Berikut Aplikasi Android yang Bermanfaat Bagi Pengguna

Begitu banyak aplikasi Android yang bisa kamu download sesuai dengan kebutuhan. Masing-masing memiliki fitur yang berbeda untuk meningkatkan produktivitas atau membantu rutinitas sehari-hari kamu. Berikut daftar aplikasi android yang bermanfaat yang bisa kamu download untuk membantu kegiatan sehari-hari.

Aplikasi Android Paling Bermanfaat yang Harus Ada di Ponsel

1. Aplikasi True Caller

True Caller sangat bermanfaat untuk mencegah kamu menerima panggilan spam atau panggilan dari nomor-nomor yang tidak diinginkan. Aplikasi android ini bisa memberitahukan informasi atau identitas dari penelpon. Jadi kamu bisa lebih mudah untuk memutuskan apakah panggilan tersebut diangkat atau diabaikan saja.

Aplikasi ini sangat membantu pengguna untuk melindungi dari penelpon yang menawarkan promosi, pinjaman uang, atau telepon lain yang tidak diharapkan. Biasanya untuk nomor-nomor yang sudah banyak masuk spam, maka akan muncul informasi nomor spam. Identitas penelpon yang dapat diketahui ini supaya kamu bisa terhindar dari penipuan yang marak melalui panggilan spam.

2. Aplikasi Google Find My Device

Ponsel Android memang membutuhkan banyak aplikasi Google untuk membantu kegiatan sehari-hari. Salah satu aplikasi Google yang bermanfaat untuk pengguna android adalah Google Find My Device. Kamu bisa membuka aplikasi ini dan mengaktifkan fitur pelacakan device atau smartphone.

Aplikasi Google Find My Device sangat membantu apabila sewaktu-waktu kamu kehilangan hp karena lupa meletakkannya atau jatuh di suatu tempat. Aplikasi ini dapat melacak posisi perangkat dengan teknologi GPS

Selain melacak posisi hp, aplikasi Google Find My Device juga sudah dilengkapi dengan fitur untuk mengunci ponsel jika kemungkinan ponsel kamu berada di tangan orang lain. Melalui aplikasi ini, kamu bisa menghapus semua data sehingga orang lain tidak bisa mencurinya.

3. Aplikasi Duolingo

Belajar bahasa asing dulu hanya bisa dilakukan melalui guru private atau tempat les bahasa. Namun sekarang kamu bisa belajar bahasa asing secara online melalui aplikasi. Salah satu aplikasi yang bermanfaat untuk membantu kamu belajar bahasa adalah Duolingo.

Aplikasi ini tidak hanya menyediakan pembelajaran untuk bahasa Inggris saja, tetapi ada banyak pilihan bahasa yang bisa dipelajari melalui Duolingo. Kamu bisa belajar dengan asyik melalui latihan soal-soal yang bisa dibuka setiap harinya.

4. Aplikasi Netflix

Buat kamu yang suka nonton film online, Netflix bisa masuk daftar aplikasi android yang bermanfaat untuk kamu download. Aplikasi streaming video ini banyak menayangkan box office film-film Hollywood, film Indonesia, dan film original Netflix yang bagus-bagus.

Aplikasi yang dapat didownload gratis melalui Play Store ini memudahkan kamu untuk menonton film melalui smartphone. Kamu cukup berlangganan mulai Rp 60.000 per bulan dan bisa menikmati berbagai film menarik di Netflix. Film yang bisa kamu tonton untuk meredakan stres dan rasa lelah setelah beraktivitas.

5. Aplikasi Adobe Lightroom CC

Selanjutnya adalah aplikasi dari Adobe yang populer di kalangan pengguna Android untuk edit foto. Aplikasi Adobe Lightroom CC merupakan salah satu aplikasi yang dapat digunakan untuk mengedit foto seperti profesional.

Ada banyak pilihan preset yang bisa menyulap foto kamu menjadi lebih dramatis. Preset Lightroom juga bisa ditambahkan sendiri supaya kamu tidak perlu pusing mengedit pengaturan satu per satu.

6. Aplikasi Disney + Hotstar

Buat kamu yang ingin menyukai tayangan hiburan, aplikasi Disney + Hotstar bisa menjadi rekomendasi aplikasi android yang bermanfaat. Berbagai film Disney yang bisa kamu tonton bersama anak-anak pada akhir pekan. Tayangan khusus anak-anak yang tersedia di aplikasi ini juga lebih baik dibandingkan tayangan tv yang mungkin kurang aman untuk ditonton.

Aplikasi ini juga menjadi salah satu aplikasi yang berguna terutama bagi para penggemar film superhero Marvel. Film-film yang sudah tayang bisa kamu tonton melalui aplikasi Disney di smartphone.

7. Aplikasi Udemy

Udemy adalah salah satu aplikasi android yang bermanfaat jika kamu sering belajar online melalui smartphone. Aplikasi ini menyediakan fasilitas untuk kamu belajar bidang keahlian tertentu dan mendapatkan sertifikasi.

Terdapat beberapa course yang bisa kamu ikuti melalui aplikasi android ini. Aplikasi Udemy bisa kamu manfaatkan untuk mendapatkan pendidikan di luar sistem pendidikan sekolah atau pendidikan formal.

8. Aplikasi Google Maps

Google Maps masuk daftar aplikasi android yang bermanfaat yang wajib kamu miliki. Aplikasi dari Google ini menyediakan fitur lengkap untuk peta atau petunjuk arah. Jika kamu sering bepergian, kamu bisa memanfaatkan Google Maps untuk menemukan rute dan jalan menuju tujuan.

Aplikasi android yang dimiliki Google ini memiliki fitur yang lebih lengkap dibanding aplikasi sejenis seperti Waze. Kamu bisa mencari rute perjalanan dari satu titik ke titik lainnya, mulai dari rute untuk mobil, sepeda motor, kendaraan umum, dan jalan kaki.

Lokasi di Google Maps ini juga bisa dibagikan ke media sosial seperti WhatsApp sehingga kamu bisa memberitahukan ke orang lain posisi kamu. Selain itu, Google Maps juga bisa digunakan untuk kamu mencari tempat-tempat wisata, tempat nongkrong, atau tempat populer lain dan mengirimnya ke teman.

9. Aplikasi InShot

Inshot merupakan salah satu aplikasi android terbaik untuk edit video. Aplikasi video editor ini memiliki banyak tool untuk editing seperti trim durasi, menambahkan teks, mengatur kecepatan video, menambahkan musik, memotong video, hingga filter video yang menarik.

Aplikasi video editor ini juga memiliki tampilan yang cukup sederhana dan mudah digunakan untuk pemula. Kamu bisa menambahkan video untuk diedit dan kemudian dibagikan ke media sosial. Semuanya bisa dilakukan dalam satu aplikasi android gratis ini.

Tidak perlu biaya berlangganan dan kamu bebas untuk edit video. Selain itu, fitur lain yang ditawarkan InShot juga termasuk kolase foto untuk kamu yang ingin menggabungkan beberapa foto dalam satu frame. Ada banyak pilihan model kolase yang bisa kamu gunakan.

10. Aplikasi 1Weather

Terkadang perubahan cuaca membuat sebagian orang harus mengubah jadwal bepergian atau rencana kegiatan lainnya. Kamu bisa menggunakan aplikasi 1Weather untuk mengecek kondisi cuaca dan juga perkiraannya.

Aplikasi ini memiliki tampilan yang cukup sederhana dan menarik. Kamu bisa download aplikasi untuk hp Android dan menambahkannya ke dalam widget.

11. Aplikasi LastPass Password

Aplikasi berguna yang bisa kamu install berikutnya adalah LastPass Password. Kamu bisa menyimpan seluruh password dari aplikasi yang digunakan ke dalam aplikasi ini. Jadi jika kamu lupa password, kamu tidak perlu bingung atau repot-repot menggantinya karena password sudah tersimpan.

Cocok buat kamu sering lupa password sehingga kesulitan untuk login atau masuk ke aplikasi. LastPass Password ini memiliki sistem password generator jika kamu ingin membuat password baru. Jadi lebih aman dan tidak mudah untuk dicuri atau dibobol.

Itulah daftar aplikasi android yang bermanfaat untuk kamu download. Setiap orang berbeda-beda kebutuhannya jadi bisa dikatakan aplikasi yang paling bermanfaat itu subjektif. Namun aplikasi-aplikasi di atas paling tidak memiliki fitur yang lengkap untuk kegunaan tertentu yang bisa kamu download.