Cara Memperbaiki Masalah Pengurasan Baterai Android 13 [2023]

Pembaruan Android 13 dirilis pada tanggal 15 Agustus 2022 untuk pertama kalinya. Jelas, ponsel Google Pixel adalah yang pertama dalam antrean untuk menerima pembaruan terbaru.

Setiap kali versi baru Android hadir, ia dikemas dengan banyak sekali fitur untuk setiap departemen dan setiap stok aplikasi di ponsel. Fungsi-fungsi baru yang tiba-tiba juga menyebabkan pengurasan baterai pada perangkat manusia.

Terutama perangkat-perangkat yang berada di kelas menengah yang memiliki RAM dan Penyimpanan yang lebih sedikit. Selain itu, model yang sudah berumur bertahun-tahun atau dalam mode mendapat dampak besar pada masa pakai baterainya. Tidak semua ponsel tetapi banyak dari mereka!

Flagships terbaru memiliki kompatibilitas yang baik sehingga, mereka dengan mudah menangani dampak pembaruan baru tetapi yang sebelumnya tidak begitu baik di dalamnya.

Saat berinteraksi dengan pengguna Android 13 di komunitas teknologi kami, banyak dari mereka yang telah membahas masalah pengurasan baterai Android 13 dengan kami. Kami juga melihat banyak pengguna di Quora yang mengeluhkan masalah yang sama.

Kami menyelami lebih dalam masalah ini, apa saja faktor di balik Pengurasan Baterai Android 13 dan bagaimana cara memperbaikinya? Karena ini adalah masalah sistem operasi murni, kami menemukan masalah ini dapat diperbaiki dan mengumpulkan beberapa solusi dan saran yang efektif dari para anggota, ini sangat efektif dan kami sangat menyarankan Anda untuk mencobanya.

Sebelum kita membahas lebih jauh tentang solusi, berikut adalah sedikit informasi tentang ponsel mana saja yang akan mendapatkan Pembaruan Android 13.

Daftar Ponsel yang mungkin akan mendapatkan Pembaruan Android 13

Samsung Oppo Xiaomi OnePlus Realme Vivo Google
Galaxy A52
Galaxy A52 5G
Galaxy A52s
Galaxy A72
Galaxy Note 20
Galaxy Note 20 Ultra
Galaxy S20
Galaxy S20+
Galaxy S20 Ultra
Galaxy S20 FE
Galaxy S21
Galaxy S21+
Galaxy S21 Ultra
Galaxy S21 FE
Galaxy S22
Galaxy S22+
Galaxy S22 Ultra
Galaxy Z Flip
Galaxy Z Flip 3
Galaxy Z Fold 2
Galaxy Z Fold 3
Galaxy Xcover 5
Find N
Find X2 Pro
Find X3
Find X3 Lite
Find X3 Neo
Find X3 Pro
Find X5
Find X5 Lite
Find X5 Pro
Reno 6
Reno 6 5G
Reno 6 Pro 5G
Reno 6 Pro+ 5G
Reno 6 Z
Reno 7 5G
Reno 7 Pro 5G
Poco M3 Pro 5G
Poco M4 Pro 5G
11 Lite 5G NE
11T
11T Pro
Redmi 10
Redmi 10 (2022)
Redmi Note 11
Redmi Note 11 Pro 5G
Redmi Note 11 Pro+ 5G
Redmi Note 11S
OnePlus 8
OnePlus 8 Pro
OnePlus 8T
OnePlus 9
OnePlus 9 Pro
OnePlus 9R
OnePlus 10 Pro
OnePlus 10T
OnePlus Nord 2
OnePlus Nord CE
OnePlus Nord CE 2
Realme 9i
Realme 9 Pro
Realme 9 Pro+
Realme GT
Realme GT Master
Realme GT Neo
Realme GT Neo Flash
Realme GT Neo 2
Realme GT Neo 2T
Realme GT2
Realme GT2 Pro
iQOO 8
iQOO 8 Pro
iQOO 9
iQOO 9 Pro
Vivo X60 Pro
Vivo X70
Vivo X70 Pro
Vivo X70 Pro+
Vivo X80 Pro
Google Pixel 4
Google Pixel 4 XL
Google Pixel 4a
Google Pixel 4a 5G
Google Pixel 5
Google Pixel 5a
Google Pixel 6
Google Pixel 6 Pro

Cara Memperbaiki Pengurasan Baterai Android 13

Salah satu kelemahan terbesar dari smartphone terbaru adalah “Aplikasi tetap berjalan di latar belakang” Bahkan jika kita berhasil menutupnya, baterai masih tetap terkuras.

Baca Juga :  Cara Mengaktifkan Mode Gelap atau Dark Mode di Google Chrome

Jadi, satu hal yang dapat kita lakukan untuk menghentikan fungsi yang berjalan di latar belakang pada ponsel Android adalah dengan melakukan boot ulang. Saat Anda memulai ulang ponsel cerdas apa pun, semua fungsi yang sedang berjalan akan dihentikan.

  1. Tekan dan tahan tombol Samping dan tombol Volume Naik atau Turun sampai Anda melihat penggeser daya mati.
  2. Seret penggeser yang bertuliskan “geser untuk mematikan” ke kanan. Ponsel Anda akan dimatikan dalam beberapa saat.
  3. Tekan dan tahan tombol daya sampai Logo Apple Muncul.
  4. Ponsel cerdas Android 13 Anda berhasil di-boot ulang.
  5. Sekarang Anda akan melihat bahwa pengurasan baterai terlalu lambat dibandingkan dengan sebelum reboot.

Menurunkan Kecerahan Smartphone Android 13 Anda

Kecerahan dan tampilan yang selalu menyala adalah sumber konsumsi baterai terbesar di smartphone. Jadi, Menjaga layar perangkat Anda pada kecerahan rendah berkontribusi pada penghematan Smartphone Android 13 dari pengurasan baterai. Berikut adalah cara untuk mengurangi kecerahan Smartphone Android 13 Anda.

  1. Bawa menu pintasan Android dengan menggesekkan ke bawah dari sudut kanan atas pada Smartphone Android 13 Anda.
  2. Seret penggeser Kecerahan ke bagian bawah. Atau Anda juga dapat mengaktifkan kecerahan otomatis pada Smartphone Android 13 terbaru Anda.

Menutup Tab terbaru

Ini seperti menjalankan semua aplikasi pada satu waktu. Kapan pun Anda beralih ke aplikasi lain, aplikasi terakhir akan tetap berjalan karena tab tersebut tidak ditutup.

Jadi, jika Anda tidak perlu menggunakan lebih dari 2 aplikasi dalam satu waktu, lebih baik tutup tab terbaru. Geser ke atas bilah beranda di Smartphone Android 13 Anda dan hapus semua aplikasi terbaru dengan menggesernya ke atas.

Ini akan menutup tab terbaru dan baterai hanya akan dikonsumsi oleh aplikasi saat ini.

Matikan Data Seluler

Lebih baik mematikan data seluler saat Anda tidak menggunakan internet. Data seluler akan mengurangi masa pakai baterai secara keseluruhan.

Geser ke bawah bilah notifikasi dan matikan Data seluler dari menu pintasan. Cobalah untuk menggunakan internet melalui WiFi terutama pada smartphone Android 13 untuk memperbaiki masalah Pengurasan Baterai.

Matikan Layanan Lokasi

Selalu menyalakan layanan lokasi tidak baik untuk kinerja Baterry dan juga privasi. Ketika Anda tidak membutuhkan layanan lokasi untuk mematikannya. Ini akan sangat membantu untuk menghentikan masalah pengurasan baterai Android 13.

Perbaikan Pengurasan Baterai Android 13 – Lebih Banyak Solusi

Meskipun solusi-solusi ini cukup untuk memperbaiki masalah Pengurasan Baterai Android 13. Tetapi kami telah menemukan lebih banyak lagi untuk Anda seperti yang kami janjikan.

Nonaktifkan Pemberitahuan yang Tidak Digunakan:

Karena ada begitu banyak perusahaan di sektor teknologi, aplikasi ini tidak pernah gagal mengirimkan setiap notifikasi penting untuk memastikannya memenangkan pasar.

Masalah baterai Android 13 yang cepat habis dalam semalam disebabkan oleh beberapa notifikasi yang dikirim dari aplikasi tertentu. Inilah mengapa kami menyarankan Anda untuk memblokir pemberitahuan dari aplikasi tersebut.

Nonaktifkan Fitur yang Tidak Digunakan:

Ada banyak fitur yang tidak dapat digunakan setiap saat, seperti Bluetooth dan Wi-Fi.

Fitur-fitur ini menghabiskan lebih banyak baterai, yang pada akhirnya menyebabkan Android 13 Battery Drain.

masalah baterai. Cara terbaik adalah menonaktifkan aplikasi-aplikasi tersebut saat tidak digunakan.

Jaga Kesehatan Baterai Perangkat:

Jika Anda adalah pengguna Samsung lama, maka saya yakin. Mungkin saja Anda pernah mendengar tentang perangkat yang tiba-tiba meledak.

Yang benar adalah mengisi daya perangkat Anda dengan benar dapat memastikan baterai tetap terisi. Ini adalah prioritas pertama kami untuk memastikan perangkat tetap terisi daya.

Untuk mencapai hal ini, kami menyarankan agar perangkat diisi daya hanya sampai daya tahan baterainya mencapai 15%. Setelah itu, perangkat harus dibiarkan tanpa pengawasan setidaknya selama 15 menit sebelum Anda menyentuhnya lagi.

Selalu Perbarui Aplikasi dan Perangkat Lunak:

Verifikasi pembaruan saat ini untuk mengetahui apakah baterai Anda terkuras. Ada kemungkinan perangkat Anda memiliki versi perangkat lunak yang kedaluwarsa.

Perangkat mungkin memiliki perangkat lunak usang yang menyebabkan masalah seperti baterai yang lambat habis, perangkat yang lambat, dan masalah lainnya.

Sebaiknya periksa perangkat lunak. Sebaiknya perbarui perangkat lunak sesegera mungkin jika sudah ketinggalan zaman. Terima kasih atas waktu Anda, dan terus dukungĀ kalikata.id