
Apa hubungan antara selebriti dan oleh-oleh? Apa urusannya dunia gegap-gempita yang penuh lenggak-lenggok di layar kaca itu masuk ke wilayah kuliner bingkisan khas?
Pembaca tahu bahwa kita tiba pada era dimana puluhan selebriti mengadu jualan oleh-oleh yang merentang dari berbagai kota. Teuku Wisnu (yang kini jenggotnya bertumbuh seperti selesai dioles minyak firdaus) mula-mula muncul dengan bisnis Malang Strudel. Zaskia Sungkar menyusul dengan Surabaya Snowcake—sejak kapan Surabaya punya kue salju?—diikuti pula duet bersaudara Ria Ricis dan Oki Setianadewi dengan Surabaya Patata. MC kondang Irfan Hakim mencelat jauh ke Sulawesi Selatan untuk menjual Makassar Baklave. Laudya Chintya Bella dengan Bandung Makuta juga tak ketinggalan. Daftar ini masih bisa diperpanjang hingga belasan nama artis lainnya, tapi mosok kita seboros itu mbahas satu per satu (uhuk).
Kesemua dagangan itu dijual dengan harga mantab jiwa, puluhan ribu hingga ratusan ribu. Tau apa lagi kesamaannya? Semuanya menggunakan pola dasar adonan cake pastry dan berbasis gula. Dominan dengan rasa manis. Dengan modifikasi sedikit-sedikit, mereka membedakan diri dengan stempel nama lokasi. Hubungan kota keras Surabaya terhadap Surabaya Patata—berbahan dasar kentang, “patata”, nama latin Filipino untuk kentang—tak pernah bisa dilacak. Lha piye, di pasar-pasar Surabaya saja kentang “diimpor” dari wilayah lain kok.
Makassar Baklave sebelas dua belas. Baklave sendiri cemilan khas Turki pada masa Ottoman, dengan komposisi kacang walnut, madu dan roti. Jadi dimana unsur khasnya? Apakah raja Makassar pernah kimpoi dengan Ratu Ottoman? Atau kapal-kapal Bugis sering andok warung Turki? Warga-warganya doyan ngemut madu? Kita yang kere di sini paling mentok njajan kebab Turki.
Lebih gilanya, Bandung Makuta mbak Bella yang mestinya berbasis di kota kembang, juga dijual di Surabaya! Jadi yang dinamai sebagai “khas” sesungguhnya sekedar tempelan belaka untuk memberi warna lokalitas. Semacam menggugurkan kewajiban.
Semua kembali pada konsep apa dan bagaimana itu “kekinian”. Pakem bisa dimodifikasi atau ditabrak. Satu hal bisa dihubung-hubungkan dengan hal lain, tak perduli apakah ada persambungannya atau tidak. Artis-artis itu tak perlu punya pemahaman menyejarah ihwal kuliner. Sebab dalam konotasi kekinian, tak diperlukan penelusuran historis. Persetan saja dengan muasal komponen bahan, filosofi, atau kaidah komposisi dan hubungannya dengan lokasi atau sejarah kota. Bisnis memang mempersetankan filosofi bukan?
Tentu saja tiap-tiap orang, seleb atau jelata, boleh berjualan apa saja dengan teknik apa saja. Artis berkantong tebal bisa menggelar dagangannya, sebagaimana orang-orang dengan nasib Senin-Kemis menjual juga jajanannya. Nasib mereka ditentukan oleh pasar. Dan kitalah pasar itu.
Jadi, andai suatu saat pembaca tak lagi melihat kue cucur, jajan usus ayam, bikang, talam jagung, klanting, kerupuk ikan dan sederet bingkisan lawas lain yang pernah disemati kata “khas”, maka sesungguhnya kitalah yang membunuh mereka. Artis-artis itu hanya berjualan.
Peran kita cuma melongo ngaplo atau membeli.