Aku Fans Igun, Koen Kate Lapo? 0 410

Sebagai salah satu selebriti dengan sinar bintang paling terang sekaligus konsisten, Ivan Gunawan terus menggempur televisi emak-emak dan digilai banyak fans. Maestro kosmetik dan fashion dan MC dan komedi dan film yang serba bisa ini hadir lewat beragam program, mulai Brownis, Obrowlan Manis (ini acara top markotop yang tayang sampai dua kali—pagi dan petang, mirip Liputan 6) hingga audisi Kilau DMD Show di MNCTV, mengomentari pendatang baru di musik dangdut dengan kecerewetannya yang sedikit kemayu tapi kritis bangets itu.

Apa boleh buat, saya harus berbagi dengan jutaan pemirsa sebagai fans kak Igun, harus berbagi dengan emak sendiri, yang bisa mendadak arogan di depan televisi sambil memeluk remote. Sebagai artis dengan banyak talenta, sudah jelas Igun dapat merangkap peran dalam satu acara. Situasi ini menguntungkannya karena secara tidak langsung Igun selalu tampak dominan: pandai mengomentari, pedas mengkritik make up peserta audisi, pintar berpura-pura tolol ketika melawak.

Maka sangat bisa dipahami jika suatu ketika, di akun pribadi instagramnya, kak Igun yang agak lelah dan lesu membalasi komentar-komentar followers, agak sewot ketika ditanya mengapa ia suka melempar gimmick ketika tampil di TV. Jawabannya menggemparkan: “Nggapapa fans kayak loe kan gampang dibegoin…jadi seru liatnya… hahaha…”.

Bajilak, bajinguk, bajigur! Reaksi awal saya tentulah tercekat.

Saya sebagai fans Igun mengelus dada. Lha mosok hamba selama ini “dibegoin”, ketika pada saat yang sama hamba justru menaruh simpati pada legenda MC Indonesia kak Igun? Dimana hati nuranimu Gun? Apa ini gara-gara kamu patah hati Gun tersebab Ayu Ting-Ting yang tidak ting-ting itu?? Astaghfirullah….

Tapi toh kesal ada batasnya. Esok hari aku toh kembali normal kembali, terus menontonmu program-programmu Gun. Rating acaramu tinggi juga karena aku lho Gun.

Aku tetap suka gimmick-mu, tetap rindu menonton apapun yang kak Igun semburkan—dari pujian sampai hinaan. Menonton betapa televisi, seperti kata Neil Postman puluhan tahun lalu, bisa menyeret tawuran dan hinaan hadir seolah-olah di rumah kita. Virusmu sudah telanjur menjangkitiku Gun, sehingga aku hanya bisa berada dalam posisi “apa boleh buat”.

Tak ada gunanya juga mendengarkan nyinyir orang lain yang sok aktipis itu. Mereka menyarankan agar tayanganmu dilarang. Bahkan lebih radikal lagi menghimbau untuk tak lagi menonton. Woei, beraninya prejenganmu melarang ane nonton di tipi digitech ane yang tercinta (minggu lalu IC soak tersambar petir saja dengan rela hati hamba masukkan doi ke rumah sakit khusus tipi!).

Ketika hidup begitu sulit, kerja begitu beringas, dan tuntutan sehari-hari makin brutal, televisi adalah hiburan murah. Kak Igun dengan seluruh amunisinya, mengepung kita yang miskin hiburan. Dari sudut pandang ini, kak Igun hanyalah menjalankan fungsinya sebagai penghibur kita-kita yang melarat dan papa, yang mau mampir ke emol aja musti mikir dulu. Yang tak pernah dengar Stradivarius itu dinosaurus apa, atau salah paham bahwa Executive adalah jenis tiket kereta api eksklusif yang buka di emol dan kebetulan juga menjual pakaian mahal.

Ahh,  asu tenan. Pokoke mati urip Igun.

Previous ArticleNext Article

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Dilema Hidup Pembagi Brosur 0 340

Petugas pembagi brosur di pinggir jalan barangkali lelah menghadapi warga seperti saya. Jika sudah di atas kendaraan, apalagi nyetir sendiri, bagai iklan sedot WC di tiang-tiang listrik, mas-mbak pembagi brosur iklan di pinggir jalan hanyalah angin lalu bagi saya.

Sembari mangkel, saya kerap mengutuki mereka. Secara sepihak menjatuhi vonis atas mereka sebagai penyebab kecelakaan di jalan – bayangkan saja mas’e kalau menyodorkan brosur bisa brutal sampai ke depan muka unyu saya, padahal motor sedang digeber kencang.

Belum lagi ditambah fakta bahwa kita – sebagai sasaran empuk brosur jalanan – harus menerima dua sampai empat lembar sekaligus. Tujuannya agak mulia: agar brosur di tangan mas’e cepat habis dan bisa segera pulang membawa rupiah atas hasil kerjanya. Tapi yang ada di benak saya: lha ini saya disuruh ikut bagi-bagi brosur sekalian apa gimana?

Entah dengan briefing model seperti apa, pasti jauh dari nalar dan kesadaran mas-mbak’e, iklan cetak macam brosur – mulai dari jasa les-lesan, tukang kunci, pembesar alat vital, sampai promosi café baru yang menjunjung tinggi nilai ‘gak enak gak apa-apa, yang penting mahal’ – telah dihitung dengan rumus marketing secara seksama dalam tempo yang sesingkat-singkatnya.

Sebagaimana brosur sebagai bagian dari advertising yang pengertiannya berbayar untuk ruang dan waktu yang telah digunakan. Artinya, brosur di jalanan itu tidak main-main. Tentu membutuhkan hitung-hitungan njelimet untuk menyesuaikan berapa lembar brosur yang hendak dicetak dengan jangkauan target market yang disasar. Ini semua juga ada hubungannya dengan pemilihan media kertas cetak, di mana ia dibagikan, dan citra produk seperti apa yang hendak diraih si pembuat iklan.

Dengan ini, praktik membagikan brosur sampai ndobel-ndobel tentu tidak bijak, tidak sesuai dengan hitung-hitungan marketing.

Tapi di luar omelan betapa muaknya kita tentang perilaku pembagian brosur ini, mbok ya kita ini juga sadar, betapa masam tantangan yang dihadapi para pembagi brosur ini.

Pertama, seperti cerita penulis di pembuka tulisan, pembagi brosur adalah pekerjaan menantang maut. Jika Dewi Fortuna tidak sedang memihak pada mas-mbak’e, minimal tangan ketenggor motor ndablek seperti saya yang tetap melaju kencang mengabaikan niat baik mereka.

Kedua, sudah bertaruh nyawa, imbalannya tak seberapa pula. Untuk setiap lembar brosur yang dibagikan, kira-kira tangan dan keringat mereka dijatah dua ratus perak. Jika dalam sehari para penyedia jasa penyebar brosur ini paling tidak membawa 200 lembar brosur, kira-kira 40 ribu rupiah di tangan, menafkahi hari itu.

Ah, tapi di era banjir informasi ini, para freelancer ini seharusnya tak perlu khawatir. Ada berbagai biro yang mampu menampung mas-mbak’e. Di kota besar seperti Surabaya misalnya, lowongan jasa sebar brosur menjamur di mana-mana, ketik saja di Google (barangkali pembaca sedang krisis ekonomi dan mau menggunakan tips ini).

Ketiga, di zaman yang serba digital ini, siapa sih yang masih mau membaca iklan cetak? Iklan online yang tiba-tiba muncul di gawai dan mengganggu aktivitas scrolling saja kita abaikan, apalagi brosur jalanan yang cara ngasihnya saja minim etika.

Kita mesti paham betul, bahwa selain dibayar dengan uang, mas-mbak’e sebenarnya juga butuh senyuman dari kita yang menerima brosur darinya. Apalagi di bulan nan suci ini, senyummu mbok ya jangan dihemat.

Paling tidak, mari kita sambut uluran brosurnya dengan hati bersih! Berikan senyum simpul saja, jangan lupa katakan terima kasih. Dua tiga langkah dari tempat mas-mbak’e membagikan tadi, baca dengan sungguh apa isi brosurnya. Tunjukkan betul ekspresi bahagia seakan informasi yang ada dalam brosur begitu penting menyangkut hajat hidup dan masa depan Anda. Pastikan terlebih dahulu bahwa aksi Anda ini masih dalam jangkauan mata pembagi brosur. Lakukan ini, paling tidak sebelum Anda membuangnya di tempat sampah (atau di sembarang tempat).

Anti Ramos dan Aksi Damai Bela Mo Salah 0 271

Sergio Ramos ncen asu kok.

Kami yang di sini sungguh tak terima padamu Mos. Dirimu adalah biang kerok dari menclek-nya bahu Mohamed Salah—pemain pujaan kami-kami yang telah dimabuk dahaga juara dari klub kebanggaan Liverpool.

Syahdan, Liverpool sudah telanjur kalah. Karius telanjur depresi. Dan Iqbaal telanjur memerankan Minke. Mos, tanggung jawab kamoh!

Tak ada jalan lain kecuali menggelar demonstrasi besar-besaran, aksi simpatik untuk Mohamed Salah sekaligus aksi protes di depan Kedutaan Spanyol. Ramos, bagaimanapun musti tahu betapa ini perkara super serius. Ramos harus tahu bahwa kita di sini mulai terlatih dalam mengumpulkan massa dalam demonstrasi, tak peduli dibayar nasi bungkus atau nasi kotakan. Jagad persepakbolaan internasional harus paham bahwa ada kekuatan super di sini, yang meski di bulan suci ini, tetap bisa istiqomah dalam berdemonstrasi.

Jangan lagi bertanya ihwal apa motivasi besar yang mendorong kita-kita bergerak seperti aktifis reformasi (atau aktifis gerakan 212, sebelas dua belas-lah). Kesamaan Salah dan kami sudah jelas: kami dipertautkan oleh agama suci yang harus dibela tandas sampai ke tulang, eh, bahu!

Ramos yang kafir itu harus tahu bahwa agama adalah soal hidup yang sangat prinsipil. Menyakiti satu muslim berarti menyakiti kami secara keseluruhan. Maka ribuan manusia sakit hati akan turun ke jalan. Tenang saja, tak ada yang perlu dikhawatirkan. Kami hanya akan menghadirkan diri kami untuk menyampaikan uneg-uneg, beban berat, dan kegelisahan yang tak tertanggung lagi.

Mungkin memang ada dari kami yang kalah judi, turu pasar bantalan gobis. Tapi poinnya bukan itu. Esensi gerakan sakral ini adalah bahwa atas nama agama, tidak boleh ada yang tersakiti dan terkhianati. Mo Salah tak boleh ditinggalkan sendirian. Ia harus didampingi dan sebagai sesama muslim, menjadi mutlak bagi kita untuk saling bergandengan tangan.

Kami juga akan menggalang kekuatan lebih luas lagi, pada kawan-kawan seiman, tak peduli kalah judi atau tidak. Tunggu saja ente Mos!

 

Editor Picks