Menentukan Weton Kemerdekaan Catalunya 0 1056

Netijen mungkin akan sedikit asing ketika mendengar kata Catalunya. Akhir-akhir ini, nama itu kerap muncul dalam berbagai bahasan, dari  berita media sampai topik cangkruk diskusi santai.

Penggemar klub sepakbola Barcelona dan Espanyol (kalau ada) harusnya tak usah ditanya soal itu. Memang, kedua klub itu berasal dari Catalunya, sebuah daerah otonom di pinggiran Spanyol, yang kini sedang bersungguh-sungguh ingin merdeka dari negeri matador itu. Bahkan, 1 Oktober lalu, pemerintah di sana menggelar referendum (di Indonesia lumrah disebut coblosan) untuk mengepul suara rakyat: kalian mau merdeka atau tidak?

Sebanyak 90% dari total pemilih, tanpa tedeng aling-aling—tentunya dibarengi dengan ucapan basmalah—mendukung penuh kemerdekaan daerah itu. Maka, bila benar-benar berdaulat, pada pagelaran Piala Dunia selanjutnya dan seterusnya, kita bisa menonton Gerard Pique, Sergio Busquets, Cesc Fabregas dkk bermain dengan jersey garis-garis Catalunya yang mirip parpol itu.

Namun, referendum itu dianggap tidak sah oleh pemerintahan Spanyol sebab angka partisipasi hanya mencapai 43% dari sekitar 7 juta jiwa. Pemerintah tak sedang main-main dalam memperingatkan warga untuk berhenti menyatakan merdeka. Pantas saja, dengan bisikan revolusi yang bikin was-was macam itu, represi aparat kerap digunakan. Bentrokan pun berulang kali terjadi antara aparat dengan warga, hingga seringkali berbuah korban.

Spanyol sampai sekarang—dan selamanya—tak akan pernah berniat melepas daerah ‘emas’ itu. Mafhum, Catalunya menyumbang pendapatan dan devisa negara terbesar pertama (18,8 %), mengalahkan ibukota Madrid (17,6%). Dengan aliran duit yang sangat potensial seperti Meikarta, penulis berani bertaruh negara manapun tidak akan rela melepasnya. Kecuali, satu negara yang pernah kecolongan dua pulau plus satu provinsi yang telah jadi negara….

Warga Catalunya juga ngotot ingin pisah, sebab secara historis dan kultural telah jauh berbeda dengan Spanyol. Sejarah dengan cermat merekam konflik panjang antar Catalunya dan Spanyol, yang di era modern dijewantahkan dalam El Classico—pertandingan sepakbola termahal di dunia. Barcelona digadang-gadang mewakili semangat rakyat Catalan untuk pembebasan, sedang Real Madrid ialah wujud otoritas Spanyol yang arogan.

 

Hari Baik

Terlepas jadi merdeka atau tidak, biasanya Netijen—dengan segala kuasanya itu—akan mulai bersangka-sangka, turut membayangkan tanggal kemerdekaan bagi Catalunya. Seandainya saja warga Catalan tak naif, bisa saja mereka iseng-iseng browsing di internet tentang hari baik untuk mengadakan referendum atau proklamasi sekalian.

Bahkan, kalau mau sedikit repot, warga Catalan bisa tanya-tanya wong Jowo soal penentuan hari baik macam lamaran, nikah, pindah rumah, cari kerja, sunatan, tes ELPT dan segenap hajatan lain. Biasanya mereka memakai sistem weton atau penanggalan yang membagi hari jadi lima: legi, pahing, pon, wage, kliwon. Sistem ini umum digunakan untuk tanda kelahiran seseorang, sekaligus ramalan nasib baik-buruk.

Dalam penentuan hari, masyarakat Jawa juga menggabungkan weton ke penanggalan yang lebih modern. Lima hari itu disandingkan dengan Senin-Minggu ala Masehi. Sehingga, pengucapannya akan lebih mudah dipahami, seperti Senin Legi, Rabu Pahing, Jumat Kliwon. Plus, perayaan hari ulang tahun (baca: weton) versi tradisional ini lebih cepat, yakni tiap 35 hari sekali.

Berikut adalah beberapa rekomendasi hari agar Carles Puigdemont, pemimpin Catalan, punya pilihan bila sewaktu-waktu jadi merdeka:

Senin Wage, agar negara bisa memiliki laju pertumbuhan yang josh. Wage atau ­age-age berarti ‘cepat-cepatlah!’. Ditambah, Senin adalah saat di mana semangat buruh pekerja telah pulih dari libur akhir pekan.

Minggu Legi, sebab tiada hari kemerdekaan yang lebih baik dibanding digelar di hari Minggu. Asyiknya lagi, legi bisa melambangkan suatu kenangan yang manis.

Jumat Kliwon, biar terdengar seram bagi negara-negara lain.

Selain itu, tanggal kemerdekaan juga bisa dihitung 35 hari sejak hari ulang tahun Spanyol. Mbok ya, supaya terkesan tidak durhaka. Atau, coba pilih dari salah satu tanggal ultah pemain Barcelona—tentunya jangan orang Argentina itu, bisa-bisa tidak sesuai dengan visi negara yang berdikari.

Atau, ada baiknya para pemimpin Catalan itu langsung berkunjung ke Jawa, mencari tetua yang masih hafal sistem weton.

Aduh, untuk sistem kalender macam itu jangan cari di sini. Penulis takut tulisan ini jadi bid’ah…

Previous ArticleNext Article

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagaimana Kita dan Media Membungkus Gilang 0 475

Cerita murung bermula dari cuitan akun Twitter @m_fikris yang menceritakan kronologi bagaimana seorang laki-laki muda, dari suatu kampus kondang di Surabaya, melakukan pelecehan seksual secara verbal melalui pesan elektronik. Kisah pahit itu dijuduli dengan judul bombastis, macam portal berita onlen: “Predator Fetish Kain Jarik Berkedok Riset dari Mahasiswa PTN di SBY”. Lantas, satu negara ini sejenak melupakan corona, berpindah gandrung pada ‘Gilang’, nama yang disebut-sebut menjadi pelaku pelecehan.

Cerita bertopik seks semacam ini, pembaca tahu, dengan cepat sambung-menyambung, berbalas, dan dibagikan secara meluas di linimasa. Tak hanya ramai di media sosial, yang bahkan sempat menduduki tingkatan teratas trending topic, ia ramai menjadi buah bibir tetangga, hingga agenda pemberitaan media massa.

Selain soal menumbuhkan kewaspadaan bersama, tapi lalu mengapa media, dan juga kita, sangat berambisi pada cerita-cerita semacam ini? Ada beberapa hal yang penulis ajukan di sini.

Pertama, media kita memang mudah sekali terangsang mengangkat berita-berita berbau seks. Apalagi ada anomali yang baru, fetish atau dorongan seksual dalam konteks kasus Gilang ini unik: napsu melihat orang yang dibungkus seperti pocong dengan kain jarik. Sayangnya, pembawaan berita berputar-putar pada fenomena, bahkan mengungkap sejarah Gilang yang sudah sering melakukan tindakan asusila.

Tapi, kemalasan media membuatnya lupa memberi pendalaman perspektif psikologis atasnya. Apakah benar memang fetish? Atau justru gangguan kejiwaan lainnya yang tak berhubungan dengan seksualitas?

Ah, jangan heran, media kita kan memang dari dulu begitu. Sejak zaman Orde Baru, kita sudah di-ninabobo-kan dengan berita konflik pertumpahan darah dan SEKS, supaya pemerintah tidak perlu repot-repot menjawabi pemberitaan yang mengkritisi kinerjanya.

Kedua, kita sepakat – jika memang ini adalah kasus pelecehan seksual – selalu bak gunung es. Korban-korban Gilang lainnya, yang telah menjadi target operasi bertahun-tahun silam, baru terungkap semuanya, ketika ada satu orang yang berani bicara. Kita memang patut berterima kasih (jika memang baik budi niatnya) pada si pembuat thread pada mulanya.

Demikian pula dengan kasus pelecehan seksual yang sudah-sudah. Entah itu pedofilia, pelecehan dalam keluarga, bahkan dalam konteks pria-wanita, selalu membuat sang korban tak berani bicara. Sebaliknya, korban lebih banyak dirundung, dituduh menggoda dengan pakaian terbuka.

Karena memang, belum ada hukum di negeri ini yang mampu melindungi korban pelecehan seksual. Kalaupun ada kasus yang terungkap ke permukaan dan diproses hukum, ia haruslah viral terlebih dahulu di media sosial (dengan mempermalukan korban 2 kali lipat), agar bisa ditindak pakai ‘Sang Maha-benar’ UU ITE, yang tak pernah benar-benar menggasak betapa brengseknya tindakan pelecehan itu sendiri. Benar apa kata sjw-sjw feminis: RUU PKS harus segera disahkan!

Ketiga, persoalan Gilang ini tak bisa hanya dilihat soal orientasi seksual yang melenceng. Kita sepakat bahwa hal tersebut adalah kemerdekaan hak setiap orang. Yang jadi persoalan, cara Gilang – jika, sekali lagi, memang benar fetish – dalam mengajak si korban memuaskan birahinya.

Gilang menggunakan kata-kata yang manipulatif, membohongi anak-anak yang lebih muda darinya agar mau membantunya mengerjakan ‘tugas kuliah’. Ia juga mendekati orang-orang yang tak ia kenal sebelumnya, dengan bahasa perkenalan yang cenderung superior, dominan, sekaligus minim etika. Unggah-ungguh berkenalan, ngobrol, dan meminta tolong pada orang yang baru dikenal seharusnya milik kita semua, terlepas dari apapun pilihan jalan hidup dan orientasi seksualnya.

Keempat, pendapat netijen yang bermunculan akhir-akhir ini justru bernada mengolok karena menganggap Gilang pantas mendapatkannya. Ejekan itu berkedok guyonan, bahkan nama-nama besar seperti Babe Cabita – yang kemudian banyak dihujat netijen juga – ikut-ikutan menertawakan tindakan Gilang. Selain itu, kamu dan saya, mulut kita semua sudah sibuk ngrasani bersama teman-teman tentang betapa tak warasnya Gilang.

Kita tidak sadar, bahwa diri sendiri ini juga sami mawon: menjauhi dan mencibir entah korban entah pelaku, entah juga orang-orang macam Gilang; tapi lupa bersimpati, mendekati, mencari akar masalah, dan menyelesaikannya bersama-sama. Memang benar, gotong-royong yang diajarkan founding fathers kita hanya tinggal klise sekarang (lihat tulisan: ‘Menghidupkan Kembali Klise Kesadaran Kolektif’).

Pada akhirnya, soal bungkus-membungkus ini memang bukan milik Gilang dan rektorat kampusnya yang sibuk memberi pernyataan sikap semata. Ini juga masalah kita semua, yang sudah lama dibungkus rasa egois dan gengsi, menutup mata dan telinga pada persoalan sosial di sekitar kita.

 

*) Ilustrasi oleh: Tiara Sakti Ramadhani

Menggambar dari Ngagel. Pemanah dan penggemar BTS profesional. Bisa dihubungi melalui akun Instagram @tiarasr.art.

Menangisi Gagalnya Nobar di Bioskop 0 286

Kepala Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif DKI Jakarta, Cucu Ahmad Kurnia, sudah fix menunda pembukaan bioskop yang seharusnya terjadwal 29 Juli ini, sampai waktu yang belum ditentukan. Tentu saja niatnya baik: demi memutus mata rantai penularan COVID-19, yang makin hari angkanya makin naik gak karu-karuan.

Di kolom ini tentu saja kita tidak perlu membahas efektivitas kebijakan menahan pembukaan sejumlah tempat hiburan malam dan bioskop, namun membiarkan tempat wisata lain (yang lebih banyak digunakan untuk pesepeda dadakan) tetap beroperasi.

Yang jelas, sebagian dari kita tentu mengeluh dalam hati. Rasanya bak diberi harapan tapi diputus tiba-tiba. Setelah lebih dari seribu bioskop di 52 kota di Indonesia tutup sejak 26 Maret 2020, mengurung jiwa-jiwa hedon kita. Berbulan-bulan loh gak nonton bioskop! Rasanya mau mati, kalau katanya influencer review makanan. Se-introvert-introvert-nya saya (maaf ngaku-ngaku), saya pun sama dengan kalian: rindu nonton bioskop.

Saya paham betul anyep-nya ketawa sendirian sepanjang nonton film genre komedi, dan sepinya menangis sendiri saat nonton adegan yang mengharukan. Saya sadar betul betapa gak mbois-nya nonton film di layar kecil HP, atau paling banter di layar laptop 14 inci. Saya juga gak bisa merasakan sensasi spiker D*lby all around you, apalagi layar Imax yang segede lapangan futsal itu.

Kita tentu rindu rasa-rasa ketika baru masuk gedung bioskop, mendengar teriakan mas-mas penjual popcorn supaya kita tertarik beli dagangannya, berasa artis yang disoraki fans. Kita tentu kangen sekali perjuangan mencari promo tiket melalui platform daring. Kita mungkin rindu rasa balap-balapan pre-order booking kursi untuk penayangan premiere film kesayangan yang sudah kita tunggu-tunggu serialnya.

Sudah lama juga ya rasanya gak makan popcorn, yang gara-gara saking asyiknya sampai habis duluan sebelum filmnya mulai. Sampai lupa rasanya pamer foto tiket nobar bioskop film yang sedang hype di Instagram Story—yang kalau teman-teman kita kebetulan sudah nonton duluan, kita wajib ancam mereka dengan segenap kekuatan jiwa-raga supaya mereka tidak spoiler.

Tentu jadi kerinduan bersama pula buat pegangan tangan dengan kekasih sepanjang film berlangsung—apalagi kalau filmnya horor (wes ngakuo ae, aku yo eruh modusmu!)—untuk saling menyalurkan rasa hangat tubuh, meminimalisir begitu br*ngs*knya dinginnya AC gedung teater. Hal sesederhana tertawa bersama penonton lain di adegan-adegan konyol, atau berteriak bersama ketika ada jumpscare, semua itu bikin kangen.

Kita semua memang bersedih dan tak kunjung kelar mengeluh dengan tertundanya pembukaan bioskop ini. Mengutuki dalam hati: koronah gatheeeel! Walau sebenarnya sudah ada Netflix yang sudah dibuka blokirnya oleh Indihome, atau aplikasi lain (dan website streaming ilegal yang belum diblokir pemerintah) yang bisa diakses, menambal kerinduan-kerinduan kita akan nobar di bioskop.

Tapi mungkin gara-gara kita sibuk berduka, kita sampai lupa ada yang nasibnya lebih terkatung-katung.

Ketua Umum Asosisasi Produser Film Indonesia menyebut, ada sekitar 15 proyek film yang gagal produksi tahun ini. Hal ini tentu berdampak pula bagi para sutradara dan kisah produksi mereka. Mulai dari Joko Anwar sampai Livi Zheng, semua gigit jari.

Para aktor dan aktris, walau setenar Reza Rahadian dan Tara Basro sekalipun, di masa begini, pupus sudah seluruh jadwal syuting yang telah tersusun rapi sepanjang tahun 2020. Jangan lupa keseluruhan kru film, yang dalam sekali pembuatan film, bisa ada 80-100 orang bahkan lebih. Bisa jadi, side job supir G*jek sempat melintas di benak mereka (atau bahkan ada yang sudah merealisasikannya) demi menyambung hidup.

“Loh kan filmnya bisa tayang secara onlen”. Mulut gampang bicara. Tapi bagaimana menggaji kru film dan biaya produksi yang bermiliar-miliar hanya dengan online streaming? Bagaimana caranya menutup kekurangan biaya 80-90 persen yang selama ini didapatnya dari bioskop?

Juga mereka, para reviewer atau kritikus film, tak lagi punya bahan untuk dikomentari. Tak lagi mereka mengirim tulisan untuk media, di mana juga berarti hilangnya sebagian besar penghasilan (dan passion) mereka.

Mbak-mbak penyobek tiket nontonmu, mereka yang membersihkan sampah bekas popcorn yang kamu tinggalkan begitu saja di kursi, tukang pel kamar mandi eks-eks-wan, mereka semua juga ingin kembali ke bioskop. Mereka yang harus dirumahkan, kena pengurangan gaji, atau bahkan PHK, semua sama kangennya dengan bioskop seperti kita, gaes!

Tapi, berbeda dengan kamu semua yang rindu mencari hiburan di tengah kebosanan, mereka ingin kembali ke bioskop karena rindu kembali bekerja.

Kata Kakak Anji: “Corona gak semengerikan itu kok”. Mungkin benar bagi sebagian orang, tapi tidak bagi mereka, para pejuang seni garda terdepan dan pekerja kreatif, yang sama sekali kehilangan pekerjaannya gara-gara Corona.

 

*) Ilustrasi oleh: Tiara Sakti Ramadhani

Menggambar dari Ngagel. Pemanah dan penggemar BTS profesional. Bisa dihubungi melalui akun Instagram @tiarasr.art.

Editor Picks