Google Doc: Kiat Terbaik Untuk Menggunakannya dengan Baik

Google Docs adalah layanan yang memiliki keunggulan karena dapat diakses oleh semua orang dan sangat mudah digunakan. Namun, meskipun terlihat sederhana, Google Docs menawarkan banyak fitur yang berguna untuk produktivitas. Berikut ini beberapa tips yang dapat berguna untuk menghemat waktu setiap hari.

Google Docs adalah platform pengolah kata online yang sangat populer. Google Docs menyediakan layanan perkantoran yang sangat dibutuhkan pengguna secara gratis. Tidak perlu lagi membeli (atau kurang lebih mengambil secara legal) paket perangkat lunak, perusahaan Mountain View menawarkan kepada kita semua ini dalam satu paket, dengan tambahan integrasi awan dan alat untuk kerja kolaboratif.

Namun kita harus mengakui bahwa banyak dari kita yang hanya mengeksploitasi permukaan kemungkinan Google Docs, yang jauh lebih dalam daripada yang terlihat dari segi fungsionalitas. Itulah mengapa kita akan bersama-sama menemukan beberapa tips untuk mengoptimalkan penggunaan Google Docs dan meningkatkan produktivitas. Untuk memulai, Anda harus masuk ke akun Google Anda.

BAGAIMANA CARA MEMBUAT SARAN DI GOOGLE DOCS?

Apabila Anda bekerja bersama pada suatu dokumen, Anda bisa mengedit atau menghapus konten secara langsung, atau menambahkan komentar apabila Anda melihat ada yang perlu diperbaiki. Namun dalam situasi ini, ada fitur yang sangat berguna namun belum banyak diketahui: mode Saran. Untuk mengaktifkannya, cukup klik ikon pensil di bawah tombol Bagikan berwarna biru di sudut kanan atas. Anda kemudian memiliki pilihan antara Edit (default), Sarankan (yang kami minati di sini) dan Lihat (untuk mendapatkan gambaran umum yang lebih baik tentang bagaimana tampilan dokumen).

Dengan Saran, semua perubahan yang dibuat diintegrasikan dalam teks dengan warna yang berbeda dan tanpa menghapus konten sebelumnya. Kolaborator kemudian dapat memvalidasi atau tidak perubahan tersebut dengan klik sederhana pada sebuah tombol. Pilihan penting untuk pekerjaan kolaboratif. Dan dengan perintah Ctrl + Alt + O atau Ctrl + Alt + U atau dengan masuk ke Alat > Tinjau perubahan yang disarankan, Anda diarahkan ke saran yang akan divalidasi atau dibatalkan.

BAGAIMANA CARA MENGIDENTIFIKASI KOLABORATOR DI GOOGLE DOCS?

gdocs tag

Fungsi lain yang sangat berguna ketika ada beberapa orang yang mengerjakan dokumen Google Doc, kemungkinan untuk “menandai” satu atau beberapa orang dalam komentar untuk menarik perhatian mereka (mereka akan menerima pemberitahuan). Untuk melakukannya, Anda hanya perlu memilih area dokumen yang diinginkan, tekan tombol tambah komentar, dan ketik: “@ + alamat email orang yang bersangkutan”. Cara ini lebih nyaman daripada mengirim email, dan lebih dapat diandalkan daripada berharap seseorang akan melihat komentar Anda.

BAGAIMANA CARA MENEMUKAN VERSI LAMA DARI DOKUMEN GOOGLE?

Google Dokumen membuat banyak cadangan dokumen dan menyimpan beberapa versi dari waktu ke waktu. Hal ini memungkinkan Anda untuk mengambil dokumen seperti X jam atau X hari yang lalu, karena Anda tidak menyetujui perubahan yang telah dibuat sejak saat itu atau jika konten telah dihapus.

Untuk melakukannya, buka File < Riwayat Versi > Lihat Riwayat Versi atau gunakan pintasan keyboard Ctrl + Alt + Shift + H. Anda juga dapat memeriksa siapa yang membuat perubahan pada dokumen dengan teknik ini.

BAGAIMANA CARA MEMULAI INPUT SUARA?

Dengan sedikit Ctrl + Shift + S atau dengan masuk ke Alat < Input Suara, Anda dapat mendiktekan teks alih-alih mengetiknya. Dalam bahasa Prancis, tidak semuanya sempurna dalam hal pengenalan suara, jadi berhati-hatilah dalam mengartikulasikan saat berbicara agar Anda tidak mendapatkan teks yang sangat berbeda dari yang Anda ucapkan. Ini dapat berguna dalam situasi tertentu, tetapi Anda tidak boleh berharap terlalu banyak dari fungsi ini untuk saat ini, yang membutuhkan lebih banyak pekerjaan untuk dieksploitasi sepenuhnya.

DI MANA TEMPLAT GOOGLE DOCS?

gdocs templates

Apakah Anda takut dengan selembar kertas kosong, kekurangan inspirasi, atau hanya ingin menghemat waktu? Saat membuat dokumen baru, pilih Dari template. Google Dokumen menawarkan sejumlah templat yang dapat digunakan sebagai dasar untuk menulis dokumen Anda. Ada templat untuk berbagai jenis konten: CV, buletin, brosur, resep, catatan rapat, proposal proyek, surat bisnis…

BAGAIMANA CARA MENGEDIT GAMBAR DI GOOGLE DOCS?

Google Docs juga memungkinkan Anda untuk mengedit gambar secara langsung dari antarmukanya. Ini masih dasar, tetapi ada beberapa opsi yang berguna: mengubah ukuran, memotong, mengubah ukuran, menambahkan garis tepi, mengubah orientasi… Dengan mengklik pada gambar dan kemudian pada Opsi Gambar di bilah menu, kemungkinan lain akan muncul.

Contohnya, Anda bisa memilih pewarnaan baru atau menyesuaikan transparansi, kontras dan kecerahan. Ini bukan pengganti untuk tindakan yang lebih luas di Photoshop, tetapi cocok untuk retouch kecil yang jika tidak, perlu membuka Paint atau editor Windows.

BAGAIMANA CARA MEMASUKKAN PENANDA?

Di Google Dokumen, Anda dapat menambahkan penanda di dalam dokumen untuk menemukan konten tertentu dengan cepat. Untuk melakukannya, cukup buka menu Sisipkan dan pilih Penanda. Simbol penanda biru akan muncul di lokasi yang diinginkan. Anda juga dapat menambahkan tautan untuk menemukan bagian dari dokumen Anda dengan cepat tanpa harus menggulir atau mencari kata kunci.

BAGAIMANA CARA MENAMBAHKAN KATA KE DALAM KAMUS?

Pemeriksa ejaan dan tata bahasa Google Docs terkadang berguna untuk menemukan kesalahan pengetikan. Namun, alangkah menyebalkannya jika ia menggarisbawahi dengan warna merah kata yang benar namun tidak dimengerti. Jika Anda tahu bahwa Anda akan mengulangi kata yang tidak dikenal ini beberapa kali, Anda dapat menambahkannya ke kamus sehingga ia akan berhenti menganggapnya salah. Klik kanan pada kata yang dimaksud setelah memilihnya, lalu klik Tambahkan “X” ke kamus, dan selesai.

BAGAIMANA CARA MEMBUAT PINTASAN ANDA SENDIRI?

gdoc raccourcis

Pilihan praktis untuk mengetik dengan cepat karakter atau kata yang sering Anda gunakan dan yang mengalami kesulitan dalam penulisan, terutama karena alasan keyboard. Buka Alat < Preferensi dan masuk ke bagian Ganti Otomatis.

Secara default, sudah ada pintasan yang telah diprogram: ketik (c) untuk mendapatkan ©, misalnya. Di kolom Replace sebelah kiri, isikan apa yang ingin Anda ketik. Di kolom sebelah kanan By, masukkan apa yang Anda inginkan untuk menggantikan karakter di kolom pertama.

BAGAIMANA CARA MENAMBAHKAN FONT DI GOOGLE DOCS?

Gdocs polices

Jangan khawatir, semuanya dilakukan langsung di Google Documents, tidak perlu mengunduh dan menginstal font baru sendiri. Secara default pada layanan ini, pilihannya agak terbatas untuk masalah kejelasan dan tidak membuat pengguna kehilangan banyak kemungkinan.

Tetapi ketika Anda mengklik font yang Anda gunakan, sebuah menu terbuka dengan opsi Font lain. Klik, dan Anda bisa memilih dari lusinan font. Jangan ragu untuk menggunakan filter untuk memilah-milah font dan memastikan bahwa program ini hanya menawarkan saran yang mungkin menarik bagi Anda.

BAGAIMANA CARA MENCARI DAN MENGGANTI?

Anda telah melakukan kesalahan yang sama beberapa kali (huruf kapital yang hilang pada sebuah kata, nama diri yang salah eja, dll.) dan Anda tidak ingin menelusuri seluruh dokumen untuk mencari semua kesalahan tersebut? Jangan panik, ada alat yang akan menghemat banyak waktu Anda di Google Dokumen.

Buka Edit lalu Cari dan Ganti (atau gunakan Ctrl + H secara langsung). Masukkan kata yang ingin Anda perbaiki di kotak Cari dan kemudian kata baru yang ingin Anda ganti di kotak Ganti. Anda juga dapat memutuskan apakah akan menghormati kasus tersebut atau tidak. Program ini kemudian akan menemukan semua istilah yang Anda inginkan dan Anda dapat mengubah semuanya sekaligus.

BAGAIMANA CARA MENGHAPUS PEMFORMATAN?

Apakah Anda telah menempelkan konten yang disalin dari sumber eksternal dan konten tersebut menyatu dengan dokumen lainnya? Pilih dan buka Format > Hapus Pemformatan. Teks kemudian akan mengadopsi bentuk yang sama dengan bagian dokumen lainnya. Selain itu, saat menempelkan teks, Anda dapat menekan Ctrl + Shift + V, bukan Ctrl + V untuk menempelkan tanpa pemformatan asli.

BAGAIMANA CARA MENERAPKAN TATA LETAK BARU?

Kasus lain dan alat lain yang terkait dengan pemformatan. Klik pada area teks yang Anda sukai dengan cara pemformatannya, lalu klik ikon rol cat pada bilah di bawah menu, di antara pemeriksa ejaan dan zoom. Kemudian klik pada bagian lain dari teks dalam format yang berbeda dan secara otomatis beralih ke pemformatan area pertama.

BAGAIMANA CARA MENGGUNAKAN GOOGLE KEEP?

google docs keep

GDocs juga memiliki fitur integrasi dengan Google Keep, aplikasi pencatatan perusahaan Mountain View. Tanpa meninggalkan dokumen Anda, Anda dapat menulis teks di Google Keep, seperti pengingat, yang mungkin lebih nyaman daripada menggunakan bagian komentar, menulisnya langsung di dokumen, di dokumen lain, atau bahkan mengirim email ke diri Anda sendiri. Untuk membuka Keep, klik ikon bola lampu kuning di panel sebelah kanan, tepat di bawah ikon Google Kalender.

CARA MELUNCURKAN PENCARIAN GOOGLE

google docs explorer

Fungsi lain yang didukung oleh Google Docs adalah pencarian web. Tidak perlu membuka tab pada browser Anda, pilih sepotong teks dan masukkan perintah Ctrl + Alt + Shift + I atau klik kanan dan pilih Explorer “X”. Sebuah kolom terbuka di sebelah kanan dengan hasil Pencarian Google dengan kategori Web, Gambar dan Drive. Penghemat waktu daripada menyalin dan menempelkan dokumen ke bilah pencarian di tab lain.

BAGAIMANA CARA MENGATUR FILE ANDA DI GOOGLE DOCS?

Google Drive dengan cepat menjadi tidak jelas ketika Anda mulai membuat banyak file. Terutama karena Anda juga menemukan pada antarmuka yang sama semua dokumen yang akan dibagikan melalui Drive, Documents, atau bahkan Gmail. Singkatnya, ini menjadi serba bisa dan sulit untuk menemukan apa yang Anda butuhkan jika perlu. Untuk mengorganisir, lebih baik menggunakan sistem folder.

Untuk membuatnya, klik tombol Baru di beranda Drive dan pilih Folder. Anda kemudian dapat menamainya dan memindahkan semua file yang terkait dengan topik ini ke dalamnya. Untuk melakukannya, klik kanan pada file dan pilih Pindahkan ke. Ketika dokumen Anda sudah terbuka, cukup klik ikon folder di bagian atas (di sebelah kanan judul dan bintang “Aktifkan pelacakan“) dan pilih folder yang tepat.

BAGAIMANA CARA BERALIH KE MODE OFFLINE?

gdoc hors connexion

Tidak seperti solusi perkantoran lainnya seperti Microsoft Office, Google Docs membutuhkan browser web untuk bekerja. Tetapi tidak harus memiliki koneksi! Ketika Anda berada di dokumen, buka File > Buat tersedia secara offline. Dokumen kemudian dapat dibuka dan diedit tanpa akses ke internet, perubahan akan disimpan di cloud segera setelah koneksi tersedia lagi.

Untuk mengaktifkannya secara default di semua dokumen Anda, buka beranda Google Documents. Klik ikon menu di kiri atas, yang dilambangkan dengan tiga batang horizontal dan buka Pengaturan. Anda kemudian dapat memilih untuk mengaktifkan Offline.

Itulah tips yang perlu Anda ketahui untuk mendapatkan hasil maksimal dari Google Docs. Jika Anda mengetahui tips lainnya, jangan ragu untuk membagikannya di bagian komentar.