sang Papa dalam menjalani kehidupannya yang fana ini. Dari beberapa meme yang saya amati, gambar tersebut sengaja menunjukkan kalau Papa memiliki kesaktian luar biasa. Konsekuensi logis dari adanya meme tersebut memberi pemahaman akan macetnya saluran kritik yang komprehensif, sehingga lebih bermakna sebagai keputusasaan yang sering tidak didengar. Kita selesai dalam melihat realitas tersebut dengan asumsi: Papa salah dan harus segera diadili, Papa melipir dari panggilan KPK, Papa sakti dan tidak bisa diancam, KPK adalah korban kesaktian Papa.

Sudah, tidak ada alternatif lain dari permasalahan diatas. Jadi, secepat itukah kita puas?

Terlepas apakah Papa benar-benar kelelahan mengurusi rakyat sampai-sampai jatuh sakit dan  tak berdaya melawan komplikasi penyakit yang diderita, bahkan mendadak sembuh setelah putusan peradilan dibacakan, ia adalah poli_tikus handal. Keberhasilannya beberapa kali lolos dari ancaman bui menunjukkan kelihaiannya dalam bermain politik. Kalau kita kembalikan konsep dasar politik kepada bahasa terbaik menurut Al-Qur’an, politik berarti As-siyaasat. Dengan demikian Papa berhasil menang siasat, menang siasat tidak bisa menjadi indikator kesaktian seseorang. KPK kalah cerdas. KPK harus segera bermuhasabah demi tujuan mulianya, yakni mencabut korupsi sampai ke akar.

Budaya meme, senyatanya tidak membuat kita semakin jelas dalam melihat suatu fenomena. Saya lebih setuju jika keberadaan meme hanya untuk menvulgarkan fenomena, tidak lebih. Selain itu, meme juga bisa menumpulkan pisau analisis kita terhadap suatu realitas. Kita terlalu cepat menyimpulkan suatu hal karena meme.

Saya sepakat dengan Slavoj Zizek yang dengan sembrono ingin membalik tesis kesebelas Marx. Jika Marx berpendapat bahwa: “Filsuf sekarang hanya bisa menafsirkan dunia dan tidak pernah mengubahnya”. Maka Zizek mengusulkan: “Di abad ke-20 ini, kita mencoba mengubah dunia terlalu cepat. Waktunya menafsirkannya lagi dan mulai berfikir”.

Mikir. Mikir.

Yaa..Zizek mirip-mirip sama Cak Lontong laah.

Previous ArticleNext Article

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Pleidoi Singkat Tentang Ratusan Hari Kesedihan 0 409

Kita sedang berada di puncak ironi. Tawa dilepaskan sekadarnya saja, seperti hela napas yang berlangsung pendek. Selebihnya, wajah kita akan kembali dipupuri kecemasan.

Kini, dering telepon membawa kesan tersendiri; apakah kabar duka selanjutnya sudah datang?

Suara sirine menyayat tabir waktu, dan kita – entah sejak kapan – akan hening sebentar tiap kali ia berlalu; mengira-ngira siapa yang diangkut dari arah sana? Dari kamar sunyi seorang perawat kah? Atau kurir yang tergeletak setelah diprotes karena mengantar barang tak sesuai dengan pesanan si pembeli?

Sementara di tempat yang jauh dari segala bunyi kematian itu, kita tahu, sekawanan orang yang mestinya bertanggung-jawab atas kesengsaraan ini sedang melakukan hal-hal yang biasa kita bayangkan tentang mereka.

(Sudah dapat berapa poin di lapangan golf, kamerad-kamerad sekalian? Saya izin mengeluh dulu, ya. Mohon jangan dinganu).

Belakangan kita mulai sering menonton aksi semprot aparat. Sejumlah pedagang kecil tak beruntung menjadi sasaran amuk masa (/masa tanpa dobel ‘s’) kebijakan babibu. Seorang pedagang menangis, dan dari airmatanya kita bisa melihat pantulan cahaya lampu mal, lampu kamera, lampu sirine ambulans yang kebetulan lewat, lampu lalu lintas, lampu mobil yang terjebak kemacetan, lampu bakul pedagang itu sendiri yang sesaat kemudian dipecahkan pakai pentungan. Betapa airmatanya kelewat gemerlap untuk tampil menjadi bagian dari kesedihan.

Pernah viral juga sebuah video seorang aparat tengah memamerkan kemampuannya mematahkan gitar-gitar milik para pengamen yang terjaring razia. Para pengamen itu mungkin, sama halnya dengan nasib para pedagang yang disemprot, kini sedang kebingungan mencari cara baru mengisi perut yang senantiasa berbunyi “krek” seperti denyit ranjang tua. Semoga saja tangan para pengamen itu tak ikut dipotong, paling tidak mereka masih bisa menguarkan irama dari tepukan. Kebetulan kalian belum pernah mendengar lagu Indonesia Raya dibawakan dalam format punk, bukan?

Saya sebenarnya ingin menulis lebih banyak dari yang bisa dibaca sekarang, tapi jujur saja, saya takut akan segala kemungkinannya. Seperti kemungkinan-kemungkinan yang biasa menimpa orang-orang bersuara nyaring itu. Saya tak bisa seberani mereka, setidaknya untuk sekarang. Saya masih terlalu Abu Janda untuk menjadi Dandhy Laksono.

Tentu kita sangat berharap suara-suara nyaring itu benar-benar dapat memekakkan gendang demokrasi, membangunkan hentakan revolusi yang selama ini mengendap di dasar kesabaran. Menyumbang sebanyak-banyaknya polusi protes di dinding twitter, mengedarkan berlembar-lembar halaman buku yang disusupi pamflet perlawanan, memperjuangkan kualitas akal-kesadaran agar tetap mendapat perawatan yang layak, serta berbagai tujuan progresif mulia lainnya. Peluang perubahan dari gerakan-gerakan itu mungkin memanglah masih seukuran lubang semut, tapi biarlah peluang tetap menjadi peluang yang berhak diharapkan.

Satu-satunya hal yang paling memungkinkan untuk kita lakukan saat ini ialah menjaga orang-orang tersayang dengan sebaik-baiknya cara. Ketika sudah kehilangan negara, setidaknya kita masih memiliki mereka.

Sungguh, saya tak tahu harus mengatakan apalagi setelah mengatakan semua ini, selain berharap kita semua tetap terlindung dalam haribaan semesta yang sehat.

 

*) Ilustrasi oleh: Tiara Sakti Ramadhani

Mengapa Pejabat Emoh dengan Media dan Memilih Channel Deddy Corbuzier 0 302

Pejabat atau pemerintah atau orang-orang penting seperti selebriti sekalipun, dari dulu takut dengan media. Sebab apapun pernyataan yang muncul dari mulut, tentu akan dikutip dan dijadikan judul berita, dari sudut beragam rupa, tergantung siapa wartawannya dan di media mana ia bekerja. Bahkan ketika si figur publik diam saja, bahasa tubuhnya tetap akan jadi berita, lengkap dengan kutipan narasumber ahli pembaca mimik wajah.

Tapi ada satu rahasia: sampai sekarang mereka-mereka ini masih takut dengan media.

Buktinya, mereka lebih mudah ditemui tampil di Youtube sekarang. Seorang teman wartawan dengar-dengar sempat sebel dengan seorang sosok penting. Katanya berhari-hari mengejarnya demi wawancara tak kunjung digubris. Begitu diundang Om Deddy Corbuzier untuk “wan tu tri klos de dor”, langsung mau ngomong panjang lebar dengan durasi 1 jam.

Pembaca tahu kan, channel Om Deddy itu memang ajaib. Di kursi potkesnya, segala macam menteri mulai dari yang kemudian digotong KPK, sampai Lord Luhut, sudah pernah duduk dan bercengkeramah di sana. Bahkan terakhir, sejumlah media mainstream sampai mengutip omongan Luhut dari Youtube Om Deddy, soal cara penanganan corona di Indonesia.

Beberapa orang yang dulu kita temui tenar sekali di layar kaca, sekarang bahkan membangun kanal Youtube sendiri. Buanyak contohnya. Saya rasa pembaca bahkan salah satu subscribernya. Mulai Raffi Ahmad sampai Bambang Soesatyo Ketua MPR RI, kini bikin channel sendiri.

Setidaknya, penulis membaca fenomena ini sebagai berikut:

Pertama, karena mereka-mereka ini tahu siapa target yang disasarnya. Kaum milenial sampai generasi Z dan Alpha. Mereka yang sudah mulai, bahkan sama sekali, meninggalkan media mainstream. Mereka yang menghabiskan hari-hari berselancar di media sosial. Mereka-mereka ini, terlebih para pejabat publik, berusaha meraih perhatian mereka dengan turut aktif bermedsos. Tentu untuk membangun citra baik.

Sebut saja Anies Baswedan, Gubernur DKI Jakarta yang selalu jadi tempat menumpahkan sumpah serapah penyebab banjir, macet, dan episentrum covid-nya ibu kota. Baru kali ini saya lihat Anies marah-marah (loh kok niru-niru mantan walikotaku seh) pada pemimpin perusahaan non-esensial yang masih buka di kala PPKM Darurat mengharuskan 100 persen WFH.

Aksi itu bukan terekam di layar kaca berita loh ya, tapi di story Instargram-nya. Hal ini terjadi di tengah iritnya humas pemprov membagi agenda harian sidak-sidak gubernur pada awak media.

Belum lagi Khofifah Indar Parawansa, bunda-ne arek-arek, yang baru saja mengunggah foto tak biasa di akun Instagramnya. Bukan program kerja, melainkan tangkapan layar balas-balasan komennya dengan seorang netijen pemuda patah hati. Pendekatan yang sama juga sudah lama dilakukan Ganjar Pranowo, Gubernur Jateng, dan terlebih Ridwan Kamil, Gubernur Jabar.

Mereka paham betul bagaimana bahasa yang harus digunakan pada para muda, dan topik apa saja yang menarik dibahas. Eh ralat, mungkin merekanya gak paham, setidaknya tim jubir, tim staf khusus ahli komunikasi, atau tim kampanye 2024-nya yang paham strategi memenangkan hati rakjat.

Hal kedua, ya tetap bermuara pada kesimpulan pejabat takut dengan media. Podcast para youtuber bisa menjadi pelarian yang paling tepat. Sebab hanya di medsos-lah, pejabat-pejabat ini bisa dengan bebas ngobrol soal musik favorit, hobi, bahkan love story. Hanya di sana, mereka bisa libur sejenak dari pertanyaan-pertanyaan memuakkan wartawan media mainstream yang tak pernah lelah “menyudutkan” (baca: mengkritisi).

Tapi gak apa-apa. Saya rasa, media mainstream tak perlu ikut-ikutan gaya youtuber agar disukai masyarakat atau membuat pejabat mau diwawancarai. Media cukup menjadi dirinya sendiri. Sebab apapun dalam kue kehidupan di dunya ini punya potongan dan porsinya masing-masing.

Media idealnya memang pilar keempat demokrasi dengan segala kekakuan prinsip, struktur, dan etika profesinya. Sementara medsos harus tetap ada pada pondasinya untuk membuat masyarakat kita berproses.

Masyarakat kita bisa tetap kok memilih media mainstream sebagai jujugan utama, landasan teori dan mewacanakan diskursus, yang kemudian bisa direalisasikan dalam tukar pendapat di medsos yang tak ada ambang batasnya, kecuali UU ITE.

Tapi, hal yang barusan saya bicarakan di atas itu kayaknya ya hanya harapan kita saja. Hari-hari ini, pembaca semua tahu, media mainstream dan media sosial sudah dikapitalisasi, jika tak terlalu kasar kita menyebutnya dimonopoli, oleh mereka yang berduit dan berkuasa saja, tak mampu membuat kita bebas mencerna dan berbagi wawasan.

 

*) Ilustrasi oleh: Brigitha Aidha Jannah

Editor Picks