Pelajaran dari Hotman Paris dan Kopi Murahnya 0 1603

“Salam dari Kopi Johny!”

Itulah sapaan yang setia menyambut saya di pagi hari. Ya, setiap saya membuka Instagram di pagi hari, video pengacara kondang berlimang berlian, Hotman Paris Hutapea, selalu muncul di explore Instagram saya. Dan entah mengapa, video-videonya yang muncul itu selalu behasil mempersuasi saya untuk menontonnya. Sapaan “salam dari kopi Johny” tersebut Hotman lontarkan ketika ia sedang ngopi di sebuah kedai kopi di Kelapa Gading, Kopi Kwang Koan atau yang sering ia sebut dengan Kopi Johny – seturut empunya kedai yang bernama Johny.

Pria panas dari Paris ini meluangkan waktunya sebelum bekerja untuk ngopi di sana dan berbincang-bincang dengan pelanggan yang lain. Bahkan, Pak Johny mengatakan, tak jarang pengacara kondang ini sudah stand by dari hari masih gelap. Bukan, bukan untuk membantu Pak Johny menyiapkan  kedainya, tapi untuk ngopi.

Dalam video-videonya, ia kerap memberi kritik dengan gayanya yang ceplas-ceplos  terhadap hukum-hukum yang masih janggal, terutama pasal-pasal mengenai perceraian yang ternyata malah merugikan pihak perempuan.  Darinya, mata kita dibukakan bahwa hukum yang selama ini kita anggap sebagai armor kita malah bisa merugikan.

Ia bahkan tidak takut mengatakan Menteri Perempuan dan Anak tidak jelas kerjanya karena tidak bisa melindungi wanita dari para buaya darat – padahal doi sendiri pernah punya affair dengan Meriam Bellina. Kalau kita menonton video-videonya, selain urusan Lamborghini dan parade cewe-cewe genit, Hotman juga concern terhadap hak-hak wanita—sebuah paradoks yang ganjil sebetulnya. Ia juga beberapa kali menekankan pada pengacara muda untuk selalu taat pada perundang-undangan dalam membela klien. Reputasi dan integritas harus selalu dijaga.

Dari gaya berpakaiannya yang seperti kaum borjuis masa kini dengan suit sutra dan dasi ber-swarovski, mobil sport Italinya dan cincin-cincin berliannya yang menyilaukan mata – iya, memang tidak sekaya dan semewah Frederich Yunadi, akan tetapi siapa sangka ia mau meluangkan waktunya yang sangat terbatas untuk ngopi di kedai sekelas Kopi Johny dan berbincang-bincang dengan pelanggan yang lain. Bukan mau mengeneralisasi, namun sudah bisa ditebak kedai ini didominasi rakyat menengah kebawah. Hanya saja, semenjak ada pengacara ceplas-ceplos ini, orang menengah keatas pun jadi ikut ngopi disini.

Bang Hotman tak hanya nyangkruk unfaedah disana, namun memberi layanan konsultasi hukum gratis! Padahal, bila kita konsultasi di kantornya, alamak…. uang UKT saya selama satu dekade pun tidak cukup! Salut dan takjub! Pengacara yang namanya sudah di atas angin dan dengan fee ratusan juta mau membantu mereka yang kesulitan dalam  urusan hukum.

Namun seperti biasa, sehebat-hebatnya jaksa dan hakim menentukan kesalahan orang, netijen kita lebih hebat lagi. Disaat saya begitu mengagumi sosok  yang satu ini, netijenus keminteritis malah memberi komentar nyinyir yang berkedok masukan. Hotman dianggap suka memamerkan kekayaan dan tidak konsekuen  dengan kampanye memberantas buaya darat karena dalam videonya ia beberapa kali bersender manjyah di pundak cewek muda nan seksih. Geram, Bang Hotman beberapa kali menyemprot spesies netijen ini dengan video “salam kopi Johny” nya dan menantang mereka untuk menunjukkan achievement mereka.

Ckckckck…. rupanya spesies netijen yang seperti ini memang tidak memiliki kemampuan untuk melihat sisi positif orang. Kalau Bang Hotman mau pamerin Lamborghini-nya, masalah? Harusnya itu menjadi motivasi untuk kita! Bang Hotman beberapa kali mengunggah videonya yang sedang kerja di pagi-pagi buta untuk menunjukkan pada netijen rahasia di balik Lamborghini dan suit Tom Ford-nya, yaitu kerja keras! Ingat sodara, kerja, kerja, kerja!

Mungkin instagram menjadi distraksi yang begitu kuat bagi segelintir orang sehingga mengomentari hidup orang lain lebih nikmat dari pada memperbaiki hidup sendiri. Saran bagi peneliti dunia medis, mungkin bisa membuat antigen  bagi netijenus keminteritis untuk menghambat keganasannya.  Untuk Bang Hotman kesayanganku, ingatlah quote dari  Winston Churchill, “lek kon nyawati asu ambe watu siji-siji,yo gak nyampe-nyampe la’an”. Jalan terus, Bang! Ingatlah netijen fakir ilmu hukum seperti kami yang butuh edukasi (dan uang) dari Anda! Horas!

Previous ArticleNext Article

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Semua Akan Korea Pada Waktunya, Tapi Gak Gini Juga 0 249

*) Ilustrasi oleh: Celine Anjanette

 

“Semua akan Korea pada waktunya”, begitulah kalimat yang dapat mewakili kondisi masyarakat negara +62.

Sempat menghina K-pop-ers dengan sebutan alay karena dianggap mengidolakan artis-artis negeri ginseng, kini wajah mulus tak bercela para artis Korea ramai kita jumpai di iklan-iklan merek lokal. Bisa dibilang para artis Korea tersebut dijadikan koentji dalam marketing produk dan jasa.

Kapan hari, internet diguncang berita aktris Felicya Angelista yang diwujudkan ngidamnya oleh sang suami untuk video call bersama pemeran Mas Mafia Vincenzo, Song Joong Ki (baca lagi: Wajah Ganteng Song Joong Ki dan Tabiat Penonton Drama Korea).

Usai viral karena dianggap fan yang beruntung, muncullah berita aktor “Space Sweepers” tersebut didapuk sebagai brand ambassador skinker milik Felicya, Scarlett Whitening. Hancik, cuma marketing ternyata. Hampir bersamaan, muncul lagi berita yang menyebutkan bahwa boy group TREASURE akan menjadi brand ambassador bimbingan belajar online “penguasa” stasiun televisi kita, Ruangguru.

Pemilihan artis Korea sebagai brand ambassador merek lokal bukanlah hal baru.  Tahun 2016 silam, aktor “The Heirs” Lee Min Ho didapuk jadi brand ambassador Luwak White Koffie. Kemudian, cara ini diikuti oleh Mie Sedap yang menjadikan Siwon “Super Junior” sebagai brand ambassador-nya untuk mempromosikan mie rasa ayam pedas korea. Lalu, disusul Tokopedia yang membuat kita ter-kamcagiya (kaget) dengan menggandeng boy group terpopuler segalaksi bima sakti dalam promosinya.

Memang menggandeng artis Korea bisa menjadi jalan ninja untuk mempopulerkan merek produk atau jasa. Merek tersebut akan seketika menjadi buah bibir para fans artis Korea, baik membicarakan artis idola mereka atau sangking tajir melintirnya perusahaan tersebut.

Buktinya, permen Kopiko selalu menjadi buah bibir dan viral setiap permen rasa kopi tersebut muncul di adegan-adegan drama Vincenzo dan Mine. Benar-benar tidak rugi setelah menggelontorkan miliyaran rupiah!

Selain menjadi populer, produk atau jasa dijamin akan laris manis setelah memilih artis Korea sebagai bintang iklan mereka. Itu karena kesetiaan para fans artis Korea untuk mendukung artis idola mereka yang tidak dapat diragukan lagi.

Masih ingat kan dengan kasus antre menu BTS Meal dari McDonald’s? Jangankan dijadikan bintang iklan, lha wong barang yang “nampil” di siaran langsung artis Korea saja bisa ludes dibeli para fans.

Mungkin Korean celebrity endorsement bisa menjadi marketing tool yang sangat efektif, tapi mbok ya artisnya disesuaikan dengan mereknya. Misalnya, pemilihan boy group TREASURE sebagai brand ambassador Ruangguru. Jujurly, menurut saya sangat aneh karena boy group ini tidak memiliki sangkut paut dengan dunia pendidikan.

Masih banyak artis yang terkenal memiliki prestasi akademik semasa sekolah seperti Cha Eun Woo “ASTRO” atau Giselle “aespa” yang lebih bisa merepresentasikan merek tersebut.

Dan anehnya lagi, produk dan jasa yang memakai artis Korea tersebut tidak merambah pasar Koerea Selatan. Saya bisa memaklumi Kopiko yang mengeluarkan uang miliyaran rupiah untuk menjadi sponsor beberapa drama korea, karena mereka memang memasarkan kopi tersebut ke sana.

Tapi, bagaimana dengan Scarlett Whitening? Apakah Anda yakin wajah putih mulus Song Joong Ki didapat dari memakai produk tersebut, lha wong produknya aja tidak ada di sana.

Meski menjadi marketing tool yang efektif, saya berharap Korean celebrity endorsement ini tidak dijadikan tren yang “wajib” diikuti. Masih banyak, kok artis Indonesia yang mampu merepresentasikan sebuah merek, apalagi untuk menjadikan iklan menjadi viral.

Contohnya  pemilihan komika Babe Cabita sebagai brand ambassador menjadikan iklan MS Glow menjadi viral. Meski banyak yang sewot karena Babe Cabita kurang ganteng, tapi menurut iklan tersebut sangat realistis dan relatable. Karena, wajah Babe Cabita yang lebih glowing seusai menggunakan produk MS Glow jauh lebih bisa dipercaya dari pada wajah mulus Song Joongki usai menggunakan skinker lokal, hehe.

 

 

Panduan Killing Time 12 Tahun untuk yang Terkasih, Pak Juliari 0 252

*) Ilustrasi oleh: Tiara Sakti Ramadhani

 

Majelis hakim Pengadilan Tipikor sudah ketok palu vonis terhadap mantan Mensos Juliari Peter Batubara 12 tahun penjara dan denda 500 juta subsidair 6 bulan kurungan. Juliari terbukti sah menerima suap 10 ribu rupiah per bansos alias 32,4 M kalo dikumpulin.

Kami gak mau membuli seperti yang mahabenar tuan dan nyonya netijen. Kami tahu, betapa tersiksa batin Pak Juliari yang kami kasihi. Kalo katanya arek-arek saiki: sudah kena mental.

Apalagi, Bapak sempat memohon belas kasih buat meringankan hukuman, karena tak bisa membayangkan akan meninggalkan anak istri di rumah. Sungguh sebuah teladan family man bagi kaum penerus bangsa. Poin ini lebih membuat kami tak tega menambah-nambahi beban Bapak dengan sumpah serapah (karena porsi itu sudah diamalkan netijen dengan sebaik-baiknya).

Untuk itu, pada kesempatan ini, kami justru ingin memberi sejumlah saran: panduan mengisi waktu selama nanti di kurungan. Tujuannya tentu agar Bapak tidak cepat bosan.

Panduan ini kami rasa manjur buat Bapak. Karena, sebagian besarnya sudah kami lakukan selama 1,5 tahun ke belakang, yang harus banyak-banyak di rumah karena terdampak pandemi (dan terdampak dapet bansos kualitas jelek gara-gara anggarannya dipotong).

Ini yang pertama, Pak. Bapak tentu ingat kopi dalgona yang sempat tenar itu. Sudah lama sekali tren membuatnya ditinggalkan dengan begitu cepat. Ada baiknya tren ini dihidupkan kembali.

Ikuti panduannya ya, Pak! Campurkan kopi hitam sachet pahitnya kehidupan dengan air panasnya neraka bagi koruptor. Kemudian aduk terus menerus dengan rasa ego sampai berbusa dan meluapkan keserakahan. Terakhir, letakkan buih kopi itu di atas segelas susu Bear Brand yang masih aja 15 ribu sampe sekarang. Selamat menikmati!

Cara ini cukup mudah Pak. Kami rasa, meminta kopi dan susu ke sipir penjara bukan suatu hal yang neko-neko kok. Pasti dikabulkan. Wong minta kamar VIP aja (udah pasti) dilayani kan, hehehehe.

Kedua, era pandemi ini eranya webinar, Pak. Hidup ini gak afdol kalo belum ikut webinar, minimal sekali seminggu. Tentu posisi Bapak bukan sebagai peserta yang cuma nunut “izin nyimak”. Pak Juliari mah pantesnya narasumber utama, keynote speaker.

Tema yang cocok tentu: “Say No to Korupsi!”. Masyarakat di Indonesia kita tercinta ini Pak, lebih percaya testimoni daripada hasil riset, soalnya mereka males baca. Kita lebih suka motivasi dari mereka yang telah berpengalaman dan sukses, ya seperti Bapak ini.

Materinya sederhana, Pak. Boleh dilengkapi power point yang eye-catching biar keliatan berkredibel. Inti pembicaraannya cuma ini: “Sumpah gais, dipenjara itu gak enak. Plis jangan korupsi! Ini gak di-endorse ya. Real testi”

Sasaran peserta buat webinar ini luas banget, Pak. Mulai dari pejabat rt-rw, sampai lingkaran pertama kayak jabatan terdahulu Bapak. Materinya bakal relateable. Dan semoga mampu menyadarkan mereka biar kapok korupsi. Yah, meskipun kalimat terakhir ini kayaknya utopis hehe.

Ketiga, coba deh, Pak, mulai nonton drama korea. Atau kalau langkah itu masih terlalu ekstrem buat Bapak, minimal nonton video klip boyband dan girlband korea. Saya jamin sih nagih, pengen lagi, pengen terus.

Bapak juga harus ingat, sebagian dari netijen kita ini penggemar apa-apa yang berbau Korea, Pak. Apapun yang trending nomer 1 di Twitter sudah pasti adalah hasil cuitan akun berfoto idol Kpop yang substansinya gak nyambung sama sekali sama topik yang lagi dibicarakan. Itu sudah pertanda seberapa menguasainya populasi mereka di alam dunia maya.

Artinya, ini bisa jadi langkah strategis Bapak untuk menguasai mereka. Mulai dengan menyukai apa yang mereka sukai, dekati, rayu, dan jadi akrab sama mereka. Bila perlu, kita bisa bikin ruang diskusi di Clubhouse yang bahas soal drakor terbaru, Pak.

Hukuman Bapak cuma empat tahun untuk tidak dipilih dalam jabatan publik. Empat tahun itu cuma kurang dari 1 periode presiden, Pak. Bentar itu, mah. Selanjutnya, netijen Korean wave yang sudah mencintai Bapak, tetap bisa menghantarkan Bapak ke kursi tertinggi di dunya ini.

Yah kalo impian ini sulit terwujud, setidaknya Bapak nanti tinggal ganti nama jadi JPB, bikin Youtube, dan bismillah komisaris BUMN.

Demikian panduan ini dibuat dengan sepenuh hati Pak. Kami percaya Bapak pasti bisa melalui cobaan ini semua dengan kepala tegak dan kebanggaan di dada. Kalo kami aja bisa melakukan hal-hal ini selama setahun di rumah aja, Bapak juga pasti bisa, tinggal dikaliin 12.

Editor Picks