Menentukan Weton Kemerdekaan Catalunya 0 1453

Netijen mungkin akan sedikit asing ketika mendengar kata Catalunya. Akhir-akhir ini, nama itu kerap muncul dalam berbagai bahasan, dari  berita media sampai topik cangkruk diskusi santai.

Penggemar klub sepakbola Barcelona dan Espanyol (kalau ada) harusnya tak usah ditanya soal itu. Memang, kedua klub itu berasal dari Catalunya, sebuah daerah otonom di pinggiran Spanyol, yang kini sedang bersungguh-sungguh ingin merdeka dari negeri matador itu. Bahkan, 1 Oktober lalu, pemerintah di sana menggelar referendum (di Indonesia lumrah disebut coblosan) untuk mengepul suara rakyat: kalian mau merdeka atau tidak?

Sebanyak 90% dari total pemilih, tanpa tedeng aling-aling—tentunya dibarengi dengan ucapan basmalah—mendukung penuh kemerdekaan daerah itu. Maka, bila benar-benar berdaulat, pada pagelaran Piala Dunia selanjutnya dan seterusnya, kita bisa menonton Gerard Pique, Sergio Busquets, Cesc Fabregas dkk bermain dengan jersey garis-garis Catalunya yang mirip parpol itu.

Namun, referendum itu dianggap tidak sah oleh pemerintahan Spanyol sebab angka partisipasi hanya mencapai 43% dari sekitar 7 juta jiwa. Pemerintah tak sedang main-main dalam memperingatkan warga untuk berhenti menyatakan merdeka. Pantas saja, dengan bisikan revolusi yang bikin was-was macam itu, represi aparat kerap digunakan. Bentrokan pun berulang kali terjadi antara aparat dengan warga, hingga seringkali berbuah korban.

Spanyol sampai sekarang—dan selamanya—tak akan pernah berniat melepas daerah ‘emas’ itu. Mafhum, Catalunya menyumbang pendapatan dan devisa negara terbesar pertama (18,8 %), mengalahkan ibukota Madrid (17,6%). Dengan aliran duit yang sangat potensial seperti Meikarta, penulis berani bertaruh negara manapun tidak akan rela melepasnya. Kecuali, satu negara yang pernah kecolongan dua pulau plus satu provinsi yang telah jadi negara….

Warga Catalunya juga ngotot ingin pisah, sebab secara historis dan kultural telah jauh berbeda dengan Spanyol. Sejarah dengan cermat merekam konflik panjang antar Catalunya dan Spanyol, yang di era modern dijewantahkan dalam El Classico—pertandingan sepakbola termahal di dunia. Barcelona digadang-gadang mewakili semangat rakyat Catalan untuk pembebasan, sedang Real Madrid ialah wujud otoritas Spanyol yang arogan.

 

Hari Baik

Terlepas jadi merdeka atau tidak, biasanya Netijen—dengan segala kuasanya itu—akan mulai bersangka-sangka, turut membayangkan tanggal kemerdekaan bagi Catalunya. Seandainya saja warga Catalan tak naif, bisa saja mereka iseng-iseng browsing di internet tentang hari baik untuk mengadakan referendum atau proklamasi sekalian.

Bahkan, kalau mau sedikit repot, warga Catalan bisa tanya-tanya wong Jowo soal penentuan hari baik macam lamaran, nikah, pindah rumah, cari kerja, sunatan, tes ELPT dan segenap hajatan lain. Biasanya mereka memakai sistem weton atau penanggalan yang membagi hari jadi lima: legi, pahing, pon, wage, kliwon. Sistem ini umum digunakan untuk tanda kelahiran seseorang, sekaligus ramalan nasib baik-buruk.

Dalam penentuan hari, masyarakat Jawa juga menggabungkan weton ke penanggalan yang lebih modern. Lima hari itu disandingkan dengan Senin-Minggu ala Masehi. Sehingga, pengucapannya akan lebih mudah dipahami, seperti Senin Legi, Rabu Pahing, Jumat Kliwon. Plus, perayaan hari ulang tahun (baca: weton) versi tradisional ini lebih cepat, yakni tiap 35 hari sekali.

Berikut adalah beberapa rekomendasi hari agar Carles Puigdemont, pemimpin Catalan, punya pilihan bila sewaktu-waktu jadi merdeka:

Senin Wage, agar negara bisa memiliki laju pertumbuhan yang josh. Wage atau ­age-age berarti ‘cepat-cepatlah!’. Ditambah, Senin adalah saat di mana semangat buruh pekerja telah pulih dari libur akhir pekan.

Minggu Legi, sebab tiada hari kemerdekaan yang lebih baik dibanding digelar di hari Minggu. Asyiknya lagi, legi bisa melambangkan suatu kenangan yang manis.

Jumat Kliwon, biar terdengar seram bagi negara-negara lain.

Selain itu, tanggal kemerdekaan juga bisa dihitung 35 hari sejak hari ulang tahun Spanyol. Mbok ya, supaya terkesan tidak durhaka. Atau, coba pilih dari salah satu tanggal ultah pemain Barcelona—tentunya jangan orang Argentina itu, bisa-bisa tidak sesuai dengan visi negara yang berdikari.

Atau, ada baiknya para pemimpin Catalan itu langsung berkunjung ke Jawa, mencari tetua yang masih hafal sistem weton.

Aduh, untuk sistem kalender macam itu jangan cari di sini. Penulis takut tulisan ini jadi bid’ah…

Previous ArticleNext Article

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua Akan Korea Pada Waktunya, Tapi Gak Gini Juga 0 249

*) Ilustrasi oleh: Celine Anjanette

 

“Semua akan Korea pada waktunya”, begitulah kalimat yang dapat mewakili kondisi masyarakat negara +62.

Sempat menghina K-pop-ers dengan sebutan alay karena dianggap mengidolakan artis-artis negeri ginseng, kini wajah mulus tak bercela para artis Korea ramai kita jumpai di iklan-iklan merek lokal. Bisa dibilang para artis Korea tersebut dijadikan koentji dalam marketing produk dan jasa.

Kapan hari, internet diguncang berita aktris Felicya Angelista yang diwujudkan ngidamnya oleh sang suami untuk video call bersama pemeran Mas Mafia Vincenzo, Song Joong Ki (baca lagi: Wajah Ganteng Song Joong Ki dan Tabiat Penonton Drama Korea).

Usai viral karena dianggap fan yang beruntung, muncullah berita aktor “Space Sweepers” tersebut didapuk sebagai brand ambassador skinker milik Felicya, Scarlett Whitening. Hancik, cuma marketing ternyata. Hampir bersamaan, muncul lagi berita yang menyebutkan bahwa boy group TREASURE akan menjadi brand ambassador bimbingan belajar online “penguasa” stasiun televisi kita, Ruangguru.

Pemilihan artis Korea sebagai brand ambassador merek lokal bukanlah hal baru.  Tahun 2016 silam, aktor “The Heirs” Lee Min Ho didapuk jadi brand ambassador Luwak White Koffie. Kemudian, cara ini diikuti oleh Mie Sedap yang menjadikan Siwon “Super Junior” sebagai brand ambassador-nya untuk mempromosikan mie rasa ayam pedas korea. Lalu, disusul Tokopedia yang membuat kita ter-kamcagiya (kaget) dengan menggandeng boy group terpopuler segalaksi bima sakti dalam promosinya.

Memang menggandeng artis Korea bisa menjadi jalan ninja untuk mempopulerkan merek produk atau jasa. Merek tersebut akan seketika menjadi buah bibir para fans artis Korea, baik membicarakan artis idola mereka atau sangking tajir melintirnya perusahaan tersebut.

Buktinya, permen Kopiko selalu menjadi buah bibir dan viral setiap permen rasa kopi tersebut muncul di adegan-adegan drama Vincenzo dan Mine. Benar-benar tidak rugi setelah menggelontorkan miliyaran rupiah!

Selain menjadi populer, produk atau jasa dijamin akan laris manis setelah memilih artis Korea sebagai bintang iklan mereka. Itu karena kesetiaan para fans artis Korea untuk mendukung artis idola mereka yang tidak dapat diragukan lagi.

Masih ingat kan dengan kasus antre menu BTS Meal dari McDonald’s? Jangankan dijadikan bintang iklan, lha wong barang yang “nampil” di siaran langsung artis Korea saja bisa ludes dibeli para fans.

Mungkin Korean celebrity endorsement bisa menjadi marketing tool yang sangat efektif, tapi mbok ya artisnya disesuaikan dengan mereknya. Misalnya, pemilihan boy group TREASURE sebagai brand ambassador Ruangguru. Jujurly, menurut saya sangat aneh karena boy group ini tidak memiliki sangkut paut dengan dunia pendidikan.

Masih banyak artis yang terkenal memiliki prestasi akademik semasa sekolah seperti Cha Eun Woo “ASTRO” atau Giselle “aespa” yang lebih bisa merepresentasikan merek tersebut.

Dan anehnya lagi, produk dan jasa yang memakai artis Korea tersebut tidak merambah pasar Koerea Selatan. Saya bisa memaklumi Kopiko yang mengeluarkan uang miliyaran rupiah untuk menjadi sponsor beberapa drama korea, karena mereka memang memasarkan kopi tersebut ke sana.

Tapi, bagaimana dengan Scarlett Whitening? Apakah Anda yakin wajah putih mulus Song Joong Ki didapat dari memakai produk tersebut, lha wong produknya aja tidak ada di sana.

Meski menjadi marketing tool yang efektif, saya berharap Korean celebrity endorsement ini tidak dijadikan tren yang “wajib” diikuti. Masih banyak, kok artis Indonesia yang mampu merepresentasikan sebuah merek, apalagi untuk menjadikan iklan menjadi viral.

Contohnya  pemilihan komika Babe Cabita sebagai brand ambassador menjadikan iklan MS Glow menjadi viral. Meski banyak yang sewot karena Babe Cabita kurang ganteng, tapi menurut iklan tersebut sangat realistis dan relatable. Karena, wajah Babe Cabita yang lebih glowing seusai menggunakan produk MS Glow jauh lebih bisa dipercaya dari pada wajah mulus Song Joongki usai menggunakan skinker lokal, hehe.

 

 

Panduan Killing Time 12 Tahun untuk yang Terkasih, Pak Juliari 0 252

*) Ilustrasi oleh: Tiara Sakti Ramadhani

 

Majelis hakim Pengadilan Tipikor sudah ketok palu vonis terhadap mantan Mensos Juliari Peter Batubara 12 tahun penjara dan denda 500 juta subsidair 6 bulan kurungan. Juliari terbukti sah menerima suap 10 ribu rupiah per bansos alias 32,4 M kalo dikumpulin.

Kami gak mau membuli seperti yang mahabenar tuan dan nyonya netijen. Kami tahu, betapa tersiksa batin Pak Juliari yang kami kasihi. Kalo katanya arek-arek saiki: sudah kena mental.

Apalagi, Bapak sempat memohon belas kasih buat meringankan hukuman, karena tak bisa membayangkan akan meninggalkan anak istri di rumah. Sungguh sebuah teladan family man bagi kaum penerus bangsa. Poin ini lebih membuat kami tak tega menambah-nambahi beban Bapak dengan sumpah serapah (karena porsi itu sudah diamalkan netijen dengan sebaik-baiknya).

Untuk itu, pada kesempatan ini, kami justru ingin memberi sejumlah saran: panduan mengisi waktu selama nanti di kurungan. Tujuannya tentu agar Bapak tidak cepat bosan.

Panduan ini kami rasa manjur buat Bapak. Karena, sebagian besarnya sudah kami lakukan selama 1,5 tahun ke belakang, yang harus banyak-banyak di rumah karena terdampak pandemi (dan terdampak dapet bansos kualitas jelek gara-gara anggarannya dipotong).

Ini yang pertama, Pak. Bapak tentu ingat kopi dalgona yang sempat tenar itu. Sudah lama sekali tren membuatnya ditinggalkan dengan begitu cepat. Ada baiknya tren ini dihidupkan kembali.

Ikuti panduannya ya, Pak! Campurkan kopi hitam sachet pahitnya kehidupan dengan air panasnya neraka bagi koruptor. Kemudian aduk terus menerus dengan rasa ego sampai berbusa dan meluapkan keserakahan. Terakhir, letakkan buih kopi itu di atas segelas susu Bear Brand yang masih aja 15 ribu sampe sekarang. Selamat menikmati!

Cara ini cukup mudah Pak. Kami rasa, meminta kopi dan susu ke sipir penjara bukan suatu hal yang neko-neko kok. Pasti dikabulkan. Wong minta kamar VIP aja (udah pasti) dilayani kan, hehehehe.

Kedua, era pandemi ini eranya webinar, Pak. Hidup ini gak afdol kalo belum ikut webinar, minimal sekali seminggu. Tentu posisi Bapak bukan sebagai peserta yang cuma nunut “izin nyimak”. Pak Juliari mah pantesnya narasumber utama, keynote speaker.

Tema yang cocok tentu: “Say No to Korupsi!”. Masyarakat di Indonesia kita tercinta ini Pak, lebih percaya testimoni daripada hasil riset, soalnya mereka males baca. Kita lebih suka motivasi dari mereka yang telah berpengalaman dan sukses, ya seperti Bapak ini.

Materinya sederhana, Pak. Boleh dilengkapi power point yang eye-catching biar keliatan berkredibel. Inti pembicaraannya cuma ini: “Sumpah gais, dipenjara itu gak enak. Plis jangan korupsi! Ini gak di-endorse ya. Real testi”

Sasaran peserta buat webinar ini luas banget, Pak. Mulai dari pejabat rt-rw, sampai lingkaran pertama kayak jabatan terdahulu Bapak. Materinya bakal relateable. Dan semoga mampu menyadarkan mereka biar kapok korupsi. Yah, meskipun kalimat terakhir ini kayaknya utopis hehe.

Ketiga, coba deh, Pak, mulai nonton drama korea. Atau kalau langkah itu masih terlalu ekstrem buat Bapak, minimal nonton video klip boyband dan girlband korea. Saya jamin sih nagih, pengen lagi, pengen terus.

Bapak juga harus ingat, sebagian dari netijen kita ini penggemar apa-apa yang berbau Korea, Pak. Apapun yang trending nomer 1 di Twitter sudah pasti adalah hasil cuitan akun berfoto idol Kpop yang substansinya gak nyambung sama sekali sama topik yang lagi dibicarakan. Itu sudah pertanda seberapa menguasainya populasi mereka di alam dunia maya.

Artinya, ini bisa jadi langkah strategis Bapak untuk menguasai mereka. Mulai dengan menyukai apa yang mereka sukai, dekati, rayu, dan jadi akrab sama mereka. Bila perlu, kita bisa bikin ruang diskusi di Clubhouse yang bahas soal drakor terbaru, Pak.

Hukuman Bapak cuma empat tahun untuk tidak dipilih dalam jabatan publik. Empat tahun itu cuma kurang dari 1 periode presiden, Pak. Bentar itu, mah. Selanjutnya, netijen Korean wave yang sudah mencintai Bapak, tetap bisa menghantarkan Bapak ke kursi tertinggi di dunya ini.

Yah kalo impian ini sulit terwujud, setidaknya Bapak nanti tinggal ganti nama jadi JPB, bikin Youtube, dan bismillah komisaris BUMN.

Demikian panduan ini dibuat dengan sepenuh hati Pak. Kami percaya Bapak pasti bisa melalui cobaan ini semua dengan kepala tegak dan kebanggaan di dada. Kalo kami aja bisa melakukan hal-hal ini selama setahun di rumah aja, Bapak juga pasti bisa, tinggal dikaliin 12.

Editor Picks