
Universitas Gadjah Mada (UGM, kadang disebut Universitas Gedung Manten karena ramainya sewa gedung di sana untuk kondangan), akhirnya menyudahi kontroversi ihwal seleksi khusus bagi calon mahasiswa penghapal kitab suci. Keputusan resmi kampus biru itu tegas: tak ada keistimewaan seleksi bagi mahasiswa. Sebelumnya usul pintu seleksi khusus itu disorongkan oleh Dekan FEB UGM dengan surat resmi yang telanjur beredar. Dan seperti biasa, surat itu jadi bulan-bulanan netijen berlambe turah-turah.
Yaahhh, berarti ambyar sudah harapan bagi ahli kitab belajar di kampus? UGM amoral? Tak ingat bahwa ada sila Ketuhanan Yang Maha Esa?
Pembaca harus berjaga-jaga dengan pertanyaan ala ala kritis macam ini. Sebab, apa hubungannya moralitas dengan aktifitas menghapal? Apa hubungannya nilai-nilai kebaikan dengan abcde?
Apalagi, kenyinyiran anti-kampus sudah makin nggelambyar, seolah-olah membela inklusifitas dan melindungi kesempatan yang setara bagi calon peserta didik adalah dosa haram jadah dan anti moralitas. Tidakkah sebuah pandangan seperti ini adalah amoralitas itu sendiri? Pembaca yang hapal Pancasila atau yang sok Pancasilais sekalipun juga mengerti, bahwa berketuhanan harus pula berkeadilan sosial.
Penghapal kitab, apalagi juga memiliki keterampilan membaca yang fasih dan meliuk-liuk, sudah barang tentu adalah keahlian yang tak dipunyai banyak orang. Calon mahasiswa dengan keterampilan ini jelas istimewa. Tetapi ini kemampuan yang bersifat parsial. Tak seluruh kitab suci bisa dibaca dengan meliuk-liuk, dengan teknik seni suara yang indah dan dihapalkan. Tak semua punya tradisi dan kesepakatan yang universal ihwal membaca dan menghapal kitab, dengan cara yang sama standarnya. Variasi dan perbedaan ini harus dilihat secara jelas, agar kita jernih memandang dan tak cuma mengandalkan sumpah-serapah.
Lalu, apakah hapalan itu menunjukkan secara otomatis kecerdasan? Andhika Kangen Band idola sejuta muda-mudi itu juga menghapal puluhan lagu-lagunya dengan fasih di luar kepala, asal tahu saja. Belum lagi puluhan lagu lain yang belum ia terbitkan. Dorce Gamalama malah menulis ratusan lagu.
Pendek kata, hapalan bukanlah kemampuan eksklusif, dan masih perlu diuji secara ilmiah apakah ada korelasinya antara menghapal dan intelektualitas. Kami yang menghapal jalan maut tiap jengkal Lingkar-Timur dan jalan dengan kemacetan maha biadab di Gedangan, apakah berarti pula bahwa kami tahu jenis dan mutu aspalnya, lebar jalannya, panjangnya, perawatan berkalanya, proses pengerjaannya, muasal penamaan jalannya, dan seterusnya.
Tapi, kan beberapa kampus sudah mengakomodasi rekrutmen berdasar kitab suci ini? Kok sekarang UGM di-bully?
Yang pasti, kampus nasional yang tak mendasarkan diri pada kurikulum berbasis agama, akan menyalahi kodrat akademisnya andai ia menerapkan seleksi berdasar agama. Coba bayangkan, seorang khatam Al Quran tembus ke jurusan teknik nuklir, dan ia yang sebelumnya berurusan dengan huruf hijaiyah dan struktur gramatikal Arab kini harus menenggak matematika kompleks dan hukum-hukum energi? Hal serupa berlaku pula bagi pembaca setia kitab lain.
Sumber moralitas, pembaca tahu, tak berasal hanya dari huruf-huruf. Kebaikan itu menyeluruh dan universal. Moralitas keadilan juga bisa kita temui dalam matematika satu ditambah satu, dalam gukguk anjing yang memekik karena diinjak, dalam hasil penelitian yang bertanggung jawab, dalam pemberian gelar honoris causa yang akuntabel (uhukkkkk).