Cara Membatalkan Pengiriman Email di Gmail

Selesai, email Anda terkirim… dan Anda baru menyadari bahwa Anda melakukan kesalahan besar, atau ada lampiran yang hilang? Dengan Gmail, Anda dapat membatalkan email yang telah terkirim, tetapi Anda tidak memiliki waktu yang lama untuk melakukannya. Anda harus bereaksi dengan cepat.

Jika aplikasi chatting instan telah menjadi banyak digunakan di ponsel kita, email klasik tetaplah penting. Terutama pada percakapan profesional atau pertukaran administratif.

Tentu saja, refleks buruk dari percakapan instan kita terkadang bisa menjebak kita. Antara kecenderungan untuk menekan tombol kirim dengan sangat cepat dan fakta sederhana, yaitu melupakan elemen penting seperti lampiran…

Seringkali kita berharap untuk membatalkan pengiriman email setiap hari . Tapi hal-hal kecil ini hilang begitu cepat… Untungnya, Gmail memikirkan Anda dan memiliki opsi untuk menarik kembali email yang dikirim secara tidak sengaja.

GMAIL: CARA MEMBATALKAN PENGIRIMAN EMAIL

Jelas, mengirim email hampir seketika, sehingga hampir tidak mungkin untuk membatalkannya setelah tombol “Kirim” ditekan. Jadi, mari kita perjelas: tidak ada opsi untuk menghapus pesan yang sudah masuk ke kotak surat penerima .

Tetapi Gmail selalu mengamati penundaan beberapa detik setelah tindakan yang menentukan. Hal ini memungkinkan Anda untuk memiliki periode waktu di mana Anda masih dapat membatalkan pengiriman gif yang tidak ada hubungannya dengan surat yang ditujukan kepada atasan Anda.

Fitur ini sudah ada selama bertahun-tahun. Dan jika perlu untuk mengaktifkannya sebelumnya selama fase percobaan, fungsionalitasnya sekarang diaktifkan secara default pada semua akun Gmail. Jadi, Anda tidak perlu melakukan apa pun, kecuali jika Anda ingin mengubah waktu tunda default.

Kita akan melihat bagaimana cara melanjutkannya. Tapi pertama-tama, inilah cara membatalkan pengiriman email di Gmail. Peringatan: secara default, Anda hanya memiliki waktu 5 detik untuk menarik kembali . Setelah pesan terkirim, cukup tekan tombol batal pada gelembung hitam yang muncul di bagian bawah layar (ponsel cerdas atau PC).

Unsend an email on Gmail

BAGAIMANA CARA MENGUBAH WAKTU TUNDA?

  • Buka Gmail.com dan masuk ke akun Anda
  • Di kanan atas, klik tombol roda gigi
  • Klik Lihat Semua Pengaturan
  • Di tab Umum, cari baris Batalkan pengiriman
  • Klik kolom drop-down untuk mengatur waktu pembatalan setelah pengiriman. Waktu tunggu default adalah 5 detik, namun Anda dapat meningkatkan batas waktu menjadi 10, 20, atau 30 detik

 

Set up undo delay on Gmail

  • Klik Simpan Perubahan di bagian paling bawah halaman.

Anda sekarang memiliki lebih banyak waktu untuk membatalkan email Anda jika Anda membuat kesalahan. Setelah penundaan yang dikonfigurasi, tindakan pengiriman menjadi tidak dapat dibatalkan.