
Disclaimer: Sumpah, ini adalah tulisan kalikata terakhir yang memuat anekdot Dilan.
Jaket jins biru muda bergambar peta Indonesia diurai. Helm tanpa kaca penutup siap terpasang. Sarung tangan ala bikers juga melengkapi. Tak ketinggalan, senyuman karismatik pun digantung. Dengan mantap menjajal chopper baru, berangkatlah “Jokowi and The Gangs” touringan mengitari Sukabumi.
Penulis merasa legowo karena Jokowi memilih kota itu sebagai lintasan. Andaikan saja, andaai sekali, Jokowi mampir ke Surabaya, motor seharga 140 juta itu bisa melepuh seketika. Bahkan, mungkin bentuk helm tanpa kaca dan sarung tangan bolong-bolong itu tak akan masuk daftar aksesoris. Panas kota ini terlalu jahanam, pak…kamu tak akan kuat. (lak dibaleni maneh)
Dibelinya motor jenis Golden Chopperland itu seolah memberi teladan pada masyarakat dunia bahwa, pemimpin harus bisa menghargai produk-produk dalam negeri. Motor itu aslinya diproduksi oleh Royal Enfield yang kemudian dimodifikasi oleh Elders Garage, sebuah bengkel yang digerakkan oleh beberapa anak bangsa. Apalagi, Jokowi membawa motor itu saat blusukan ke titik pengerjaan proyek Padat Karya Tunai Desa (PKTD) agar pencitraan masyarakat bisa melihatnya lebih dekat.
Tentu saja, mulai dari anak kecil, mas-mas, mbak-mbak, sampai ibu-ibu, bergerumbul di sepanjang jalan. Mereka melambai-lambaikan tangan sambil berteriak, presidenkuuu! Apa mereka mengira dengan begitu bisa membuat Jokowi lantas ngebut tanpa mampir ke pit buat ngisi bensin? Bahkan, ada satu pria yang saking ngidol-nya, rela mengejar rombongan itu demi memegang tangan sang presiden. Tanpa baju dan sendal, lho, gak gendeng a! Untung ndak diculik di tempat sampeyan.
Kalau mengaca pada gelagat Jokowi yang mulai sering ‘mendekat’ kawula muda, seperti nge-vlog, mengunjungi We The Fest, suka musik metal, dan membeli jaket bomber, harusnya beliau juga mempertimbangkan produk dalam negeri yang lain yang tak kalah bagus. Bagaimana dengan mobil esemka yang digadang-gadang mampu memandirikan industri otomotif Indonesia itu? Atau mobil listrik ITS? Atau beli sepeda polygon, kek?
Untuk urusan elektronik rumah, mungkin bapak bisa memakai produk dari Maspion. Di rumah penulis, kipas anginnya tak berdampak signifikan mengingat udara Sidoarjo yang sebelas dua belas dengan suhu abab (baca: nafas). Tentu, buat urusan telekomunikasi, bapak bisa memakai Mito sepaket sama Limbad yang tahan bantingnya bukan main itu.
Sayang sekali, pemilihan artis untuk hajatan kedua anak Jokowi tak jatuh pada Via Vallen atau Nella Kharisma. Padahal, reputasi keduanya sungguh sudah menancap betul sejak dalam pikiran rakjat cilik. Para fanboy akan memadati gedung pernikahan jauh sebelum mereka menyanyi. Bila mereka diundang, sumpah, Jokowi tak perlu repot-repot kampanye lagi untuk Pilpres 2019. Sikat wae lah, bor!
Namun, terlepas dari agenda touring Jokowi yang dinilai adalah upaya menyelamatkan suara Jawa Barat—dan sederet aktivitasnya yang suka dicap pencitraan, beliau tetaplah pemimpin yang cerdik. Saat ini, politik tak lagi bisa dimainkan dengan program-program kerja yang cerdas ataupun berbekal kharisma sosok pemimpin saja. Para tokoh politik musti pintar mencari celah pada rutinitas masyarakat, setidaknya, selemah-lemahnya iman, ialah yang dilakukan oleh Fadli Zon atau Fahri Hamzah di twitter. Masyarakat kita saat ini telah menjelma masyarakat yang internet-based sehingga segala kebutuhan musti berpusat padanya.
Langkah-langkah Jokowi itu terbukti inovatif dan segar, sehingga masyarakat cenderung mengurangi asumsi bahwa politik tak lebih dari gerobak sampah. Tapi sekurang-kurangnya, langkah cerdas Jokowi bisa dilihat dari pemilihan kendaraannya pada motor gede dan bukannya jaran tumpangan capres kubu sebelah……
Wuuusss, Brrrmmmm, Brrrakkkkk
Cuuuuk