Pledoi untuk Bunda Ratna Sarumpaet beserta Mobilnya 0 588

Ratna Sarumpaet, salah seorang pentolan dalam panggung teater dan seni di Indonesia, baru saja ditimpa musibah. Mobil kesayangannya yang leha-leha diparkir di bahu jalan sedang apes: diderek tanpa ba-bi-bu oleh Dinas Perhubungan DKI Jakarta. Setelah tercekat dan sedikit adu argumen (sebelas-duabelas dengan ngomel-lah kira-kira), Bunda Ratna yang kepalang trengginas marahnya, mencabut smartphone dan menelepon Gubernur Anies. Setelah beberapa kali tak diangkat, Bunda tak patah semangat, dan ia teruskan mengontak staf Anies. Alhasil, kabar baik akhirnya datang juga: mobil yang sempat diderek itu akhirnya dikembalikan ke pangkuan Bunda Ratna. Hepi ending!

Tapi tentu saja bagi sebagian besar netijen ini mengecewakan. Selain bahwa Bunda Ratna adalah bunda dari Atiqah Hasiholan yang kurang ajar mempesona lesung pipitnya, beliau juga dikenal luas sebagai aktifis kemanusiaan, juga salah satu penggalang gerakan reformasi menjelang Mbah Harto tumbang. Eeeh, lha kok malah minta bantuan kekuasaan dari atas untuk sekedar membebaskan mobil dari tahanan Dishub—sebuah ciri yang malah khas zaman Mbah Harto.

Tapi kan netijen tabiatnya memang begono. Pembaca yang budiman jangan sekalipun meniru netijen-netijen kemarin sore itu, sebab Bunda Ratna ini tak perlu diuji lagi untuk urusan komitmennya pada demokrasi dan perjuangan nilai-nilai humanisme. Justru hubungan langsung ke pusat kekuasaan adalah cara beliau untuk menjamin demokrasi dari dalam. Jika terjadi penyimpangan di bawah, kita dapat sewaktu-waktu membetulkan dari atas. Harus ada yang bisa berjaga seperti Buffon di gawang-gawang kekuasaan, yang sigap menangkap sedikit saja pelanggaran aparat atas warganya. Dan Bunda Ratna adalah tokohnya.

Netijen yang nyinyir mbok ya ngaca. SIM-mu tembakan di calo Colombo wae kok sok hebat bilang penindakan hukum. Knalpotmu brong, spionmu bejat, nyetirmu urakan sambil mbalesi chat yayangmu aja kok semangat sekali menceramahi orang. Apalagi yang ente ceramahi ini Ratna Sarumpaet. Jangan menggarami lautan atau ngajari ikan mujair renang. Anda sedang berhadapan dengan pejuang demokrasi!

Entah kenapa penulis selalu darah tinggi gemas tiap ada orang baik-baik unyu dinyinyiri secara tidak pas begini. Sudahlah. Lagipula tak ada yang bisa memverifikasi apakah muntab-nya Bunda Ratna adalah sejati atau sekedar akting watak. Siapa yang tahu andai ini semua adalah skenario manis untuk menguji kita agar menggunakan pikiran dengan lebih jernih dalam memetik hikmah: bahwa seorang individu warga Negara harus sanggup melawan demi hak-haknya, musti punya hubungan baik dengan siapapun hingga pucuk kekuasaan. Bukankah ini moral story yang manis sekali?

Jika ternyata mobil bunda Ratna menyalahi peraturan, ya harus ada sosialisasi yang jelas peraturan itu. Enak saja Negara main sita sambil berasumsi semua warganya sudah tahu aturan. Jadi semua pelanggaran di muka bumi ini harus direlakan andai kita-kita belum tahu aturannya. Tak masalah. Semua senang semua aman kan?

Netijen mbokya peka. Jangan ente pelihara itu kecamuk nyinyir yang makin menyubur, bukan hanya nyinyir yang dialamatkan pada Bunda Ratna, tetapi juga yang dikirim kepada Oom Anies. Sedikit-sedikit salah gubernur. Kita harus proporsional juga, Gubernur hanya mengurusi hal-hal besar dan penting macam Alexis. Jangan dikerdilkan dengan urusan parkir. Itu urusan terlalu mini untuk level Gubernur.

Mari pembaca menggunakan akal sehat. Kita yang orang-orang biasa dan amat kecil dalam panggung besar kekuasaan adalah pihak yang paling tak berdaya. Maka, tak ada jalan lain kecuali belajar melawan—sebagaimana secara sempurna dicontohkan oleh Bunda Ratna. Meski panggung kekuasaan bukan panggung teater, Ratna Sarumpaet memberi pelajaran bagi kita bagaimana mengkadali dan mencoreng-moreng stabilitas kekuasaan. Betapa Negara bisa memelihara kroni-kroninya dan takluk di hadapan mereka. Betapa naifnya sebuah peraturan yang susah-payah didesain, tetapi dengan mudah diabaikan, bahkan dibatalkan. Betapa Negara sudah demikian menua hingga tak kuat menyangga martabatnya. Betapa kita semua disuguhi tontonan teatrikal yang menarik.

Eniwei, contoh tentang Buffon tadi agak meleset. Lha kemarin dibobol CR7 (Cak Dodo) dua kali sambil melongo.

Previous ArticleNext Article

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Surat Terbuka untuk Livi Zheng 0 340

Nama Livi Zheng kini ramai “dibakar” di media. Banyak yang mencemooh Livi di tengah perjuangannya berkarya. Sebagai insan pecinta film, saya hendak mengajukan pembelaan terhadap yang bersangkutan.

Perlu diingat oleh warga alam semesta dari mana Livi menuntut ilmu. Tidak main-main, S1 ia tempuh di Washington dan S2 secara khusus mengambil jurusan Cinematic Arts di Southern California. Ia sudah memulai karir di dunia perfilman sejak usia belia, 25 tahun! Ya, di saat kamu-kamu semua di usia yang sama, kehidupan dan pekerjaannya masih gitu-gitu aja.

Di usia ke-30, ia sudah berhasil menelorkan dua karya yang katanya dia sendiri hebat luar biasa, Brush with Danger dan Bali: Beats of Paradise. Jelas ini prestasi yang perlu diakui.

Memangnya ada berapa anak bangsa yang bisa sekolah di luar negeri, di kampus yang bergengsi pula? Berapa banyak sih sutradara Indonesia yang betulan niat belajar film sampai ke negeri tetangga? Apalagi, tempat Livi mencari ilmu, Amerika Serikat, merupakan pusat perfilman dunia!

Berapa banyak juga sutradara yang sudah berdomisili di luar negeri, masih mau kembali ke Indonesia dan menggarap film dengan tema yang mengangkat kekayaan budaya bangsa? Bicara karya, berapa banyak juga sih sutradara Indonesia yang filmnya bisa tembus ke layar lebar Ameriki? Livi lah salah satunya yang bisa. Fakta tersebut harus kauterima, wahai Netijen!

Berbagai media kini berlomba-lomba mengorek latar belakang Livi Zheng. Bahkan sampai bisa mengurutkan silsilah keluarga berikut gurita bisnisnya. Detektif betul kerjaan jurnalis ini.

Namun, jika memang demikian adanya, bahwa Livi dilahirkan di keluarga beruntung yang bermodal besar, lantas kenapa? Ia punya ketertarikan di film, memanfaatkan kekayaan keluarga untuk membuat dan mempromosikan sendiri filmnya. Apa yang salah dari hal itu? Salahkah jadi horang kayah?

Pun bagaimana taipan Gunawan Witjaksono dan Lilik Juliati, orang tua Livi, menyokongnya soal gurita relasi. Hal ini dikritik tajam oleh media dan teman sutradara Indonesia lainnya.

Sekali lagi, saya merenung, apa yang salah dari punya relasi banyak? Orang top-top di Indonesia pula, mulai dari wakil presiden Jusuf Kalla, lord segala menteri Luhut Binsar Panjaitan, hingga Kapolri Tito Karnavian. Bukankah bagus berkawan baik dengan pemangku jabatan di negeri ini? Bukankah ini menandakan kelihaian Livi sekeluarga membangun relasi?

Jika seorang Livi Zheng berhasil meminta pejabat tinggi negara mempromosikan filmnya, berarti ia tidak cuma asal bisa berkarya dan hanya tahu dapur persyutingan, tapi juga cara mempromosikan karyanya sendiri. Gimana karya bisa berhasil jika tidak dipromosikan? Gak usah sok idealis lah kamu!

Tipe manusia itu berbeda-beda. Orang yang berkarya dan membiarkan karyanya sendiri yang berbicara, tidak mutlak lebih baik daripada orang yang koar-koar supaya karyanya dikenal orang. Asal Joko Anwar tahu, memanfaatkan profil diri dan relasi adalah strategi cerdas Livi Zheng membuat karyanya dikenal orang.

Pun di sebuah acara talkshow salah satu televisi nasional, alih-alih ingin menjernihkan perspektif masyarakat yang sudah terlanjur teracuni imej jelek Livi, malah ia semakin disudutkan. Tetapi, mau tidak mau Livi harus menaati formatan duduk dan arah talkshow yang bertujuan menghakiminya.

Bayangkan! Satu orang Livi, dihakimi 6 orang sutradara, produser, jurnalis, dan kritikus film. Kasihan, tahu! Mbok nek meh debat siji-siji, ojok tawuran!

Apa gak cukup kalian semua merendahkan martabat Livi Zheng sebagai sineas muda berbakat di media sosial? Gimana Indonesia mau maju, kalau setiap anak bangsa yang berkarya direndahkan begini, bukannya didukung?

Pokoknya untuk Kak Livi Zheng, kudu semangat terus! Film-film yang mengangkat budaya Indonesia darimu akan selalu kutunggu! (sembari menebak-nebak pejabat siapa lagi yang testimoninya akan diikutsertakan)

 

Surat untuk Bu Pemred dan Semua Anak Jakarte 0 124

Jokowi yang baru-baru saja melempar isu ibukota baru harus bertanggung jawab pada banyak hal. Mula-mula, ehm, ya tentang tuduhan bahwa “Jakarta baru” di Borneo sana adalah semacam pembelokan isu. Tapi tuduhan macam ini biasanya diselesaikan oleh buzzer-buzzer aktip kreatip, jadi kita skip untuk sementara.

Soal serius dari ini: siapa yang mengobati sakit hati Bu Demes yang sudah telanjur tinggal di Jakarta, dan ketika lagi sayang-sayangnya malah ditinggal minggat status ke-ibukota-annya? Berlaku pula teruntuk pesohor-pesohor yang menjadi besar nyali artisnya lantaran status ibukota.

Saya pernah suatu ketika menyimak obrolan superior mahasiswa “lo-gue” yang di telinga bikin geli tapi menarik. Mereka membahas mengapa hidup di Jakarta “ngangenin”, kendati macetnya sungguh luar bioskop, belum lagi polutan-polutan yang biadab. Kata salah satu tokoh dalam obrolan itu (tampaknya ia salah satu selebgram, dilihat dari alis mata dan warna semir rambutnya yang, ehm, keluar lintasan): “..yaa gimana2 jakarta tuh pusat. Lo mo ngomong macet kek, tapi semua-mua dari sana”.

Asoi betul logikanya. Dan dalam beberapa hal betul.

Tapi apa yang ditawarkan Jokowi dari perpindahan Ibukota? Atau sebetulnya tak perlu resep penawar apa-apa bagi mereka yang sudah telanjur sayang? Bagi mereka yang sudah kepalang mengadu nasib di Jakarta? Atau, yang paling gaswat, jangan-jangan tak perlu solusi apapun tentang ini karena perpindahan itu ada atau tiadanya tak punya dampak apapun?

Apa mau syahrini pindah ke Kaltim dan menjadi artis bau tambang? Atau sinetron-sinetron menjadi belepotan dan pada akhirnya membuat semacam reality show “apa dan bagaimana hidup di tengah tambang”?

Jika pada akhirnya perpindahan ibukota Cuma soal pindah status, yaa lalu yang berpindah apanya. Apakah tak ada cara lain yang lebih elegan untuk bakar duit?

Skian dan terima gadis.

 

Joni Locke

Belajar filsahwat, merantau ke negeri jauh.

Editor Picks