Persoalan Klasik Cinta Beda Agama 0 1674

Cinta beda agama kembali dipopulerkan dalam dunia persilatan sosial. Barangkali pembaca bersedia menengok ke media gaul instagram, khususnya akun-akun yang tendensius pada remaja: @kata2anak.remaja, @remaja.gaul.islami,@felixsiauw, atau langsung saja ke tagar #cintabedaagama.

Di sana akan kita jumpai berbagai dinamika yang meliputi adik-adik ini. Jika sampeyan mau lebih radikal menelusuri kolom komentar dalam sebuah postingan dan berani membuka salah satu akun yang terlibat, maka sampeyan tidak akan menyangka bahwa anak-anak sekolahan pemikirannya telah menyamai buronan mertua macam Habib Rizieq.

Imutnya, remaja jenis ini tidak membahas permasalahan yang paling dekat dengan mereka. Seperti, guru yang mengajar sudah kayak militer, kantin kotor yang tidak peduli lingkungan sehat, bangunan yang tidak kunjung direnovasi, bahkan mahalnya biaya belajar menjadi topik yang kurang laku. Pernah, sih, siswa-siswa ini kritis, ya, waktu mereka diancam untuk sekolah sepanjang hari oleh kakanda Muhadjir Effendy.

Padahal kan niat beliau baik: kalau kalian sekolah terus, nanti bisa dapat inspirasi untuk menulis caption. Setidaknya jika kalian yakin dengan peraturan ini, usahakan kalian bisa menyesuaikan cara belajarnya, niscaya sampai lah kalian pada tujuan kapitalis. Raimu!

Jadi begini

Pernah sekali saya dikaruniai kesempatan melihat sebuah postingan yang tulisannya begini, “kadang Tuhan menguji manusia dengan cinta beda agama, hanya untuk memastikan apakah manusia lebih mencintai Pencipta atau CiptaanNya” (akun disamarkan agar tidak dikoyak-koyak netijen).

Selain menggambarkan Tuhan sebagai pengecut yang sampai harus memastikan hambanya beriman atau tidak, saya juga curiga di balik pernyataan itu terdapat wacana penistaan agama jilid 2. Kira-kira penafsirannya begini, “Tuhan menguji keimanan hambanya dengan mempertemukan dia dengan hamba dari Tuhan lain dan menjadikan mereka jatuh cinta. Lalu kedua Tuhan itu memasang taruhan untuk hamba yang paling kuat imannya, tapi nahas, sepasang hamba tersebut dipisahkan oleh sekelompok ormas ketika sedang asik berpacaran – tamat” (apasih!).

Saya takutnya kalau adik-adik ini terlanjur kecewa dengan konsep cinta beda agama, tidak menutup kemungkinan mereka akan menjadi seorang ateis. Pastinya posisi itu bakal tambah mempersulit mereka mencari jodoh. Di negeri ini kan enggak ada orang ateis, sekalinya ada, pasti karena dia belum selesai baca pengantar filsafat.

Walau di tempat kita ateis kadang termarjinalkan, sesungguhnya mereka tetep keren, kok. toh, mereka juga bangga dengan kepercayaan mereka: mempercayai ketiadaan. Status mereka sebagai ateis diusahakan sendiri melalui proses dialektika yang panjang. Meski ada juga yang baru baca pengantar filsafat langsung ateis, maba biasanya begini.

Ateis memegang prinsip dan mempertahankan keidealisannya sebagai pengkhianat umat. Nah! kalau kafir itu sifatnya kondisional. Misalnya pas lagi berjualan pedagangnya ternyata kafir, atau saat sedang pemilu/pilkada calon yang diajukan orangnya kafir, pokoknyaada kontes politik pasti ada kafirnya.

Andai semua orang sadar bahwa cinta adalah cara lain Tuhan menyatukan hambanya setelah agama dan uang. Tentu adik-adik kita yang terkena musibah cinta beda agama tidak akan mengalami keresahan hingga larut dalam kesedihan di media gaul Instagram. Ateis dan kafir pun merdeka.

Dan semoga jangan sampai mereka menjadi ateis hanya karena merasa salah memilih agama (kurang keren alasannya). Dan semoganya-semoganya lagi, jangan sampai mereka menjadi kafir hanya karena salah memilih partai.

Cinta beda agama memang sudah menjadi persoalan lama, apalagi mereka yang bersemi di SMA (soalnya kalau pesantren gak mungkin beda agama). Makanya itu, perlu diberikan juga pembekalan moral, pendidikan karakter, pembentukan tabi’at, yang hanya bisa didapatkan dengan cara menguji kepekaan sosial atau terjun langsung ke masyarakat (lha, kalau seharian di sekolah, terus kapan terjunnya, kak?!).

Mengutip perkataan Tan Malaka dalam Madilog, “Bila kaum muda yang telah belajar di sekolah dan menganggap dirinya terlalu tinggi dan pintar untuk melebur dengan masyarakat yang bekerja dengan cangkul dan hanya memiliki cita-cita yang sederhana, maka lebih baik pendidikan itu tidak diberikan sama sekali!”

Semisal nanti mereka sudah dewasa (akil baligh) secara pemikiran dan siap berkelana mencari jalan hidup, maka keresahaan seperti cinta beda agama akan mudah saja diatasi. Mengutip quotes netijen, “Jarak terjauh itu ketika Assalamualaikum dibalas dengan Shalom…”. Tapi percaya lah, dik, sebenar-benarnya jarak ialah ketika kita ini menjauh dari persoalan wong cilik!

Previous ArticleNext Article

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Polemik Hubungan Asmara KPK 1 103

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah memasuki usia 17 tahun. Sebuah batas usia yang sesuatu kalau buat manusia. Ketika seluruh organ reproduksi sudah memasuki masa subur. Ketika seseorang sudah tidak perlu sembunyi-sembunyi membeli minuman keras dan rokok di supermarket. Ketika seseorang juga sudah sah mengendarai kendaraan menembus jalanan.

Di samping itu, usia dewasa menjadikan seseorang juga dianggap bisa menentukan arah hidup sendiri. Seseorang sudah dipercaya memiliki kesadaran penuh bahwa seluruh tindak-tanduknya memiliki risiko tersendiri.

Tapi tidak dengan KPK. Justru, di tengah kesuksesannya yang makin hari makin dipercaya rakyat, ia malah dikuliti dan dilemahkan atas dasar wacana revisi Undang-undang KPK. Yang diberi dewan pengawas lah, yang dibatasi penyadapannya lah. Ada saja caranya agar DPR ke depan tidak banyak yang kena OTT lagi.

Pembahasan revisi UU ini sengaja dimunculkan bersandingan dengan agenda pemilihan calon pimpinan baru, menggantikan jabatan Agus Rahardjo dan kawan-kawan. Sejumlah nama kemudian disepakati 13 September lalu sebagai pucuk pimpinan tertinggi KPK, setelah melalui formalitas fit and proper test.

Rentetan musibah yang menimpa lembaga independen pembasmi rasuah ini begitu panjang. Sungguh dukacita mendalam bagi mereka para pegiat anti-korupsi garis keras.

Entah layak disandingkan ataupun tidak, penulis hendak menguatkan hati pembaca sekalian. Bahwa penderitaan KPK sama-sama bertubi-tubinya dengan penderitaan atas nama cinta milik qlean semua!

Berikut ini daftarnya:

Kadaluarsa kepercayaan

Wacana pembentukan dewan pengawas bagi KPK menuai kritik sana-sini. Tapi, dalih penjagaan KPK agar sesuai fungsi utamanya selalu diusahakan anggota dewan. Bahkan, hampir seluruh capim mempertegas dukungannya terhadap kehadiran dewan pengawas. Jika lembaga pers yang independen pula saja punya dewan pers, seharusnya KPK juga punya, begitu tukas mereka.

Padahal, menurut Lembaga Survei Indonesia, KPK adalah lembaga teratas yang mendapat kepercayaan publik. Polisi, pengadilan, apalagi partai politik dan DPR jauh tertinggal di bawah. Mulai dari 2016-2018, tingkat kepuasan rakyat akan kinerja KPK dalam memberantas korupsi sangat tinggi, di angka 70%.

Jika rakyat sudah percaya, mulut dan tangan KPK mana lagi yang kau dustakan? Kenapa masih butuh dewan pengawas seakan-akan ke depan KPK akan melanggar hakikatnya?

Sama seperti kamu-kamu semua, yang sudah sangat percaya dengan sang pacar. Jika mas/mbak pacar dipercaya setia denganmu seorang, kan gak mungkin to kamu repot-repot stalking, pasang penyadap, atau bahkan menyewa mata-mata untuk mengawasinya?

Eh tapi, kepercayaan pada manusia itu kan sifatnya dinamis ya? Yang di awal pacaran setia, bisa saja besok lusa selingkuh loh! Hehe.

Ndablek

Sudah sekian juta orang menasehatimu untuk tidak memacari doi. Mereka bilang, reputasi doi  buruk dan akan membahayakan masa depanmu kalau masih terus dipaksakan. Tapi kamu tetap ndablek, tetap membuka hati dan mengobral kasih sayang.

Seperti itu mungkin sikap DPR ketika memutuskan untuk memenangkan Firli Bahuri secara mutlak: 56 suara, meninggalkan 9 calon lainnya. Padahal, hari kemarinnya, petinggi KPK sudah mengultimatum bahwa polisi mantan Deputi Penindakan KPK itu sudah melakukan pelanggaran etik berat.

Eh tapi, kan doi berprestasi banget! Melalangbuana jadi kapolres, kapolda, ajudan presiden, dan kenal sejumlah kepala daerah pula! Deretan CV-nya yang luar biasa itulah yang membuat kita harus sayang! Memberi kesempatan kedua, berharap ia akan berubah menjadi lebih baik. Yang penting dijalani dulu aja, ya!

Ngambek

Masih berhubungan dengan poin kedua, Saut Situmorang menyatakan mundur dari pimpinan KPK terhitung 16 September ini. Ia menyesal dengan keputusan para petinggi Senayan yang malah memenangkan Firli. Wes dikandani, sek ndablek ae!

Saut Situmorang adalah kita-kita yang sudah lelah memperjuangkan segalanya demi doi. Memang, menyerah adalah cara terbaik untuk mengistirahatkan diri sendiri. Situ mau ngapain, terserah!

Dari sekian daftar yang telah dirinci di atas, adakah pembaca yang hendak tambahkan?

Korupsi, KPK, dan pemerintah punya hubungan asmara yang memang serba rumit. Seperti kisah cintamu yang gak tahu kapan berlabuhnya, demikian pula dengan polemik korupsi di negeri +62 ini.

Surat Terbuka untuk Livi Zheng 0 340

Nama Livi Zheng kini ramai “dibakar” di media. Banyak yang mencemooh Livi di tengah perjuangannya berkarya. Sebagai insan pecinta film, saya hendak mengajukan pembelaan terhadap yang bersangkutan.

Perlu diingat oleh warga alam semesta dari mana Livi menuntut ilmu. Tidak main-main, S1 ia tempuh di Washington dan S2 secara khusus mengambil jurusan Cinematic Arts di Southern California. Ia sudah memulai karir di dunia perfilman sejak usia belia, 25 tahun! Ya, di saat kamu-kamu semua di usia yang sama, kehidupan dan pekerjaannya masih gitu-gitu aja.

Di usia ke-30, ia sudah berhasil menelorkan dua karya yang katanya dia sendiri hebat luar biasa, Brush with Danger dan Bali: Beats of Paradise. Jelas ini prestasi yang perlu diakui.

Memangnya ada berapa anak bangsa yang bisa sekolah di luar negeri, di kampus yang bergengsi pula? Berapa banyak sih sutradara Indonesia yang betulan niat belajar film sampai ke negeri tetangga? Apalagi, tempat Livi mencari ilmu, Amerika Serikat, merupakan pusat perfilman dunia!

Berapa banyak juga sutradara yang sudah berdomisili di luar negeri, masih mau kembali ke Indonesia dan menggarap film dengan tema yang mengangkat kekayaan budaya bangsa? Bicara karya, berapa banyak juga sih sutradara Indonesia yang filmnya bisa tembus ke layar lebar Ameriki? Livi lah salah satunya yang bisa. Fakta tersebut harus kauterima, wahai Netijen!

Berbagai media kini berlomba-lomba mengorek latar belakang Livi Zheng. Bahkan sampai bisa mengurutkan silsilah keluarga berikut gurita bisnisnya. Detektif betul kerjaan jurnalis ini.

Namun, jika memang demikian adanya, bahwa Livi dilahirkan di keluarga beruntung yang bermodal besar, lantas kenapa? Ia punya ketertarikan di film, memanfaatkan kekayaan keluarga untuk membuat dan mempromosikan sendiri filmnya. Apa yang salah dari hal itu? Salahkah jadi horang kayah?

Pun bagaimana taipan Gunawan Witjaksono dan Lilik Juliati, orang tua Livi, menyokongnya soal gurita relasi. Hal ini dikritik tajam oleh media dan teman sutradara Indonesia lainnya.

Sekali lagi, saya merenung, apa yang salah dari punya relasi banyak? Orang top-top di Indonesia pula, mulai dari wakil presiden Jusuf Kalla, lord segala menteri Luhut Binsar Panjaitan, hingga Kapolri Tito Karnavian. Bukankah bagus berkawan baik dengan pemangku jabatan di negeri ini? Bukankah ini menandakan kelihaian Livi sekeluarga membangun relasi?

Jika seorang Livi Zheng berhasil meminta pejabat tinggi negara mempromosikan filmnya, berarti ia tidak cuma asal bisa berkarya dan hanya tahu dapur persyutingan, tapi juga cara mempromosikan karyanya sendiri. Gimana karya bisa berhasil jika tidak dipromosikan? Gak usah sok idealis lah kamu!

Tipe manusia itu berbeda-beda. Orang yang berkarya dan membiarkan karyanya sendiri yang berbicara, tidak mutlak lebih baik daripada orang yang koar-koar supaya karyanya dikenal orang. Asal Joko Anwar tahu, memanfaatkan profil diri dan relasi adalah strategi cerdas Livi Zheng membuat karyanya dikenal orang.

Pun di sebuah acara talkshow salah satu televisi nasional, alih-alih ingin menjernihkan perspektif masyarakat yang sudah terlanjur teracuni imej jelek Livi, malah ia semakin disudutkan. Tetapi, mau tidak mau Livi harus menaati formatan duduk dan arah talkshow yang bertujuan menghakiminya.

Bayangkan! Satu orang Livi, dihakimi 6 orang sutradara, produser, jurnalis, dan kritikus film. Kasihan, tahu! Mbok nek meh debat siji-siji, ojok tawuran!

Apa gak cukup kalian semua merendahkan martabat Livi Zheng sebagai sineas muda berbakat di media sosial? Gimana Indonesia mau maju, kalau setiap anak bangsa yang berkarya direndahkan begini, bukannya didukung?

Pokoknya untuk Kak Livi Zheng, kudu semangat terus! Film-film yang mengangkat budaya Indonesia darimu akan selalu kutunggu! (sembari menebak-nebak pejabat siapa lagi yang testimoninya akan diikutsertakan)

 

Editor Picks