Mengapa Nana, Kemana Nana? (Mengawal Sebulan Kepergian ‘Si Primadona’ dari Layar Kaca) 0 734

*Ilustrasi: Abduh Rafif Taufani (@yth.rafif)

*Ilustrasi: Abduh Rafif Taufani (@yth.rafif)

Genap sebulan sudah sejak episode pamungkas Mata Najwa yang diberi judul ‘Catatan Tanpa Titik’ 30 Agustus lalu. Terhitung semenjak itu, khalayak semesta raya mengaku patah hati. Bahkan yang lebih radikal, mereka bilang tak punya alasan menonton televisi lagi karena tumbangnya salah satu (tapi bisa jadi satu-satunya) program berkualitas di tanah air. Banyak yang menyayangkan keputusan – yang katanya jeda itu – setelah tujuh tahun Mata Najwa digemari pemirsa dan 17 tahun tuan rumahnya melalangbuana di dunia jurnalistik, lebih tepatnya di perusahaan media (Pak Brengos).

Alih-alih benar-benar menghilang dari peradaban, Najwa kini hanya pindah media. Mudah sekali menjumpainya di berbagai platform dunia maya, mengintip segala kesibukannya sebagai Duta Baca, atau bahkan membuat ‘Mata Najwa mini’ melalui media sosialnya. Terhitung sudah dua kali wawancara dengan pejabat publik ia lakukan. Setelah Masinton Pasaribu (anggota Pansus KPK) yang naik tayang 21 September, kemudian merambah ke ‘Emaknya Duit’ (Sri Mulyani Indrawati) 28 September. Singkat kata, toh Najwa tidak mungkin akan dirindukan lagi, wong dia selalu ADA.

Menarik pembahasan pada masa lalu dan kepribadiannya, Najwa dan segala hal tentangnya selalu menyita perhatian. Acaranya keliling pelosok Indonesia sampai ke mancanegara, tak pernah sepi peminat bahkan meraih Rekor MURI. Kegilaan ini bisa semakin tak terperikan apabila tidak ada iktikad baik dari Najwa untuk megurung diri sebagai jurnalis, bukan artis (sehingga tidak ada fanbase, fandom, fangirl, dan fanboy). Lalu kemudian, mengundang sukma kita untuk bertanya-tanya, apa yang membuat Najwa dibuntuti penggemar (yang militan)?

Pertama, baiklah harus diakui serta wajib mengagumi kecerdasan, ketajaman, dan kekritisan wanita Virgo ini saat melempar pertanyaan kepada para pemuka teras Senayan. Tidak bisa dipungkiri, bahkan para pejabat seringkali mangkir jika dipanggil karena takut digurui. Atau yang lebih parah, citra baik terkuliti karena gagal menjalankan amunisi politisi: menjawab sok diplomatis jika sudah di depan Nana. Istilahnya, kyainya para pejabat sudah kalah telak dengan jampi-jampi Nana sebelum ‘manggung’.

Kedua, ini yang paling penting, Nana adalah primadona dalam panggung talkshow terbaik sejagad raya ini. Jika talkshow politik di televisi berlogo rajawali ini dibawakan oleh jurnalis lain yang sama kapabilitasnya, kita tak bisa menjamin bahwa rakyat akan tetap mencinta sehebat menggilai Mata Najwa. Ini semua adalah faktor seorang Najwa, walau pada akhirnya kita harus salut akan sikap membuminya yang menyebut-nyebut nama Citra (si produser) dan kawan-kawan tim di balik layar.

Jika kita berandai-andai – tak masalah jika sedikit nakal – kalau Quraish Shihab bukan abinya Nana, apakah Mata Najwa tetap akan jadi program talkshow terbaik? Kalau bukan Nana, apakah stasiun televisi milik petinggi partai (anteknya rezim kotak-kotak) itu bisa naik daun karena program unggulannya?

Najwa memang punya aura ajaib, harus diakui. Pasalnya jika disandingkan dengan Andini Effendi, Aviani Malik, Zilvia Iskandar, dan jurnalis senior wanita lainnya jebolan perusahaan pers yang sama, mereka belum seberapa. Bahkan, akui saja jika nama-nama barusan harus diketikkan pada kolom pencarian Google terlebih dahulu untuk pembaca sekalian dapat mengenalinya.

Segala faktor keindahan yang melekat pada Nana inilah yang kemudian dijadikan senjata jitu bagi stasiun televisi (yang beruntungnya) jadi payung pelindungnya untuk menembakkan peluru-peluru, membuat penonton keblinger dan tersihir mantranya, jadi tergila-gila dan kecanduan nonton setiap malam Rabu menjemput.

Menilik lebih lanjut, pertanyaan kemudian yang muncul adalah: mengapa harus sekarang? Seakan timing resignnya Nana setelah episode Novel Baswedan adalah yang maha-tepat. Kemudian pemirsa budiman jadi berspekulasi ala-ala ‘grup Whatsapp’. Mulai dari kemungkinan ada intervensi politik setelah wawancara penyidik senior KPK itu, sampai Nana mungkin mau pindah stasiun televisi sebelah. Atau yang lebih lucu lagi, Nana mungkin dilamar Jokowi jadi menteri! Tebak-tebakan ini merebak di kalangan warga, sembari yang dibicarakan baru saja piknik ke Bangkok.

Tanpa kita sadari, pola yang sama juga pernah ditunjukkan personil lainnya. Satu dekade lalu, stasiun televisi yang sama ini juga kehilangan ‘buruh’ unggulannya Andy F. Noya. Dengan versi yang lebih ekstrim, Andy berhenti ketika baru genap setahun Kick Andy berdiri dan setelah 40 tahun perjuangannya berdarah-darah sebagai ‘kuli tinta’. Justru keluar dari korporasi, ia merintis Kick Andy Foundation dan kini tak pernah absen tetap menduduki kursi host program tiap Jumat itu.

Sekali lagi berandai-andai, apakah Nana akan menganut pola yang sama?

Dalam buku biografinya, Andy mengaku ingin keluar dari comfort zonenya sebagai pimpinan redaktur tertinggi, alasan yang sama dengan yang diakui seorang Najwa Shihab di mata dunia. Andy mengundurkan diri tepat ketika karirnya di awang-awang dan ketika programnya terlanjur dicintai masyarakat, motif yang sama kok juga terjadi pada Mata Najwa. Jangan-jangan…

Spekulasi, ramalan, dan gossip bisa saja diciptakan netizen (yang katanya pengangguran). Yang terlanjur menghamba pada Mata Najwa tentu saja secara radikal menangisi kepergian yang sudah sebulan ini. Sisanya, mari kita tunggu apa kelanjutan si primadona! Ke mana lagi ia akan menyerbu ‘mangsa’?

 

-Putri Demes Dharmesty-

Previous ArticleNext Article

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bertaruh pada Iqbaal: Kita Buktikan Nanti di Bioskop 0 466

Oleh: Jesslyn Giovanni*

Disclaimer: iya, ini akan jadi taruhan yang sinis. Tapi toh masih dalam batasannya. Terutama calon penonton perempuan, jujur sajalah dengan niatmu datang-duduk di depan layar lebar.

Pembaca, mari kita buka tulisan ini dengan tiga taruhan. Kita buktikan nanti di bioskop. Oke, kita mulai.

Satu, Bumi Manusia nanti akan lebih banyak ditonton perempuan. Kenapa? Karena ada Dilan. Mampus kau diremuk rindu! Ah, panglima tempurku, dilanku. Hmm. Bahkan sudah muncul meme yang bertuliskan “Dialah Minkeku 1920”. Uh. Tolong poo, ya Gusti..

Dua, penonton nanti akan berduyun-duyun, berjamaah ke gedung bioskop untuk menunaikan ibadah Iqbaal. Kenapa? Karena doi udah pasti jaminan selera, baru lulus college di Amiriki, kemarin jadi Dilan dan sekarang Minke pula! Uh.. beruntungnya terlahir ganteng nan cerdas. Jangan lupa bersyukur, Bal.
Lumayan buat bahan cuci mata, kan? *Belum lagi kalau ada meet and greetnya juga. Beh, banjirlah bioskop itu dengan gelombang perempuan fanatik dan histeris ingin menjamah Dilan! Eh, Iqbaal..

Huh, bisa dibayangkan!
Tiga, penggemar Pramoedya yang membaca Bumi Manusia kemungkinan akan kecewa dengan usaha adaptasi ini. Kemungkinan. Sekali lagi, pembuktiannya hanya nanti ketika tayang.
Ada beberapa alasan. Terutama jelas soal eksekusinya, penyajian dan pendalaman karakternya, dialog-dialog dan penjiwaannya, penggambaran suasana dan latarnya, hubungan dan penonjolan karakter-karakternya, isu-isu kolonialisme dan feodalisme serta intrik-intrik cinta dan latar belakang karakter mereka hingga jadi seperti itu.

Semua hal itu yang begitu membuat Bumi Manusia hidup. Parahnya, jika justru penonton datang menonton semata-mata karena Iqbaal jadi Minke. Nah ini yang kacau, jangan sampai terjadi! Karena lantas bagaimana Nyai Ontosoroh alias Sanikem? Jean Marais? Robert Mellema dan Babah Ah Tjong? Darsam juga? Maiko? Bagaimana mereka ditampilkan? Penulis menantikan bagaimana Falcon Pictures dan Hanung, tak lupa Salman Aristo meramu semua karakter itu? Bukan hanya Minke sebagai pemeran utama, loh ya. Kan jelas kalau mereka-mereka itu bukan sekedar tokoh pendukung toh. Minke dibentuk menjadi Minke yang kita -pembaca Bumi Manusia- kenal oleh sebab perjumpaan dengan semua karakter-karakter itu.

Kekhawatiran penulis, Bumi Manusia ini nanti rawan sekali mengeksploitasi hanya hubungan Minke dan Annelies saja. Dua alasan. Satu, mengingat Falcon dan dua film terakhir keluaran mereka yang menawarkan kisah cinta-cintaan. Dua, karena hubungan Minke dan Annelies yang memang manis sekali. Itu yang jadi kekhawatiran.

Tidak penting ini film soal apa. Masa bodoh ini siapa penulisnya. Persetan juga dengan tetraloginya. Uh, satu serinya saja 500 halaman, siapa mau baca? Koran saja tidak disentuh, mana mungkin baca Pram?
Yang penting Iqbaal, Iqbaal, dan Iqbaal. Yang penting tembus enam juta penonton dalam seminggu. Yang penting viral. Yang penting untung.
*Yang penting tiketnya saya bayar sendiri, saya update, sukur-sukur meet&greet bisa foto bareng Iqbaal, saya senang. Masalah buat Anda? 

Jika sampai itu yang terjadi, Pram bisa jadi murka dari kuburnya. Yakin. Meskipun akhirnya memang diapresiasi dan digarap orang Indonesia sendiri. Mungkin juga mengutuki produser, sutradara, rumah produksi, penulis skenario semua kru sampai pemeran-pemerannya. Semua.
Semua itu terbayangkan jika pada  akhirnya, karyanya “didagangkan” saja, dipancing orang datang dengan pemeran yang menggoda iman. Apalagi cuma menang tampang. Kacau.

Begini, bukan maksud penulis menghakimi Iqbaal. Hei, soal kamu ganteng memang bener, Bal!
Kekhawatiran ini muncul karena melihat bagaimana Dilan 1990 dan Teman Tapi Menikah disajikan, cukup miris. Jelas itu strategi Falcon. Aktor-aktris jaminan selera pasar yang sanggup menggaet penonton digathuk-gathukno, promosi dibesar-besarkan dan padahal toh filmnya tidak sefantastis itu.
Mengadaptasi novel legendaris dari penulis yang legendaris pula tentu tidak mudah. Makanya, kekhawatiran wajar saja kalau muncul, kan?

Semoga karena pertaruhan yang besar dan beresiko ini, Hanung bisa mengarahkan dengan baik dan memuaskan. Semoga juga Salman Aristo menggarap skenarionya dengan benar. Semoga karena ini karya Pramoedya Ananta Toer kemudian penggarapannya tidak main-main!
Intinya, penulis hanya mewanti-wanti. Ini bukan film cinta-cintaan tok. Ada baiknya pembaca segera membaca novelnya dulu, Bumi Manusia, sebelum melihat filmnya. Jangan membaca setelah menonton, banyak bohongnya kalau itu. Agar dapat tahu dan bersama-sama merasakan, siapa Minke dan bagaimana dia sebenarnya dengan pertemuan langsung dengannya melalui Bumi Manusia. Agar pembaca dapat berkenalan dan mengenal siapa Annelies, Nyai Ontosoroh, Robert Mellema, Jean Marais, Magda Peters, Doktor Hartinet, dan cerita-cerita hidup mereka dan keadaan saat itu. Saat-saat akhir abad 19.

Sungguh, jangan hanya datang karena ada iming-iming Iqbaal Ramadhan. Sekali lagi jangan! Gak ridho..
Diimpeni Pram!

P.S. : Taruhannya buka bersama, tempat dan waktu janjian aja. Ehe. Tapi ya jumlah terbatas, karena modalnya juga terbatas.

*Penulis adalah mahasiswi salah satu Perguruan Tinggi Surabaya. Doyan nonton dan traktiran.

 

Mencari Wewangian di Muka Bumi: Review Aroma Karsa Dewi Lestari 0 265

Oleh: Polikarpus Ivan*

Tulisan ini dibuat atas subyektifitas penulis menelaah rentetan kalimat yang kaya akan aroma buku. Novel ke-12 karya Dewi Lestari, Aroma Karsa, ini berhasil membius sebagian besar pembaca dan sejawat penulis dengan keterpaduan imajinasi dan realitas. Keberhasilan Dee itu direngkuh dari proses riset selama 4 tahun. Salah satunya dengan cara membuat sebuah akun digital tribe di Facebook.

Dee memberikan pendekatan dengan mengirimkan cerbung setiap part-nya ke pembaca yang tergabung dalam akun media sosial tersebut. Komentar yang diberikan oleh netizen inilah yang menjadi salah satu alasan untuk selalu merevisi novel Aroma Karsa hingga mencapai cita-rasa yang sempurna. Pola cerita sekuel yang dihadirkan ini disatukan dalam novel cetaknya yang dirilis pada bulan Maret tahun 2018. Dee memang dikenal sebagai penulis yang inspiratif dan tabah dalam berproses. Ketabahannya mampu merealisasikan imajinasi yang liar namun tetap terasa akrab bagi para pembaca.

Ini cerita tentang tokoh unik Jati Wesi, seorang pemulung yang terampil dengan hidung tikus yang dimilikinya. Segala aroma datang menghardik hidung Jati tanpa pernah minta izin. Akibat kekuatan yang dimilikinya itu, Jati merasa berbeda dengan teman-teman pemulung yang lain di TPA Bantar Gebang. Perbedaan itu membawanya untuk memulai untaian perjalanan hidup yang besar dalam pencarian jati diri Jati Wesi.

Sensitifitas Hidung Tikus milik Jati, membuatnya mudah mengenali dan memilah macam-macam aroma. Mulai dari yang paling menakutkan seperti bangkai bayi hingga yang menyejukkan seperti parfum-parfum terpopuler yang ia produksi ulang di toko parfum Attarwalla. Syahdan, ia lantas diberi tugas oleh Raras Prayagung: menemukan bunga wangi Puspa Karsa sekaligus mencari ‘rumah’.

Dee menarasikan 2 ruang yang berbeda antara di TPA Bantar gebang dan rumah mewah milik Raras Prayagung, pemilik produk parfum Kemara. Kedua ruang ini memiliki tempo kehidupan yang berbeda jika dibandingkan dengan tayangan opera sabun yang digandrungi sebagian besar ibu rumah tangga. Tidak seperti opera sabun Indonesia yang mempertemukan mereka dengan suatu kebetulan yang dipaksakan, ruang ini berjalan berirama hingga mencapai keterpaduan ketika Jati menjadi bagian dari keluarga Raras Prayagung. Jurang kelas itu luntur dengan settingan logis yang menjadi grand design antara masing-masing karakter yang ada. Jati juga menemukan cinta kepada makhluk yang masih ‘satu jenis’ dengannya. Kepekaan mereka terhadap bau membawa romansa tersendiri yang tentu dengan tujuan akhir mencari ‘rumah’. Macam aroma yang dihadirkan Dee seakan merangsek masuk kehidupan pembaca dengan berhasil membaui tubuh kita, parfum kita atau jati diri kita. Aroma itu menyerahkan diri dalam setiap kelikir kehidupan Jati.

Penekanan spiritual diceriterakan pada bagian pencarian bunga Puspa Karsa. Dee menarasikan obsesi Raras untuk mencari bunga itu dengan melakukan segala cara, salah satunya memaksa orang terdekatnya. Menjadi seorang Presiden Direktur Kemara tidak lagi menarik bagi Raras, seolah itu hanya batu loncatan untuk memenuhi ambisinya yang lain. Ambisi pencarian Puspa Karsa untuk direproduksi dalam botol kaca diyakini sebagai denyut terakhir yang akan melanggengkan Kemara sepanjang masa. Berdasar lontar kuno milik Janirah, neneknya, dan penemuan prasasti di Planggatan, Raras yakin bahwa Puspa Karsa bukanlah sebuah legenda. Data-data lain menunjukkan bahwa Puspa Karsa terletak pada jalan pendakian tengah Gunung Lawu, yang konon katanya sebagai tempat pertama turunnya dewa-dewi di pulau Jawa. Dee menggambarkan sosok Raras yang serba ada, kaya luar biasa masih bisa terpengaruh oleh hal klenik yang digaungkan oleh nenek moyangnya. Seakan menjadi penanda bagi orang-orang kaya yang mungkin masih mengandalkan pesugihan untuk melanggengkan harta mereka. Fenomena itu masih sering dijumpai di beberapa gunung keramat di Jawa seperti Gunung Lawu atau Gunung Kawi. Di dunia modern seperti sekarang ini, masih banyak lumbung-lumbung aliran animisme dan dinamisme bagi para pengikutnya yang setia.

Setiap awal, akhir, titik, jeda memberikan ruang reflektifitas akan relevansi yang dapat ditarik dari imajinasi dan realitas novel Aroma Karsa. Kekuatan dalam membangun cerita menjadi tolak ukur Dee untuk tidak memberikan celah irasional kepada para pembaca ketika mewacanakan hal yang berbau legenda. Entah, memang bakat ini anugerah atau perlu latihan yang cukup lama. Dee telah berhasil menjadi legenda baru dalam dunia penulisan yang menyeimbangkan antara yang khayalan dan kenyataan.

*Selain sebagai mahasiswa di Perguruan Tinggi Surabaya, Poli–begitu jejaka ini biasa disapa–juga aktif dalam kajian dan produksi sinema. 

Editor Picks