Kegelisahanku pada NU 2 1179

*oleh: Safara Akmaliah

Halo! Tulisan ini adalah hasil dari kebingunganku, bangun pagi harus melakukan apa di tengah waktu libur kuliah yang sangat panjang. Satu setengah bulan lamanya, dan aku mengingat kejadian sepekan lalu, ketika aku diajak bapak untuk ikut dalam pelantikan Anshor di daerahku, yang kurasa perlu untuk diceritakan disini, “ini katanya acaranya jam 8, sekarang sudah setengah 9, ayo coba lewat kesana nduk, udah mulai belum ya… soalnya panggungnya sudah ada” bapak menunjuk jalan menuju tempat pelantikan, karena kebetulan aku yang memegang kemudi. Kita mengintari kawasan pelantikan, dan menakjubkannya hanya ada teknisi sedang melakukan check sound, “oh belum mulai, ya sudah kita pulang dulu saja” kata bapak.

Sepanjang perjalanan aku berfikir keras sampai melebihi kata keras itu sendiri, bagaimana bisa, setiap kegiatan bergenre NU yang kuhadiri hampir semua mengalami hal yang sama: tidak tepat waktu. Semoga ini belum menjadi kebiasaan yang membudaya. Aku orang NU, NU biologis malah. Ijo kaet cilik. Aku mengakuinya dengan bangga bahwa NU adalah ormas terbesar di Indonesia, jumlah jamaahnya puluhan juta orang. Amaliyahnya yang mix dengan budaya nusantara selalu menjadi daya tarik tersendiri buatku, meski aku pribadi bukan orang dengan basic pesantren, apalagi berani mendaku diri sebagai seseorang yang nasionalis, entahlah, ndak kiri tapi juga ndak kanan, mboh wah, pokoknya aku sangat mengagumi orang-orang ‘jebolan’ pondok pesantren NU. Khususnya salamku pada Gus Fayyadl.

Mereka fleksibel, open minded dan paham betul dalam menganalisis kondisi Islam Indonesia yang saat ini sedang carut marutnya. Disamping itu aku sangat mengagumi para santri karena jasa mereka dalam proses kemerdekaan Indonesia amat besar. Kuakui memang, jasa NU sangatlah besar dan tidak bisa dibandingkan dengan ormas lain. Tapi disamping keunggulan-keunggulan yang sudah kusebutkan tadi, NU juga memiliki kekurangan hingga berada pada tataran pemudanya, aku mengalaminya langsung karena aku masuk dalam salahasatu organisasi kepemudaan NU.

Yang sangat kusayangkan adalah perilaku warga NU yang sering ngaret. Bahkan aku berani secara ekstrem mengambil kesimpulan jika, ‘semakin tinggi jabatanmu maka kamu harus semakin terlambat bergerak’. Unique. Mengapa aku berkata sedemikian? Karena pada momen-momen tertentu, entah dalam acara pengajian, atau acara-acara lain, kyai selalu datang terlambat (ketika acara sudah berlangsung), lalu di sumanggakno oleh para hadirin sehingga menjadi pusat perhatian kemudian dicarikan tempat duduk yang kosong dan depan sendiri.  Atau tidak usah kyai, petinggi atau sekedar memiliki jabatan saja di NU pasti akan mendapat perlakuan yang kurang lebih sama. Betul atau tidak? Atau aku yang terlalu menggeneralisasi?

Persoalan tentang meghargai waktu dengan benar ini juga terjadi dalam organisasi kepemudaan NU yang molornya bisa sampai 3-4 jam dari waktu yang sudah di tentukan. Sayang sekali, padahal mereka semua adalah insan intelektual berkualitas tinggi yang disiapkan untuk memimpin bangsa pada nantinya. pemimpinbukanwakil

Kemudian tentang administrasi. Di daerah yang kutinggali, banyak gedung-gedung milik Muhammadiyah, mulai dari bidang pendidikan yang dasar hingga perguruan tinggi, Rumah Sakit serta layanan sosial lainnya. Sedangkan NU? Kalau di daerahku sih lembaga-lembaga NU cenderung terlambat, padahal masyarakat di sini mayoritas NU. Lalu aku mencoba mencari titik permasalahan dengan melihat sekolah-sekolah yang berhaluan NU di daerah lain, seperti berbagai macam pondok pesantren yang ada di Jombang, Kediri, Mojokerto, yang ternyata adalah milik pribadi dari sang kyai, bukan milik NU.

Berbeda dengan Muhammadiyah yang memang berniat untuk nggedekno Muhammadiyah, mungkin semangat mereka terbakar oleh perkataan Mbah Dahlan yang pernah bilang, “jangan mencari penghidupan di Muhammadiyah, tapi hidupilah Muhammadiyah”, kemudian salahsatu perwujudannya adalah dengan  membangun fasilitas-fasilitas kemasyarakatan yang beratasnamakan Muhammadiyah, sehingga nama Muhammadiyah dikenang dalam masyarakat banyak. Tapi NU, yang terkenang adalah pemilik lembaga atau yayasannya, bukan NU-nya.

Cukup itu dulu hal-hal yang menjadi kegelisahanku. Walau kritikku barangkali kurang substansial, tapi beginilah, aku mencintai NU dari sesuatu-sesuatunya yang sederhana. Aku tidak berani terlalu larut dalam kekecewaan. Sebab yang berlebihan tidak baik. Aku menulis artikel ini tentunya untuk kebaikan NU kedepan, karena aku juga sudah nyemplung di dalam banom NU, marilah kita membenahinya bersama-sama, seperti kalimat yang ada dalam mars NU, “al muhafadhotu ‘ala qadimi al shalih wa al akhdzu bi al jadid al ashlah”, menjaga tradisi-tradisi lama sembari menyesuaikan dengan tradisi-tradisi modern yang lebih baik.

Wallahul muwaffiq ila aqwamit tharieq assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.

 

*Safara Akmaliah, sering menyebut dirinya sebagai anugrah reformasi karena lahir pada tanggal 16 mei 1998. Tidak kiri juga tidak kanan. hobi beli baju baru dan datang ke diskonan.

Previous ArticleNext Article

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagi Mereka, Antirasisme Tak Lebih dari Sekadar Konten 0 164

George Floyd, pria berkulit hitam yang meninggal karena lehernya ditindih kaki petugas pulisi berkulit putih Minneapolis, AS menimbulkan gelombang protes. Bahkan ribuan warga AS teramasuk selebritis sudah bodo amat dengan korona dan ‘stay at home.

Mereka turun ke jalan untuk memprotes diskriminasi terhadap warga berkulit hitam dan menuntut  pemerintah agar pelaku pembunuhan segera diadili. Di media sosial juga ramai postingan penuh empati yang dibungkus amarah warga net mengenai kasus yang tak kunjung menemukan titik cerah itu.

Louis Vuitton sebagai merek legendaris pun terkena bola api amarah netizen karena marketing masif tas terbarunya ‘Pont 9’. Merek asal Paris ini membayar sejumlah artis dan fashion influencer di seluruh dunia untuk promosi di Instagram.

Namun, tak ada postingan yang menunjukkan empati mereka terhadap isu rasisme yang sedang panas itu. Alhasil, merek high-end ini pun dikecam netizen dan pesohor seperti Emily Ratajkowski karena dinilai tak peka dengan isu sosial. Tak hanya dikecam, pada 31 Mei lalu, butik Louis Vuitton di Oregon dijarah oleh massa.

Tak mau menjadi sasaran amukan massa, merek-merek lain akhirnya memposting foto prihatin terhadap kasus ini dan menyuarakan antirasisme. Diawali dari Versace, lalu dilanjut oleh Dior, Alexander McQueen, dan merek-merek beken lainnya.

Dari observasi kecil-kecilan saya, hingga saat ini, hanya Louis Vuitton yang masih bersih dari postingan antirasisme. Ya sudah, terserah dia.

Saya mengira masalah sudah beres. Ternyata, kasus Louis Vuitton hanyalah appetizer dari masalah empati dan antirasisme yang ada di dunia yang fana ini. Seperti yang tertulis di lirik lagu penyanyi indie terpopuler se-Indonesia, Kekeyi, “ucapanmu manis di bibir saja”, pun juga dengan kampanye antirasisme dari selebgram dan merek-merek kedagingan ini. Rupanya, postingan mereka sebatas wacana yang tidak dipraktikkan di dunia nyata.

Celine, merek asal Perancis ini memposting foto bahwa ia mengecam segala bentuk diskriminasi. Ia juga menuliskan di kepsyen “#BLACKLIVESMATTER” sebagai cherry on top.

Postingan ini diprotes oleh seorang fashion stylist, Jason Bolden. Hal ini dikarenakan Heidi Slimane, sang creative director, enggan mendandani seebritis berkulit hitam, kecuali stylist mereka berkulit putih.

Merek di bawah naungan LVMH ini selalu – semenjak kursi creative director diduduki oleh Heidi Slimane – memiliki jumlah model berkulit hitam di setiap shownya. Pada koleksi musim gugur 2020 misalnya, hanya ada 10 model berkulit hitam dari 111 model (9 persen). Sosok model berkulit hitam sangat jarang ditemui di feed Instagramnya.

Selanjutnya, ada kasus dari L’oréal . Merek mek-ap ini mengunggah foto di Instagram dan twit di Twitter yang intinya melawan segala bentuk diskriminasi warna kulit. Munroe Bergdorf, seorang model berkulit hitam, sontak memberikan tanggapan sinis kepada L’oréal. Rupanya, iapernah didapuk sebagai modelnya pada 2017. Sayangnya, ia dipecat usai menyuarakan protes terhadap white supremacy di Facebook.

Zimmermann, merek pakaian bergaya bohemian ini masuk ke dalam daftar pihak-pihak yang cari aman usai kasus Louis Vuitton. Sama dengan kasus-kasus di atas, merek asal Sydney ini mengatakan bahwa intinya ia berkomitmen untuk melawan praktik-praktik diskriminasi.

Namun, mereka-mereka yang pernah bekerja dan magang di sana angkat bicara. Mereka mengatakan bahwa pekerja kulit hitam kerap kali mendapat diskriminasi dan sering dipojokkan. Tak hanya itu, Zimmermann juga menerapkan beauty standard perempuan berkulit putih Eropa.

Lalu Kris Schitzel, selebgram Rusia yang berfoto di tengah pendemo sambil membawa tulisan “BLACK LIVES MATTER”.  Ia menerima hujatan usai video behind the scene “pemotretan” untuk foto tersebut beredar. Terlihat ia menata pose sedemikian rupa sambil membenarkan gaunnya.

Memang tak seniat video Brojabro dengan sayap Victoria’s Secret-nya saat aksi unjuk rasa mahasiswa di Surabaya silam, namun video tersebut sudah dapat membuat kita menyimpulkan bahwa ternyata gerakan yang ia lakukan tak lebih dari kebutuhan produksi konten di medsos.

Last but not least, kasus yang menyeret perempuan paling berpengaruh di dunia fashion saat ini, Anna Wintour. Vogue AS, majalah ternama yang dikepalai oleh Wintour ini di media sosialnya aktif  menyuarakan Black Lives Matter. Namun, pada Rabu (10/6) lalu, wanita yang mendapat julukan “Nuclear Wintour” ini meminta maaf atas minimnya kesempatan bekerja bagi orang berkulit hitam di kantornya.

Pernyataan tersebut membuat beberapa mantan pekerja berkulit hitam di Vogue angkat bicara di Twitter. Mereka mengungkapkan perlakuan tidak menyenangkan dari Wintour dan pekerja lain. Mulai dari di-bully, hingga gaji yang lebih sedikit harus mereka telan selama bekerja di majalah yang dijuluki fashion bible tersebut.

Miris sekali ya, ketika empati kita sangat dibutuhkan di masa ini, ternyata hanya dijadikan konten guna menaikkan citra mereka, biar seakan-akan peduli dengan isu rasisme. Tuntutan netijen yang begitu besar untuk menampilkan konten empati, malah membuat sejumlah pihak menganggapnya sebagai formalitas belaka.

 

*) Ilustrasi oleh: Tiara Sakti Ramadhani

Menggambar dari Ngagel. Pemanah dan penggemar BTS profesional. Bisa dihubungi melalui akun Instagram @tiarasr.art.

Renungan Seonggok Pemuja Online Shop 0 84

Sudah hampir 3 bulan kita dihajar kampanye urban yang telah menjadi gaya hidup: #dirumahaja. Walau sebentar kita tak perlu merasa terkurung lagi, tatanan kehidupan yang baru hampir terbentuk dari babak hidup kemarin.

Semua aktivitas lantas dilakukan dari tempat ternyaman, entah sofa atau bahkan tempat tidur, termasuk belanja online.

Mau ke supermarket sebenarnya bisa sih. Toh supermarket dan pasar adalah salah satu ragam bisnis yang senantiasa terkecualikan dengan boleh tetap bernapas, demi mengisi logistik masyarakat.

Tapi sebagian dari kita yang tidak termakan teori konspirasi JRX percaya virus corona ada, menjadi was-was dan meminimalisir kegiatan keluar rumah, sekalipun sekadar untuk berbelanja.  Sebisa mungkin di rumah, menghindari kerumunan, memenuhi bujukan anjuran pemerintah. Beraktivitas di luar rumah menjadi suatu kegiatan yang bahkan mulai terasa asing.

Kita patut bersyukur, bahwa sebelum corona memutuskan untuk mengusik kehidupan kita, teknologi market place sudah berkembang sedemikian rupa. Peluangnya bahkan makin merambah di situasi seperti sekarang ini.

Semua-semua saja dibeli online. Mulai dari susu hingga pisau dapur, dari sayur-mayur hingga cairan pewangi pakaian, kaos kaki impor Cina atau HP hasil pasar gelap, semua dimungkinkan hanya dengan sentuhan jari di gawai.

Bahkan kata teman-teman saya, selama menikmati PSBB di rumah, membuka aplikasi online shop sudah jadi habitus baru yang tak terhindarkan. Ajaibnya, online shop kini berkembang fungsinya, sampai-sampai ikut jadi pereda kebosanan. Ia menjadi obat mujarab atas panas nan jenuhnya hati atau menghindarkan diri dari potensi termakan hoax di grup WhatsApp keluarga.

Namun, ada akibat fatal yang tak kuasa kita taklukkan. Kita tak bisa hanya sekadar “cuci mata” di aplikasi belanja online. Kita susah untuk menolak check out habis keranjang belanja virtual tanpa ampun. Kalau sudah begini, online shop berubah wajah. Justru ialah musuh bebuyutan dompet tipismu.

Pun online shop menghantar kita pada berbagai belahan dan jurang pengalaman. Kadang membeli barang yang mungkin gak terlalu berdayaguna, hanya karena promo dan kode voucher, yang setelah dibeli dan dibayar malah menyesal. Persis kayak habis putus, lalu pengen balikan karena mantan tiba-tiba jadi lebih cakep setelah putus.

Tren online shop sudah merasuk sejak beberapa tahun ke belakang, tapi popularitasnya melonjak dan bahkan menjadi adikuasa yang padanya kita makin menghamba.

Ia hanyalah substitusi emol-emol dan café dengan menu-menu dengan bahasa enggresan ndakik-ndakik. Menggeser rejeki dari mbak-mbak SPG dan mas-mas barista, ke para kurir dan mamang-mamang packaging paket. Merekalah yang memastikan belanjaan kita sampai persis di depan pintu rumah.

Online shop adalah pemain pengganti, dari perasaan tak sabar menunggu antrian kasir di toko, ke perasaan dag-dig-dug tak sabar menunggu teriakan “paket” di depan gerbang rumah.

Begitu pula dengan penggunaan e-wallet dan m-banking yang tersedia di platform e-commerce, yang membuat jasa penukar uang pinggiran jalan gigit jari, teknisi IT start-up digital pesta pora, serta mahasiswa informatika kini jadi kandidat calon mantu idaman, menggantikan dokter yang semakin gak bisa ketemu keluarganya di masa sekarang.

Mungkin ini yang dinamakan “new normal”, sebuah istilah yang sudah sangat lacur penggunaannya dalam konversesyen tiap harinya. Kebaruan yang dianggap normal. Namun juga kenormalan lama yang dibuatkan bentuk barunya. Kebiasaan baru rakjat untuk berbelanja, dan segala lika-liku di baliknya, jadi salah satu bab tak terelakkan di dalamnya.

 

*) Ilustrasi oleh: Celine Anjanette (Instagram: @petiteanette)

Editor Picks