Perlunya Studi Banding dengan Oppa Seungri 0 637

Sebelumnya, tulisan ini bukan untuk membela Seungri ‘BIGBANG’. #sekadarmengingatkan.

Sekitar tiga atau dua bulan terakhir ini, K-Popers generasi dua (sing wis rodok tuek) pasti sedang sibuk menonton the real-life Korean drama yang sungguh membikin syok sekaligus miris. Apalagi kalau bukan drama skandal salah satu personel boygroup ‘BIGBANG’, Seungri?

Member termuda ini terlibat dalam skandal suap, peredaran narkoba di dalam klub malam Burning Sun, kekerasan, pelecehan seksual, lobi investor dengan jasa escorts, hingga kabarnya ia juga nyambih jadi germo.

Pada awalnya, masih banyak fans yang memberi dukungan pada Seungri untuk tetap kuat kala menghadapi masalah ini (termasuk saya). Apalagi, Seungri berjanji akan kooperatif menjalani pemeriksaan. Namun, semakin dikupas, semakin terlihat boroknya. Rupanya kasus ini tak sesepele yang saya kira.

Kalau pembaca yang budiman membaca isi grup chat Seungri dan kawan-kawan di Kakao Talk, sungguh biadab apa yang mereka lakukan kepada para perempuan muda yang dijadikan alat pemuas hasrat seksual mereka. Tak heran bila saat ini, Seungri menjadi manusia paling dibenci di Korea Selatan dan di-bully habis-habisan oleh netijen, terutama netijen Korea yang terkenal jahanamnya.

Seperti sewajarnya manusia normal yang terkena masalah–apalagi menjadi pemberitaan di seantero bumi–Seungri tampil di publik dengan wajah pucat dan terlihat ketakutan. Seungri yang biasanya cerewet, kini hanya berbicara seadanya. Saat pria yang dijuluki ‘Panda’ ini berada di kantor polisi untuk menjalani pemeriksaan, ia meminta maaf atas keributan yang ia buat. Meski secara implisit ia membela dirinya tak bersalah, ia mengatakan akan kooperatif untuk membantu polisi menyelesaikan kasus ini.

Terlepas tulus tidaknya, setidaknya Seungri masih tahu diri. Sesuai dengan judul yang diharapkan click-bait ini, mari kita bandingkan Seungri dengan para manusia kulit tebal berrompi oranye, alias tersangka KPK.

Janganlah ngarep mereka mengatakan mau kooperatif dalam penyidikan, malu saja tidak! Eh, malah cengengesan dan ngaku-ngaku dizolimi. Yang paling ekstrem, ada yang sampai produksi drama nabrak tiang listrik dengan benjol segede bakpao Chik-Yen (iku benjol opo tumor?). Saya rasa tak usah disebut namanya, toh para pembaca pasti otomatis tahu yang saya maksud ini Setya Novanto.

Kalau Seungri, beberapa minggu setelah kemunculannya di kantor polisi, dikeluarkannyalah sebuah berita yang mengguncang cakrawala dunia maya. Lewat akun Instagram pribadinya, ia mengumumkan mundur dari industri hiburan. Alasannya pensiun dari dunia yang membesarkan namanya itu tak lain, tak bukan, dan memang benar karena mega-skandalnya. Bahkan, rumor yang beredar, ia bukan secara sukarelawan keluar dari dunia hiburan, namun dikeluarkan oleh agensinya, YG Entertainment. Terlepas sukarela atau dipecat, setidaknya Seungri menampilkan dirinya di depan publik sebagai sosok yang tahu diri.

Sungguh mahaironis dengan yang terjadi di negara kita yang masih ber-flower alias berkembang ini. Apabila Seungri cabut dari karirnya sebagai artis lantaran sadar bahwa dosanya tak terampuni, eh lah kok mantan napi korupsi Endonesah malah dengan pedenya nyaleg? Ditandatangani pula oleh ketua partai.

Bahkan, meskipun ICW (Indonesia Corruption Watch) sudah mengumumkan daftar nama para mantan napi, dan netijen juga sudah bereaksi—perlu diingat, netijen Indonesia hampir sama jahanamnya dengan netijen Korea—tak satupun dari mereka ada yang malu dan mundur nyaleg! Alemong!

Memang KPU tidak membuat peraturan yang melarang mantan napi nyaleg, tapi ini masalah malu dan tahu diri, coy! Kalau Prabowo and the gang teriaknya Indonesia krisis keuangan, sesungguhnya, yang lebih darurat kita hadapi ini krisis malu dan tahu diri!

Bayangkan, bagaimana bisa mereka tahu tugas sebagai anggota legislatif kalau diri saja tidak tahu? Apa ‘malu’ dan ‘tahu diri’ sudah digadaikan untuk mencari modal politik? Mohon presiden berikutnya mengimpor malu, jika berkenan, karena realitanya pejabat kita masih banyak yang kekurangan stok malu.

Asu-dahlah, saya akhiri saja ke-julid-an ini. Sebab kalau dilanjutkan, eyke takut tercyduq polisi dengan bekal tuduhan UU ITE. Gitu, shay

Previous ArticleNext Article

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Bagaimana Kita dan Media Membungkus Gilang 0 475

Cerita murung bermula dari cuitan akun Twitter @m_fikris yang menceritakan kronologi bagaimana seorang laki-laki muda, dari suatu kampus kondang di Surabaya, melakukan pelecehan seksual secara verbal melalui pesan elektronik. Kisah pahit itu dijuduli dengan judul bombastis, macam portal berita onlen: “Predator Fetish Kain Jarik Berkedok Riset dari Mahasiswa PTN di SBY”. Lantas, satu negara ini sejenak melupakan corona, berpindah gandrung pada ‘Gilang’, nama yang disebut-sebut menjadi pelaku pelecehan.

Cerita bertopik seks semacam ini, pembaca tahu, dengan cepat sambung-menyambung, berbalas, dan dibagikan secara meluas di linimasa. Tak hanya ramai di media sosial, yang bahkan sempat menduduki tingkatan teratas trending topic, ia ramai menjadi buah bibir tetangga, hingga agenda pemberitaan media massa.

Selain soal menumbuhkan kewaspadaan bersama, tapi lalu mengapa media, dan juga kita, sangat berambisi pada cerita-cerita semacam ini? Ada beberapa hal yang penulis ajukan di sini.

Pertama, media kita memang mudah sekali terangsang mengangkat berita-berita berbau seks. Apalagi ada anomali yang baru, fetish atau dorongan seksual dalam konteks kasus Gilang ini unik: napsu melihat orang yang dibungkus seperti pocong dengan kain jarik. Sayangnya, pembawaan berita berputar-putar pada fenomena, bahkan mengungkap sejarah Gilang yang sudah sering melakukan tindakan asusila.

Tapi, kemalasan media membuatnya lupa memberi pendalaman perspektif psikologis atasnya. Apakah benar memang fetish? Atau justru gangguan kejiwaan lainnya yang tak berhubungan dengan seksualitas?

Ah, jangan heran, media kita kan memang dari dulu begitu. Sejak zaman Orde Baru, kita sudah di-ninabobo-kan dengan berita konflik pertumpahan darah dan SEKS, supaya pemerintah tidak perlu repot-repot menjawabi pemberitaan yang mengkritisi kinerjanya.

Kedua, kita sepakat – jika memang ini adalah kasus pelecehan seksual – selalu bak gunung es. Korban-korban Gilang lainnya, yang telah menjadi target operasi bertahun-tahun silam, baru terungkap semuanya, ketika ada satu orang yang berani bicara. Kita memang patut berterima kasih (jika memang baik budi niatnya) pada si pembuat thread pada mulanya.

Demikian pula dengan kasus pelecehan seksual yang sudah-sudah. Entah itu pedofilia, pelecehan dalam keluarga, bahkan dalam konteks pria-wanita, selalu membuat sang korban tak berani bicara. Sebaliknya, korban lebih banyak dirundung, dituduh menggoda dengan pakaian terbuka.

Karena memang, belum ada hukum di negeri ini yang mampu melindungi korban pelecehan seksual. Kalaupun ada kasus yang terungkap ke permukaan dan diproses hukum, ia haruslah viral terlebih dahulu di media sosial (dengan mempermalukan korban 2 kali lipat), agar bisa ditindak pakai ‘Sang Maha-benar’ UU ITE, yang tak pernah benar-benar menggasak betapa brengseknya tindakan pelecehan itu sendiri. Benar apa kata sjw-sjw feminis: RUU PKS harus segera disahkan!

Ketiga, persoalan Gilang ini tak bisa hanya dilihat soal orientasi seksual yang melenceng. Kita sepakat bahwa hal tersebut adalah kemerdekaan hak setiap orang. Yang jadi persoalan, cara Gilang – jika, sekali lagi, memang benar fetish – dalam mengajak si korban memuaskan birahinya.

Gilang menggunakan kata-kata yang manipulatif, membohongi anak-anak yang lebih muda darinya agar mau membantunya mengerjakan ‘tugas kuliah’. Ia juga mendekati orang-orang yang tak ia kenal sebelumnya, dengan bahasa perkenalan yang cenderung superior, dominan, sekaligus minim etika. Unggah-ungguh berkenalan, ngobrol, dan meminta tolong pada orang yang baru dikenal seharusnya milik kita semua, terlepas dari apapun pilihan jalan hidup dan orientasi seksualnya.

Keempat, pendapat netijen yang bermunculan akhir-akhir ini justru bernada mengolok karena menganggap Gilang pantas mendapatkannya. Ejekan itu berkedok guyonan, bahkan nama-nama besar seperti Babe Cabita – yang kemudian banyak dihujat netijen juga – ikut-ikutan menertawakan tindakan Gilang. Selain itu, kamu dan saya, mulut kita semua sudah sibuk ngrasani bersama teman-teman tentang betapa tak warasnya Gilang.

Kita tidak sadar, bahwa diri sendiri ini juga sami mawon: menjauhi dan mencibir entah korban entah pelaku, entah juga orang-orang macam Gilang; tapi lupa bersimpati, mendekati, mencari akar masalah, dan menyelesaikannya bersama-sama. Memang benar, gotong-royong yang diajarkan founding fathers kita hanya tinggal klise sekarang (lihat tulisan: ‘Menghidupkan Kembali Klise Kesadaran Kolektif’).

Pada akhirnya, soal bungkus-membungkus ini memang bukan milik Gilang dan rektorat kampusnya yang sibuk memberi pernyataan sikap semata. Ini juga masalah kita semua, yang sudah lama dibungkus rasa egois dan gengsi, menutup mata dan telinga pada persoalan sosial di sekitar kita.

 

*) Ilustrasi oleh: Tiara Sakti Ramadhani

Menggambar dari Ngagel. Pemanah dan penggemar BTS profesional. Bisa dihubungi melalui akun Instagram @tiarasr.art.

Sejumlah Latar Belakang Maraknya Jari-jari Tega 0 181

Oleh: Evelyn Tania*

Pernahkah Anda membaca hate comment saat menjelajahi internet? Pernahkah melihat seseorang menyerang orang lain atas perkataan atau komentar yang dibuat di internet? Saya yang belakangan ini baru saja mulai menyukai seleb K-pop sering melihat hal tersebut, dan saya merasa sangat sedih nan kecewa setiap kali melihat hal seperti ini terjadi.

Seringkali saat browsing video di YouTube, saya melihat komentar yang secara langsung menyerang orang-orang yang ada dalam video. Jangankan di YouTube, banyak orang meninggalkan hate comment pada kampanye Black Lives Matter yang maksudnya hanya ingin menyetarakan derajat sesama manusia. Padahal sudah beberapa kali terjadi peristiwa di mana hate comment mendorong si target kebencian menuju depresi dan bahkan bunuh diri.

Saya jadi berpikir, kenapa sih ada orang yang kurang kerjaan hingga membenci orang-orang yang tidak mereka kenal? Apa salah orang-orang di internet ini sampai memicu kebencian mereka? Tidak pernahkah mereka yang meninggalkan hate comment berpikir bagaimana komentar mereka akan mempengaruhi kepercayaan diri dan mental dari orang yang dituju? Atau jangan-jangan memang itu tujuannya?

Menurut saya pribadi, terdapat dua alasan utama yang menyebabkan orang-orang ini tega meninggalkan hate comment pada orang lain, yang seringnya kok ya lebih terkenal daripada mereka sendiri. Keduanya adalah kecemburuan terhadap mereka yang disukai banyak orang dan ketakutan atas perubahan yang dibawa orang-orang tersebut. Bagaimana kedua alasan tersebut memicu kebencian dalam diri, terutama terhadap mereka yang mungkin tidak akan ditemui langsung oleh hate commenters ini sepanjang hidup?

Kecemburuan, dari beberapa literatur yang pernah saya baca dan film populernya Mas Brad Pitt, adalah salah satu dari The Seven Deadly Sins, tujuh dosa utama yang sering dirasakan manusia. Bahasa sabrangnya “envy”.

Kita semua tahu bahwa manusia adalah makhluk yang memiliki banyak keinginan. Saat satu keinginan telah terkabulkan, maka akan muncul keinginan yang baru. Begitu seterusnya. Saat kita melihat orang lain memiliki sesuatu yang tidak kita miliki atau sesuatu yang kita inginkan, maka perasaan yang dinamakan kecemburuan ini akan muncul. Kita jadi menginginkan hal tersebut dari orang lain.

Menurut saya, para pemilik jari tega meninggalkan hate comment karena mereka melihat sosok yang disukai banyak orang dan cemburu karena mereka sendiri juga ingin populer. Rasa cemburu ini terkadang berubah menjadi kebencian, karena mereka tidak dapat mencapai keinginan tersebut, lalu ingin melampiaskannya kepada orang yang menimbulkan perasaan tersebut. Bisa juga malah terjadi karena cemburu oleh keberadaan seleb lain yang lebih terkenal dibandingkan seleb favorit mereka.

Di sisi lain, ketakutan juga dapat menimbulkan perasaan benci. ‘Humans fear the unknown’ adalah pepatah yang sering muncul dalam berbagai literatur terkait ketakutan manusia akan hal-hal yang tidak mereka ketahui.

Dalam kehidupan sehari-hari, manusia memiliki standar ‘normal’ yang dicetuskan masyarakat dan diikuti dengan ketat. Bila terdapat perkembangan atau perubahan terhadap kenormalan tersebut, maka—tergantung dari perubahan yang terjadi—manusia dapat memiliki reaksi ekstrem.

Pemisalan yang dapat dilihat terkait reaksi manusia adalah dalam isu Black Lives Matter akhir-akhir ini. Selama ini, mayoritas dari orang Amerika berkulit putih berpegang pada kenormalan di mana mereka memiliki derajat yang lebih tinggi dibandingkan orang berkulit hitam dan seluruh dunia. Meskipun mungkin ada yang tidak setuju atau tidak menerima kondisi tersebut sebagai sesuatu yang normal.

Dengan berkembangnya pengetahuan dan kesadaran sosial masyarakat, semakin banyak masyarakat dunia sudah tidak dapat menerima diskriminasi yang dialami oleh mereka yang berkulit hitam di Amerika. Mulailah bermunculan berbagai organisasi sosial dengan tujuan menyamakan derajat semua orang di Amerika.

Hal ini mengganggu kenormalan yang selama ini dipegang mayoritas warga Amerika. Mereka merasa takut terhadap kemungkinan bahwa kenormalan mereka akan mengalami perubahan. Sehingga muncul perasaan benci terhadap segala upaya yang dilakukan organisasi-organisasi sosial tersebut.

Perasaan benci yang telah timbul terkadang mereka rasa perlu diekspresikan, untuk membuat diri sendiri merasa lebih baik. Bentuk ekspresi ini paling sering muncul dalam bentuk hate comment, karena adanya perlindungan anonimitas di sana. Selain itu, juga karena meninggalkan hate comment adalah sesuatu yang sangat mudah dilakukan. Sampai-sampai anak berusia 7 tahun juga dapat melakukannya (saya pernah melihatnya sendiri). Kedua hal tersebut memberikan kebebasan bagi manusia untuk melampiaskan kebencian mereka kepada orang-orang yang tidak bersalah, tanpa mempedulikan konsekuensi terhadap diri sendiri maupun si target.

Perasaan benci merupakan sesuatu yang telah menyebabkan banyak konflik dalam sejarah dunia. Kita perlu menyadari bahwa membiarkan perasaan benci menguasai hidup kita hanya akan membawa penderitaan bagi kita sendiri. Mungkin kita akan merasakan kesenangan sesaat saat melakukan tindakan yang didorong kebencian. Namun sesuai dengan hukum karma, kita akan menerima apa yang kita berikan kepada orang lain.

Setidaknya dalam konteks yang telah saya sampaikan dalam tulisan ini, beberapa hal yang harus disadari oleh kita adalah bahwa jika kita menginginkan sesuatu yang dimiliki orang lain, kita seharusnya berjuang untuk memperoleh hal tersebut. Bukan malah membenci orang lain dan jadi terlewat untuk secara nyata memperjuangkan keinginan tersebut.

Hal lain yang dapat membantu adalah dengan membuka pemikiran kita terhadap segala sesuatu dan tidak memaksakan pemikiran kita dalam batas yang kaku. Dunia ini selalu berkembang dan berubah, dunia tidak akan berhenti apabila kita tidak dapat menerima perubahan. Dunia justru akan meninggalkan kita. Gitu, ghes

 

*) Seorang mahasiswa Fakultas Ekonomika dan Bisnis Universitas Gadjah Mada. Bercita-cita sederhana: tak ada lagi kebencian di bumi ini.

*)Tulisan ini juga dimuat di e-Book “Eka-citta Writing Workshop Kamadhis UGM 2020” dan diedit seperlunya oleh tim redaksi.

 

*) Ilustrasi oleh: Celine Anjanette (@petiteanette)

Editor Picks