Cara Mengatasi Notifikasi di Gmail Tidak Muncul Saat Ada Email Masuk

Jika Anda tidak mengubah pengaturan notifikasi, notifikasi di Gmail tidak akan muncul, Anda tidak akan mengalaminya. Notifikasi yang saya maksud kali ini adalah ketika ada email masuk, aplikasi Gmail tidak menampilkan notifikasi.

Jadi Anda baru bisa tahu ada email masuk atau tidak ketika Anda membuka aplikasi Gmail dan memperbaruinya. Karena jika hanya membuka saja dan tanpa mengupdate sama saja, aplikasi Gmail tidak akan menampilkan email masuk jika memang ada.

Notifikasi email masuk dari aplikasi Gmail yang tidak muncul bisa jadi karena masalah sinkronisasi akun Google dengan perangkat Android. Jadi penyebab utamanya adalah karena masalah sinkronisasi.

Misalnya, tidak ada masalah sinkronisasi tetapi notifikasi email tidak muncul ketika ada email masuk ke akun Gmail Anda, hal ini bisa saja disebabkan oleh faktor lain. Apa saja faktornya? Faktor tersebut adalah pengaturan notifikasi pada aplikasi Gmail.

Namun, sepengetahuan saya penyebab paling umum yang menyebabkan notifikasi email dari Gmail tidak muncul adalah karena masalah sinkronisasi. Sedangkan penyebab lainnya adalah karena pengaturan atau setting notifikasi yang mungkin tidak sengaja Anda nonaktifkan.

Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak solusi mengatasi notifikasi Gmail yang tidak muncul di layar saat ada email masuk. Bagi Anda yang memang perlu membuka email masuk secara langsung, Anda perlu membaca artikel ini.

Saya sendiri tidak terlalu membutuhkannya sehingga lebih memilih untuk melakukan update langsung melalui aplikasi Gmail. Sebelum lanjut ke solusi notifikasi aplikasi Gmail yang tidak muncul, apakah Anda merasa tidak nyaman dengan menu Meeting yang ada di aplikasi Gmail? Jika Anda merasa tidak nyaman dan ingin menghilangkannya, Anda bisa membaca artikel tentang menghilangkan menu Meeting di aplikasi Gmail.

Solusi Mengatasi Notifikasi di Gmail Tidak Muncul atau Tidak Langsung Muncul

Langkah 1: Untuk mengatasi aplikasi Gmail tidak menampilkan notifikasi, langkah pertama adalah dengan membuka Pengaturan lalu pilih Akun & sinkronisasi

Solution Notifications in Gmail Not Appearing

Langkah 2: Sekarang aktifkan Sinkronisasi data secara otomatis, jika awalnya tidak aktif, silakan aktifkan

Accounts and Sync

Langkah 3 : Setelah Pengaturan Sinkronisasi data secara otomatis atau Automatic sync aktif, nantinya jika ada email yang masuk akan langsung muncul notifikasi atau pemberitahuan dari aplikasi Gmail

Auto Sync On

Langkah 4: Jika sinkronisasi otomatis sudah aktif tetapi notifikasi dari Gmail tidak muncul, Anda harus memastikan semua notifikasi di aplikasi Gmail sudah aktif. Caranya, silakan akses Info Aplikasi Gmail kemudian pilih Notifikasi

Gmail App Notifications

Masalah notifikasi email yang tidak muncul di Gmail bisa disebabkan oleh dua faktor. Yang pertama karena sinkronisasi otomatis tidak aktif sehingga ketika ada email masuk notifikasi tidak akan muncul karena aplikasi Gmail tidak tersinkronisasi dengan layanan Gmail.

Sedangkan yang kedua misalnya sinkronisasi otomatis aktif namun notifikasi tidak muncul, bisa disebabkan karena Anda tidak sengaja menonaktifkan pengaturan notifikasi di aplikasi Gmail. Baik secara keseluruhan atau hanya di beberapa akun yang terhubung.

Nah itulah solusi untuk mengatasi notifikasi di Gmail yang tidak muncul atau tidak muncul. Sebelum saya akhiri, agar akun Google Anda aman, Anda bisa menambahkan atau mengedit email pemulihan akun Google Anda dengan email aktif lain yang Anda miliki.