Cara Mengaktifkan Mode Gelap atau Dark Mode di Google Chrome

Mode Gelap atau Dark Mode menjadi cukup populer karena pada mode ini tampilannya terbilang lebih menarik. Salah satunya adalah Anda bisa menggunakan Dark Mode pada Google Chrome untuk mengubah tampilan Chrome agar terlihat berbeda.

Kini bisa dibilang pengaturan tema aplikasi semakin banyak dan pengguna tinggal memilih ingin menggunakan Dark Mode atau Light Mode. Sementara itu, sistem fitur Dark Mode masih jarang dan belum maksimal.

Memang semua halaman dan aplikasi mendukung Dark Mode bawaan sistem, namun untuk aplikasi pihak ketiga masih banyak yang belum mendukung. Selain itu, jenis layar juga mempengaruhi karena Dark Mode lebih cocok pada layar AMOLED dan OLED.

Sedangkan pada layar IPS Dark Mode kesannya kaku dan tidak hitam pekat melainkan hitam terang. Mengapa kali ini saya membahas Dark Mode di Chrome dan mengapa tidak di aplikasi atau browser lain?

Saya membahas Dark Mode di Google Chrome karena Chrome adalah browser yang paling populer saat ini. Jangan khawatir, caranya sangat mudah karena pengaturan tampilan untuk Light Mode dan Dark Mode sudah tersedia di pengaturan aplikasi Google Chrome.

Tutorial mengubah tampilan Chrome menjadi gelap, kali ini saya mendemonstrasikannya di perangkat Android. Sedangkan untuk iOS dan Windows sebenarnya sama saja, Anda bisa mengakses Settings atau Pengaturan.

Tanpa panjang lebar, saya akan langsung menjelaskan cara mengubah tampilan Chrome menjadi gelap. Sebelum melanjutkan, Anda bisa memasang ekstensi pada Google Chrome dan Anda bisa memanfaatkan ekstensi yang ada sesuai dengan kebutuhan.

Cara Mengaktifkan Mode Gelap di Google Chrome

Langkah 1: Anda membuka Google Chrome lalu pilih Menu

Dark Mode in Google Chrome

Langkah 2: Pilih Pengaturan

Google Chrome Application Settings

Langkah 3: Kemudian di Pengaturan, pilih Tema

Google Chrome App Theme

Langkah 4: Terdapat 3 opsi, yaitu System Default, Light (Cahaya), dan Dark (Gelap)

Google Chrome Light Theme

Langkah 5: Dan seperti inilah tampilan Mode Gelap di Google Chrome

Google Chrome Dark Theme

Meskipun dikatakan Mode Gelap atau Dark Mode lebih ramah di mata, namun bagi saya tidak nyaman. Karena semakin gelap, mata kita akan berusaha untuk melihatnya karena cahayanya tidak terlalu berbeda dengan tampilan yang terang.

Daripada mengaktifkan Dark Mode di Chrome atau di aplikasi lain, lebih baik Anda mengaktifkan Reading Mode karena lebih nyaman. Reading Mode membuat tampilan layar menjadi lebih hangat dan menyaring cahaya biru.

Sebelum saya akhiri pembahasan mengenai Dark Mode di Google Chrome, Anda bisa membaca cara melihat password yang tersimpan di akun Google. Anda bisa mengecek siapa tahu ada password di akun penting yang sebelumnya Anda lupa passwordnya.